Budaya Jepang yang Terkenal dan Mengagumkan

Fitri Tamara 0

Siapa yang tidak kenal negeri sakura ini, ya siapa lagi kalau bukan jepang. Mungkin di mata anak-anak jepang adalah negara anime tetapi sudah tau kah kalian budaya Negara anime ini? kalau belum tau ayo simak Budaya Jepang yang terkenal dan mengagumkan ini. Jadi jangan tau animenya saja kalian, mari ketahuilah budaya mereka supaya makin dekat lagi dengan negri sakura.

 

1.Upacara Minum Teh

Yap upacara minum teh, sudah menjadi salah satu budaya Jepang yang terkenal dan sangat unik. Karena keunikan inilah, makanya banyak wisatawan yang ingin mengikuti upacara minum teh. Bisa dibilang, upacara minum teh ini adalah cara untuk menjamu para tamu secara tradisional. Budaya yang unik ini juga menunjukkan kepribadian dari tuan rumah serta bertujuan agar terciptanya ketenangan antara satu sama lain. Apalagi dengan penyajian teh yang hangat dan dengan duduk santai melihat pemandangan indah dari negeri sakura ini.

2.Tako

Selain unik, tako juga termasuk budaya Jepang lho yang mana sangat menarik. Untuk melaksanakan tako biasanya masyarakat Jepang akan berkumpul di lapangan dan kemudian bermain layang-layang. Kerennya lagi, desain layang-layang di Jepang ini berbeda dengan negara lain. Biasanya, tako hanya akan terlihat saat diselenggarakan festival kebudayaan saja.

3. Kimono

Budaya Jepang yang terkenal dan sangat khas adalah kimono. Kimono merupakan pakaian tradisional khas Jepang. Dulunya, kimono ini menjadi pakaian sehari-hari masyarakat tradisional Jepang. Namun di zaman modern sekarang ini, kimono hanya digunakan untuk acara khusus saja. Meskipun demikian, kimono menjadi budaya Jepang yang sangat dijaga sekali kelestariannya dan tidak mau mereka sampai melupakan budaya ini.

4. Rajio Taiso

Setelah Perang Dunia II, memang pemerintahan Jepang melarang radio taiso. Karena terlalu berkesan militer. Namun sekarang sudah boleh dilakukan kembali dengan musiknya yang diperbaharui dan latihannya yang juga dimodernisasi.

Selain itu teknologi televisi yang sedang populer mengalahkan radio sehingga membuat aktivitas Rajio Taiso sekali lagi meledak secara populer melalui siaran televisi. Pada jaman modern saat ini cukup banyak perusahaan dan sekolah di  Jepang menjadikannya bagian dari rutinitas pagi mereka sebelum melakukan aktivitas yang berat.

5.Ehomaki

Tradisi Ehomaki merupakan suatu tradisi untuk memakan sushi dengan kepala yang menghadap ke arah yang bisa memberi keberuntungan. Di awal pelaksanaannya, tradisi Ehomaki hanya berlangsung di Tokyo saja. Namun beberapa tahun terakhir, tradisi unik ini dilakukan di banyak tempat yang bertujuan untuk promosi toko-toko di Jepang. Ya supaya mendapat untung juga nantinya para pengusaha hihi.

6.Meminta Maaf dengan Dogeza atau Membungkuk

Ketika kita melakukan kesalahan di Jepang yang kita perlu lakukan pertama adalah meminta maaf dengan membungkuk atau dogeza. Jika anda memilih untuk membuat alibi atau alasan, maka anda justru semakin disalahkan. Terlihat aneh ya mungkin dimata orang luar, namun budaya ini dapat menjadi contoh bahwa ketika kalian bersalah janganlah membuat banyak alasan lagi, cukup akui saja dan berjanji tidak melakukan lagi.

7.Budaya Antri Bagi Masyarakat Jepang

Jepang juga sangat terkenal dengan budaya disiplin yang luar biasa. Jadi ketika anda berada di negara tersebut, pasti anda akan menemui hampir semua tempat pelayanan umum dan rata-rata semua orang Jepang akan antri dengan sangat tertib. Menurut mereka melanggar antrian merupakan perilaku yang sangat memalukan. Walaupun tanpa garis antrian yang mengaturnya, mereka dapat mengatur sendiri sehingga tetap terlihat tertib dan rapi. Budaya yang bisa kita tiru agar tertib selalu.

 

 

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.