Gejala asam urat dan makanan yang dilarang

Fitri Tamara 0

Gejala asam urat dan makanan yang dilarang

 

Apa Gejala asam urat dan makanan yang dilarang untuk dikonsumsi? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut alangkah baiknya kita dapat mengetahui beberapa mengenai asam urat ini. Penyakit asam urat merupakan suatu penyakit yang menyerang persendian dan akan membuat pasien merasa sangat nyeri. Penyakit ini bisa menyerang kepada siapa saja tidak peduli berapa pun umurnya dan apa pun jenis kelaminnya. Resiko terbesar untuk terserang menyakit asam urat ini akan terjadi pada seseorang yang mengalami obesitas.

Penyebab penyakit asam urat adalah berlebihnya kandungan zat purin yang mengendap pada persendian. Zat purin banyak terdapat pada daging sapi, ikan dan jeroan. Zat purin yang mengendap dalam jumlah yang banyak akan berakibat terjadinya peradangan dan pembengkakan pada persendian. Ada beberapa jenis makanan yang di anjurkan tidak dikonsumsi oleh penderita asam urat. Berikut beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi agar kadar purin tidak menungkat :

  1. Seafood seperti ikan, kepiting, cumi – cumi dan kerang
  2. Minuman beralkohol
  3. Makanan berkemasan kaleng
  4. Jeroan baik jeroan sapi ataupun jeroan kambing
  5. Semua bahan pangan berbahan dasar kacang – kacangan
  6. Ikan tawar, daging baik daging sapi, ayam dan kambing
  7. Sayuran seperti asparagus, bunga kol, bayam, dan jamur
  8. Buah seperti durian dan air kelapa

Untuk gejala pada penyakit asam urat yang sering terjadi adalah pembengkakan pada sendi yang di akibatkan karena terjadinya penumpukan zat purin yang menjadi salah satu penyebab kenapa bisa terkena penyakit asam urat. Gejala yang dialami oleh penderita asam urat selalu sama seperti gejala – gejala pada umumnya seprti merasa nyeri pada sendi, sering merasa linu dan rasa sakit yang kadang hilang tetapi suatu saat rasa sakit itu muncul kembali.

Dengan mengetahui Gejala asam urat dan makanan yang harus dilarang diharapkan kita jadi semakin waspada dengan penyakit ini. Serta selalu melakukan pencegahan terhadap diri sendiri sebelum penyakit asam urat menyerang tubuh kita.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.