Tanaman Porang Viral Memberi Banyak Keuntungan Berupa Uang Miliaran

Romine Sofri 0
Tanaman Porang Viral Memberi Banyak Keuntungan Berupa Uang Miliaran

Tanaman Porang viral tentunya sudah menjadi buah bibir banyak orang. Padahal pada zaman dahulu banyak orang yang nggak tahu mengenai budidaya tanaman ini. Bahkan hanya membiarkan saja sedikitpun tidak meliriknya. Uniknya lagi, beberapa daerah menganggap bahwa Porang adalah makanan untuk ular. Ih serem juga ya ternyata.

Tetapi, ternyata oh ternyata, tanaman jenis umbi-umbian ini merupakan barang incaran untuk pasaran luar negeri. Misalnya adalah Korea dan Jepang. Hasil dari tanaman tersebut berguna untuk bahan kosmetik. Namun di Indonesia khususnya kota Madiun, Porang sudah menjadi tanaman komoditas sejak tahun 1970 an.

Pada zaman penjajahan Jepang banyak pekerja Indonesia yang dipaksa untuk bisa mencari tanaman Porang viral ini, Jika anda melihat secara sekilas mengenai tanaman Porang ini mirip dengan tanaman yang bernama Suweg, Walur, dan Iles-iles.

Tanaman Porang Viral Memberi Banyak Keuntungan Berupa Uang Miliaran
sonora.id

Fakta-fakta Menarik Tentang Tanaman Porang Viral

Namun, setelah booming mengenai hal tersebut, saat ini hampir semua orang dari segala penjuru dunia, menjadi Porang tanaman buraun. Bahkan mereka berlomba-lomba untuk bisa mendapatkannya. Bahkan untuk ukurannya yang kecil harganya sudah ratusan. Langsung saja kita simak, mengenai hal menarik apa yang Porang miliki, kuy.

Mempunyai Nilai Jual yang Tinggi

Fakta menarik tentang tanaman Porang viral adalah harga penjualannya sangatlah tinggi dan tentunya menguntungkan. Bahkan untuk satu kilonya saja, hampir mencapai 50 ribu bahkan lebih. Namun jika sudah mengalami masa pengolahan, Porang mempunyai harga sebanyak 5x lipat.

Apabila anda memiliki luas tanah satu hektar dalam waktu dua tahun anda bisa penen uang sebanyak 800 juta. Sedangkan untuk bentuk keringnya anda bisa mendapatkan sekitar 2, 5 miliar per hektarnya. Bagaimana, apakah anda sudah tertarik?

Kandungan Gizinya Sangat Tinggi

Bukan hanya memiliki nilai jual yang sangat super, melainkan kandungan gizinya juga tak berkualitas. Karena tanaman Porang viral ini termasuk dalam umbi-umbian jadi kandungan gizinya ya ada karbohidrat, protein mineral, lemak, vitamin, alkaloid, kristal kalsium oksalat, juga serat pangan.

Tentunya anda sudah paham betul mengenai pentingnya Karbohidrat. Komponen karbohidrat Porang ini terdiri dari pati, gula reduksi, dan glucomman serat kasar. Kandungan glukomanan ini juga lebih unggul daripada tanaman lain yang sudah anda dapatkan.

Selain itu, tanaman umbi-umbian ini juga mempunyai kandungan kalsium oksalat. Bentuknya hampir menyerupai jarum. Perlu anda ketahui juga, kandungan inilah yang menyebabkan rasa gatal saat mengkonsumsinya.

Ekspor Ke Negeri China, Taiwan dan Jepang

Fakta tentang tanaman Porang viral yang selanjutnya adalah penjualannya bisa menjebol pasar Internasional. Adanya ekspor tersebut, juga menjadi kerja sama yang baik antara negeri-negeri kaya tersebut.

Bahkan sudah terbuka dengan lebar. Tambah lagi keberadaan Porang tersebut masih menjadi rahasia. Meskipun demikian, akan tetapi belum banyak yang sudah membudidayakan tanaman ini.

Termasuk Dalam Tanaman Industri

Faktanya tepung dari tanaman Poral viral sangatlah fungsional bisa anda olah untuk menjadi pakan ternak, pengikat air, penggumpal, juga sebagai pengental. Untuk anda para penggemar mie, maka dalam pembuatan mie tersebut juga menggunakan tepung dari Porang sebanyak 1%.

Hal yang demikian tersebut mempunyai tujuan untuk menambahkan kandungan lemak, protein, serat, dan pati. Tepung dari tanaman jenis umbi-umbian ini juga bisa anda manfaatkan untuk pembuatan es krim. Bagi anda semua yang belum tahu mengenai bagaimana keuntungan dengan membudidayakan Porang.

Tentunya penjelasan tersebut akan membantu anda. Namun pada umumnya tanaman Porang viral ini menjadi olahan chips (paling favorit), tepung Porang, hingga tepung glukomanan.

Tags: