Nobiko, Kucing Yang Populer Dalam Meme Long Cat Meninggal Dunia

Fitri Tamara 0

Dalam pertengahan tahun 2000an sampai beberapa tahun yang lalu, dunia internet diramaikan oleh kucing berwarna putih ini. Pengguna Twitter, Forum diskusi, ataupun media chat dibuat gemas karena harus melakukan scroll berpuluh kali karena satu penyebab – tubuh kucing ini di-edit oleh meme-maker agar menjuntai kebawah menjadi sangat panjang.

Sedikit yang tahu identitas hewan tersebut. Namanya adalah Nobiko dan ia tutup usia di umur yang cukup tua untuk ukuran kucing, yaitu 18 tahun.

Nobiko diadopsi di jalanan pada tahun 2002 oleh orang bernama Miko. Ia disebut “sangat kurus dan berbulu abu-abu muda”. Diketahui belakangan  bahwa Nobiko ternyata kucing yang tuli.

Nama asli yang disematkan oleh pemiliknya adalah Shiroi – merujuk pada warna bulunya yang abu-abu muda / putih. Namun netizen tidak mau tahu dengan memberi julukan Nobiko (Nobi= tumbuh) karena tubuh aslinya memang sangat panjang, sekitar 65cm.

Ia pertama kali viral pada tahun 2005 setelah dibagikan di situs Futaba Chan, situs populer dari Jepang yang umumnya membahas olahraga, junk food, dan otaku

Jika anda akrab dengan forum-forum diskusi pada 2006 sampai sekitar 2013, Longcat alias Shiroi alias Nobiko akan banyak anda temui dalam bentuk Meme. Diedit hingga memiliki tubuh yang sangat panjang, Nobiko menjadi kucing “idola” di masa itu selain Grumpy Cat dan Lil Bub.

Namun usia Nobiko jauh lebih panjang karena Grumpy Cat meninggal di usia 7, sedangkan Lil Bub menghadap penciptanya di usia 8.

Awalnya Nobiko si Longcat ditemukan oleh Miko – pemiliknya, tengah terbaring lemah di sekitar rumahnya. Kucing berwarna putih itu dibawa ke rumah sakit hewan dan didiagnosis mengalami masalah pernapasan. Bahkan dokter tidak berani untuk melakukan X-Ray karena kondisinya terlalu lemah.

Akhirnya Nobiko menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit tersebut.

Banyak netizen mengucapkan duka cita atas kematian Nobiko. Akun twitter Miko telah dibanjiri 6700 likes dan 3300 retweet. Dan sebagian besar dari mereka tetap menyertakan meme bergambar Nobiko yang populer tersebut.

Pada akhirnya kita pun mengucapkan selamat jalan, Nobiko! Mungkin kita baru menyadari keberadaanmu sekarang, tapi kenangan tentangmu selalu ada di hati.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.