Tips dalam Memilih Piano yang Bagus

Fitri Tamara 0
Tips dalam Memilih Piano yang Bagus

Tips dalam Memilih Piano yang Bagus

Di dalam piano sendiri terdapat dua jenis yang perlu diketahui, yaitu piano digital dan piano akustik. Piano akustik merupakan salah satu jenis piano yang memiliki kelebihan serta kekurangan jika dibandingkan dengan jenis piano digital.

Anda tetap dapat memainkan piano akustik sekalipun tidak ada listrik. Selain itu piano akustik juga memiliki ketahanan yang cenderung lebih lama serta nilai investasi yang memang semakin meningkat oleh karena piano jenis ini diapresiasi seperti halnya aset furniture.

Hal tersebut berbeda dengan jenis piano digital yang memang dinilai sebagai salah satu barang elektronik. Seperti halnya barang elektronik lain, maka piano digital pun juga mengalami depresiasi harga.

Hal itu dikarenakan model serta teknologi baru akan menggantikan piano tersebut, serta biaya produksi teknologi yang makin tahun makin menurun. Ketika Anda memutuskan untuk membeli piano akustik, tentunya tidak bisa memilih secara asal – asalan.

Dalam hal ini ada banyak sekali pertimbangan untuk mendapatkan piano yang bagus. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memilih piano yang bagus yang penting untuk Anda ketahui, antara lain :

Tips dalam Memilih Piano yang Bagus
yamaha.com

Apa Saja Tips dalam Memilih Piano yang Bagus ?

 

  1. Build Quality

Kualitas dari suatu piano yang bagus tentu akan sangat dipengaruhi oleh harga, tipe perusahaan pembuat dan juga di negara mana piano tersebut diproduksi. Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan konsistensi dari perusahaan dalam membuat piano tersebut.

  1. Sound

Karakteristik tipe sound dari brand – brand piano acoustic ini berbeda antara satu sama lain. Ada beberapa jenis atau merk piano akustik yang memiliki suara dry. Namun ada pula yang yang memiliki tipe suara wet.

Anda perlu menentukan mana kira – kira tipe suara yang benar-benar Anda inginkan. Karena memang antar tipe suara tersebut tidak bisa ditentukan secara subjektif mana yang lebih baik di antara yang lain. Karena bagaimanapun juga semua tergantung pada selera.

  1. Touch / Feel

Kebiasaan bermain tiap orang tentunya akan berbeda dengan yang lainnya. Maka disini Anda perlu memilih piano yang memang benar – benar nyaman dirasakan oleh Anda agar nantinya dapat menunjang permainan Anda menggunakan piano tersebut.

  1. Nilai Investasi

Seperti yang telah diulas di atas, bahwasannya piano akustik ini memiliki nilai investasi. Harga dari piano akustik memang cenderung lebih mahal dan meningkat dari tahun ke tahun. Hal itu disebabkan oleh karena faktor produksi tersebut yang makin langka, selain itu juga ketahanan dari piano itu sendiri.

  1. Brand History

Tips yang terakhir yang perlu dilakukan yaitu Anda juga perlu memperhatikan history dari piano akustik tersebut. Merek untuk industri piano saat ini memang sebenarnya sudah tidak terlalu lagi relevan untuk dibandingkan dan dinilai secara langsung.

Karena kualitas akan cenderung sama selama disini kategori level pun juga masih sama. Hal yang paling penting adalah, piano tersebut dibuat di mana, serta dengan model yang seperti apa. Oleh karena itulah, brand history di sini cukup penting untuk dipertimbangkan.

Itulah tadi ulasan bagi Anda yang hendak membeli piano akustik. Dalam memilih piano yang bagus tentunya tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Ada banyak sekali pertimbangan yang harus dilakukan. Karena itu agar Anda tidak salah dalam memilih piano, maka ikuti tips-tips yang telah diulas di atas.

 

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com