Pengertian Akad Nikah dalam Ajaran Agama Islam

Fitri Tamara 0

Pengertian Akad Nikah dalam Ajaran Agama Islam

Tahukah Anda apa sih pengertian dari akad nikah dalam ajaran agama Islam itu sendiri? Akad nikah dalam Islam itu artinya sangat sederhana yang bisa dengan mudah dipahami juga menjadi sistem simbolis akan tetapi bernilai sakral. Proses dari akad nikah ini telah mengisyaratkan bahwasannya sudah dipertemukan antara sepasang manusia, laki-laki dan wanita. Pertemuan itulah diikat oleh ketentuan-ketentuan Allah SWT. Bahkan ada standar mekanisme resmi yang memang sudah digariskan oleh Allah SWT. Bila mana menurut undang-undang no. 1 tahun 1974 menyatakan bahwasannya pengertian dari pernikahan itu sendiri adalah sebuah ikatan lahir bati pada seorang laki-laki dengan seorang wanita yang juga sebagai pasangan suami istri, dengan maksud membangun sebuah keluarga berumah tangga yang bahagia dan abadi berdasarkan pada Ketuhanan Yang Maha Esa. Simbolisasi tersebut adalah ijab dan qabul.

Ini pengertian akad nikah dalam ajaran agama Islam

Sudah menjadi sifat alami setiap manusia untuk bisa melampiaskan dorongan biologisnya, akan tetai hal tersebut bukanlah tujuan yang paling utama untuk melangsungkan sebuah pernikahan. Ada beberapa aspek lain yang juga butuh Anda pahami dan gali lagi dibalik prosesi sebuah pernikahan. Bahwasannya disatukannya sepasang kekasih oleh tali Allah SWT, yakni untuk bisa sama-sama terikat dan juga mengikatkan dirinya menuju mahligai kehidupan yang serasi. Kedua pasangan tersebut sama-sama tergatung, menyandar, dan juga beerja bersamaan baik secara batin atau pun lahir. Dengan begitu terbentuklah satu bangunan keluarga yang damai, kokoh, dan juga sakinah hingga akhir hayatnya.

Anak juga menjadi penerus generasi

Di dalam sebuah keluarga, anak akan menjadi dambaan dan juga harapan. Anan nantinya akan menjadi penerus dan juga pelanjut generasi keluarga. Dari keluarga kemudian akan terbentuk masyarakat, bangsa, dan sebuah peradaban umat manusia. Nah, peradapan umat manusia inilah yang akan selalu abadi dan eksistensi manusia dapat terbangun. Manusia sendiri sebenarnya pencipta kemakmuran di muka bumi atau yang juga dimaksud sebagai kholifah fil ardhi. Kualitas generasi yang ditetapkan oleh keluarga, dengan memperhatikan aspek pendidikan moral, kognitif, afektif, dan juga kreatifitas menjadi hal yang paling utama, untuk menciptakan bobot peradaban manusia yang lebih baik. Aspek pergantian generasi inilah sangat ditekankan oleh Allah SWT.

Demikianlah tadi pengertian akad nikah dalam ajaran agama Islam yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya. Semoga saja bermanfaat.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.