MAKANAN YANG BERSAUDARA NAMUN BERBEDA!!

Fitri Tamara 0

Sama-sama dilengkapi bumbu kacang yang nikmat, orang-orang seringkali tertukar dalam memahami ketiga hidangan tradisional khas Indonesia ini: Gado-gado, Ketoprak, dan Karedok. Hayo, apakah kamu sendiri dapat membedakannya?

Walaupun sama-sama cocok dikombinasikan dengan nasi maupun lontong, ternyata ketiga “salad” asli Nusantara ini memiliki campuran isi yang berbeda dan ramuan pembuatan bumbu kacang yang agak berbeda pula lho! Yuk simak apa saja sih perbedaannya.

Gado-gado

Gado-gado berisi sayur-sayuran dan lauk yang setengah matang (hanya disiram air panas), yakni terdiri dari selada, kubis, kol, kacang panjang, tauge, mentimun, kentang rebus, tempe, tahu, jagung pipil, labu siam, dan terkadang dilengkapi telur rebus iris. Bumbunya yang manis gurih terdiri dari kacang tanah yang dihaluskan, sedikit terasi, dan gula jawa. Biasanya, di akhir gado-gado akan ditaburi dengan emping, kerupuk udang, dan bawang goreng.

Ketoprak

 Ketoprak terdiri dari tahu goreng, ketupat atau lontong, timun, bihun, dan tauge. Biasanya ketoprak tidak disajikan dengan emping, melainkan hanya dilengkapi dengan kerupuk udang dan bawang goreng. Ketoprak juga cocok apabila dilengkapi dengan telur dadar. Dibandingkan gado-gado, bumbu ketoprak memiliki bau bawang putih yang kuat dan khas karena penggunaannya yang lebih banyak.

Karedok

Makanan khas Sunda ini menggunakan sayuran mentah seperti mentimun, taoge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sayuran tadi dipotong-potong dan disiram dengan bumbu kacang yang terbuat dari cabai merah, bawang putih, air asam, gula jawa, kencur, kacang tanah, dan terasi. Karedok lebih menjadi makanan pelengkap sehari-hari dibandingkan makanan utama.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.