Macam – Macam Gerakan Yoga Untuk Pemula

Fitri Tamara 0
Padahastasana

Macam – Macam Gerakan Yoga Untuk Pemula

Bagi para pecinta yoga, tentunya sudah tahu bahwa dalam Yoga tersebut terdapat beberapa jenis gerakan. Gerakan – gerakan tersebut cukup bervariasi dan memiliki manfaat masing – masing. Salah satu dari fungsi olahraga yoga yaitu untuk membantu dalam melakukan dan meningkatkan konsentrasi. Sehingga dengan begitu kualitas hidup akan meningkat.

Namun bagi Anda yang maih kurang paham dengan gerakan tersebut, tidak perlu khawatir. Karena pada artikel terbaru ini akan di tentang beberapa contoh gerakan yoga yang perlu untuk Anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut :

Apa Saja Macam – macam Gerakan Yoga yang Perlu Diketahui ?

 

  1. Padahastasana
Padahastasana
drprem.com

Gerakan yang satu ini merupakan gerakan berdiri membungkuk. Padahastasana disebut juga sebagai salah satu gerakan peregangan yang paling kuat. Dengan gerakan tersebut akan mampu membuat sirkulasi darah Anda jadi lebih lancar serta meningkatkan aliran darah segar yang dipenuhi dengan nutrisi dan juga oksigen ke kepala.

Hal tersebut tentu akan menimbulkan efek meremajakan serta rasa segar pada tubuh. Pose ini juga dapat membuat kerja dari ginjal, sistem pencernaan dan hati jadi lebih baik. Anda bisa melakukan pose tersebut dengan rutin supaya peregangan dibagian punggung Anda jadi lebih baik. Bagi Anda yang sering mengalami insomnia ataupun sakit kepala, maka disarankan untuk melakukan jenis gerakan ini.

  1. Tadasana
Tadasana
womanpla.net

Dan untuk gerakan yang selanjutnya yaitu Tadasana. Gerakan yang satu ini memiliki manfaat dalam memperbaiki postur tubuh Anda. Selain itu juga dapat membuat bagian pinggul, kaki serta perut jadi lebih kuat. Anda yang ingin meningkatkan kelincahan serta memperbaiki tulang belakang, maka disarankan menggunakan jenis gerakan yoga yang satu ini.

  1. Adho Mukha Svanasana

Adho Mukha Svanasana juga dikenal dengan sebutan gerakan down dog. Asana ini memang mempunyai beragam manfaat. Manfaat pertama yang bisa Anda peroleh yaitu tulang belakang yang semakin kuat dan tidak kaku.

Manfaat kedua dari gerakan tersebut yaitu akan membuat bagian paha jadi meregang dengan lebih sempurna dan juga membuat kedua kaki Anda makin kuat. Sehingga menghilangkan beban di arah belakang. Dengan begitu nantinya sirkulasi darah serta sistem pencernaan pun akan semakin bekerja lebih baik.

  1. Vrikshasana

Untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan konsentrasi dan juga fokus, maka gerakan yang satu ini bisa Anda coba. Vrikshasana memiliki manfaat dalam memperkuat tulang belakang dan juga kedua kaki Anda.

Selain itu Vrikshasana juga memungkinkan untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam mendengar serta melihat, membantu sistem koordinasi neuromuscular serta memperdalam toraks.

  1. Bhujangasana

Gerakan Bhujangasana sering juga disebut dengan gerakan cobra pose. Karena pose yang satu ini memang seperti ular kobra yang meliukkan kepalanya. Ada banyak sekali ragam manfaat yang bisa didapat dengan melakukan gerakan ini.

Salah satunya yaitu bisa membuat bagian punggung jadi lebih baik, sistem pencernaan, reproduksi dan kemih akan bekerja dengan lebih optimal. Dengan melakukan gerakan ini secara teratur juga bisa membantu mengatur metabolisme di dalam tubuh Anda.

  1. Balasana

Balasana merupakan salah satu jenis gerakan yoga yang menjadi favorit banyak orang. Pose yang satu ini memang terbilang cukup santai. Dengan melakukan pose balasana tersebut Anda akan mampu untuk membuat pikiran jadi lebih tenang serta melemaskan otot punggung. Balasana juga bisa membantu dalam melenturkan organ yang ada di dalam tubuh sehingga bisa bekerja secara lebih maksimal lagi.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com