Macam-macam Gerakan Pilates Untuk Pemula

Fitri Tamara 0
Leg Circle

Macam-macam Gerakan Pilates Untuk Pemula

Mempunyai bentuk tubuh yang indah, perut rata seperti halnya artis di layar kaca merupakan salah satu idaman bagi sebagian besar orang, terutama di sini para wanita. Namun lemak di perut merupakan salah satu penghalang bagi mereka yang ingin mempunyai bentuk tubuh yang diinginkan.

Bagi Anda yang ingin mendapatkannya tanpa harus berolahraga dengan berat, maka bisa mengikuti beberapa contoh gerakan pilates. Berikut ini adalah macam – macam gerakan pilates untuk pemula yang perlu untuk Anda ketahui, antara lain yaitu :

Apa Saja Macam – macam Gerakan Pilates ?

 

  1. Leg Circle
Leg Circle
smarthealthywoman.com

Untuk gerakan yang satu ini Anda harus sudah berada dalam posisi terlentang dengan kaki yang diluruskan pada lantai. Naikkan kaki kiri Anda ke langit – langit dengan jari kaki yang lurus serta kedua tangan berada di sisi tubuh dan juga telapak tangan ke arah bawah.

Perlahan selama kurang lebih dari 10 hingga 60 detik. Jika posisi tersebut membuat Anda merasa kurang nyaman, maka Anda bisa melakukan dengan kaki kanan serta tempatkan telapak kaki mendatar ke lantai.

Selanjutnya Anda buat lingkaran kecil di udara menggunakan jari kaki kiri Anda, putarlah kaki. Ketika Anda telah mulai membentuk lingkaran menggunakan kaki, maka tariklah nafas serta keluarkan nafas saat sudah selesai. Tahan dan kemudian tegangkan perut Anda. Buat lingkaran kemudian bentuk lingkaran ke arah berlawanan. Ulangi dengan menggunakan kaki yang satunya.

  1. Toe Dip

Dann untuk melakukan gerakan yang satu ini, maka Anda perlu meletakkan badan serta mengangkat kedua kaki ke atas. Selanjutnya Anda bisa membengkokkan hingga terbentuk sudut 90 derajat dan juga betis Anda sejajar dengan lantai. Letakkan 2 tangan di samping tubuh, serta telapak yang menghadap ke lantai.

Langkah kedua Anda menarik nafas serta turunkan kaki kiri secara perlahan dengan cara menggerakkan dari pinggul. Turunkan saat hitungan kedua, namun jangan Anda menyentuh lantai. Naikkan kaki kembali pada posisi semula di hitungan kedua dan juga awali dengan menarik nafas dan kemudian Anda bisa mengeluarkan nafas untuk mengakhirinya. Lakukan gerakan tersebut sebanyak 11 hingga 12 kali.

  1. Roll Up

Anda perlu berbaring di lantai, kemudian luruskan kedua kaki Anda. Dan pastikan Anda dapat meluruskan juga kedua tangan di depan dada. Angkat tubuh Anda secara perlahan di bagian atas. Tegakkan tulang punggung hingga nantinya Anda bisa duduk dengan mantap. Kembali berbaring serta ulangi gerakan tersebut secara pelan – pelan untuk beberapa kali.

  1. Teaser

Selanjutnya yaitu Teaser, yang mana gerakan ini dilakukan dengan langkah kedua kaki Anda membentuk sudut 45 derajat. Sementara untuk bagian dada perut dan juga kepala berada di posisi sejajar ataupun lurus condong ke belakang dengan posisi yang membentuk sudut 4 derajat.

Angkatlah tangan Anda ke arah atas. Ketika tubuh Anda telah membentuk huruf V nantinya Anda akan merasakan otot yang mulai meregang. Fokuskan gerakan tersebut di area perut.

  1. Criss Cross

Berbaring dan tempelkan punggung Anda di atas matras. Selanjutnya kepala Anda angkat dan lutut kemudian ditarik mendekati dada, sedangkan kedua tangan Anda letakkan di bagian kepala belakang. Tarik nafas serta tubuh diputar perlahan – lahan ke arah kiri serta siku kanan menempel di lutut kiri. Posisikan kaki kanan Anda agar lurus. Tahan hingga di hitungan kelima sambil perlahan – lahan Anda membuang nafas.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com