Keunggulan SSD vs HDD, dari Multi Tasking sampai Hemat Listrik

Fitri Tamara 0

Keunggulan SSD vs HDD. Hardisk atau yang biasa disebut dengan penyimpanan internal computer memiliki dua jenis yang berbeda, yakni HDD dan SSD. Keduanya memiliki fungsi dan keunggulannya masing-masing. Penyimpanan SSD ini diklaim memiliki penyimpanan dengan teknologi yang dijamin lebih cepat jika dibandingkan dengan HDD.

Bahkan, penggunaan baterainya juga jauh lebih hemat. Sementara pada kali ini akan dijelaskan mengenai keunggulan yang dimiliki oleh SSD dan HDD. Bagi anda yang penasaran dengan keunggulan tersebut, maka anda dapat menyimak ulasan di bawah ini !

Apa Saja Keunggulan SSD Vs HDD ?

 

Keunggulan SSD

1. Komputer dapat Hidup Lebih Cepat
Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh hardisk jenis SSD ini adalah computer atau laptop Anda dapat hidup lebih cepat. Jika computer dapat hidup lebih cepat, maka hal tersebut akan dapat menghemat daya baterai supaya tidak cepat habis. Semakin lama proses penggunaannya, maka akan semakin banyak juga daya baterai yang akan dihabiskan.

2. Hemat Listrik
Jenis computer atau laptop yang menggunakan penyimpanan SSD telah diklaim mampu hemat listrik lebih. Bahkan penggunaan listrik untuk computer dengan jenis penyimpanan ini adalah hanya 10 persen saja dari HDD.
Tentu hal tersebut dapat dikatakan sangat hemat dan tidak akan membuat Anda terlalu boros dalam hal penggunaan listrik. Dengan begitu, penggunaan daya listrik untuk computer akan jauh lebih ramah dan tidak membutuhkan banyak daya listrik juga.

3. Tidak Lambat ketika Multitasking dengan Memori SSD
Saat Anda menggunakan penyimpanan atau hardisk jenis HDD yang satu ini, maka keunggulan lain yang bisa didapatkan adalah kerja dari perangkat tidak akan lambat lagi. Hal tersebut terjadi karena mesin pembaca SSD lebih cepat jika dibandingkan dengan memori lain seperti HDD.

Maka dari itu, tidak heran jika cara kerjanya tidak akan mengalami perubahan menjadi lambat. Meskipun dipakai untuk multitasking dengan jenis memori lain sekalipun.

4. Beratnya Jauh Lebih Ringan Dibandingkan dengan Hardisk HDD
Bobot atau berat dari hardisk SSD ini telah diklaim jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan hardisk jenis HDD. Dengan begitu, Anda tidak perlu kesusahan lagi ketika akan membawa jenis penyimpanan yang satu ini. Karena dalam hal ini Anda bisa membawanya kemana saja dan kapan saja tanpa harus kesusahan lagi.

Keunggulan HDD

1. Harganya yang Lebih Murah
Salah satu keunggulan yang perlu anda ketahui dari produk penyimpanan atau hardisk dari HDD adalah harganya yang jauh lebih murah. Bahkan meski dibandingkan dengan jenis produk penyimpanan SSD sekalipun.
Hal tersebut tidak akan dapat mempengaruhinya. Itu semua tentu akan sangat menguntungkan Anda sebagai pemilik dari penyimpanan bagus dan berkualitas satu ini.

2. Memiliki Kapasitas yang Lebih Besar Dibandingkan dengan SSD
Keunggulan berikutnya yang dimiliki oleh penyimpanan jenis HDD adalah memiliki kapasitas yang jauh lebih besar. Hal tersebut tentu sangat menguntungkan karena dapat digunakan untuk bisa menyimpan berbagai macam file dan juga dokumen-dokumen penting milik Anda.

Bahkan, meskipun jumlah penyimpanan yang dibutuhkan harus cukup besar. Itu semua tidak akan mempengaruhinya dan penyimpanan seperti ini akan sangat berfungsi dan berguna untuk Anda, terutama bagi anda para pekerja yang membutuhkan memori untuk menyimpan file-file penting.

Demikian sedikit penjelasan yang dapat kami uraikan mengenai keunggulan SSD vs HDD. Semua hal tersebut akan sangat berguna untuk Anda dalam menyimpan berbagai macam file dan dokumen-dokumen penting.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com