Keunggulan Mobil Manual vs Matic, Mudah Perawatannya dan Irit

Fitri Tamara 0

Keunggulan Mobil Manual vs Matic. Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang diminati oleh banyak orang. Mengapa demikian? Karena transportasi mobil ini lebih terjamin keamanan dan kenyamananya dibandingkan motor.

Apalagi ketika cuaca sedang panas atau pun hujan, mobil ini bisa melindungi anda dari hal tersebut. Namun perlu diketahui bahwa ada dua jenis mobil yang bisa anda pilih yakni mobil manual vs matic.
Yang mana, dari kedua jenis mobil tersebut hadir dengan keunggulannya masing – masing. Maka dari itu, pada kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa beberapa keunggulan mobil manual vs matic. Bagi anda yang penasaran, maka anda dapat menyimak ulasan di bawah ini !

Apa Saja Keunggulan Mobil Manual Vs Matic ?

 

Keunggulan Mobil Manual

1. Penggunaan Bahan Bakar Lebih Hemat
Keunggulan pertama yang dimiliki oleh mobil manual yaitu hemat dalam penggunana bahan bakar. Hal ini disebabkan oleh karena putaran mesin dan teknik berkendara, yang mana hal tersebur mampu membuat mobil tersebut irit dalam penggunaan bahan bakar.

2. Lebih Mudah dalam Perawatannya
Selain irit dalam penggunaan bahan bakar, mobil manual juga dikenal sebagai alat transportasi yang mudah untuk dirawat. Pada umumnya mobil harus dirawat dengan cara yang tepat, dimana perawatan pada mobil harus dilakukan secara rutin.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar mobil bisa lebih awet, tahan lama dan tidak mudah rusak. Oleh sebab itu, mobil manual dapat anda pertimbangkan jika ingin memiliki mobil yang mudah dalam perawatannya.

3. Sistem Engine Brake
Perlu diketahui bahwa Engine brake ini merupakan sebuah hal yang berfungsi untuk menahan laju kendaraan dari putaran mesin dengan tujuan agar rem tidak memiliki beban berat. Sementara Engine braking ini cukup efektif digunakan saat kondisi jalan menurun.
Maka dari itu, dengan menggunakan mobil manual anda hanya perlu menurunkan posisi gigi 1 ke bawah untuk memberikan efek engine brake. Ini merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki oleh mobil manual.

Setelah anda mengetahui tentang keunggulan yang terdapat pada mobil manual. Penting juga bagi anda untuk mengetahui apa saja keunggulan yang dimiliki oleh mobil matic, diantaranya adalah sebagai berikut :

Keunggulan Mobil Matic

1. Lebih Mudah Digunakan
Kemudahan dalam penggunaan alat transportasi adalah hal yang di impikan oleh setiap orang, terutama bagi wanita. Dalam hal ini kami sarankan bagi anda yang ingin menggunakan mobil yang mudah digunakan, sebaiknya pilihlah mobil matic.

Dengan memilih mobil matic, tentu anda akan memperoleh manfaat, dimana mobil jenis ini didukung oleh komponen transmisi otomatis yang mampu memudahkan pengemudi dalam mengendarainya.

2. Keamanan Lebih Terjamin
Keunggulan selanjutnya yang perlu anda ketahui yaitu keamanan lebih terjamin. Hal ini disebabkan karena mobil matic tidak mudah mundur seperti mobil manual yang pada umumnya.

Terutama ketika anda menghadapi jalan yang menanjak, maka keamanan ini akan anda rasakan. Tidak hanya itu, yang mana ketika jalan terjadi kemacetan sekalipun. Anda tetap merasakan kenyamanan dan merasa aman saat mengendarainya.

3. Kaki Tidak Pegal
Selain beberapa keunggulan yang telah dijelaskan di atas, keunggulan lainnya yaitu mobil matic tidak membuat kaki pegal.

Hal ini merupakan sebuah alasan yang membuat banyak orang menyukai dan menggemari mobil jenis matic. Karena dengan mengendarai mobil matic, anda tidak perly melakukan perpindahan gigi. Akan tetapi, anda hanya perlu menggunakan satu kaki untuk gas dan rem.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com