Kenali Tiga Jenis Gitar Berikut Ini

Fitri Tamara 0
Kenali Tiga Jenis Gitar Berikut Ini

Kenali Tiga Jenis Gitar Berikut Ini

Hal pertama yang perlu diketahui bagi Anda yang saat ini hendak belajar gitar yaitu mengetahui jenis gitar. Jenis gitar sendiri ada tiga macam antara lain yaitu gitar klasik, gitar akustik dan gitar listrik. Dengan mengetahui ketiga jenis gitar tersebut, maka nantinya Anda akan lebih mudah untuk belajar gitar yang tepat.

Sementara pada artikel ini akan kami jelaskan mengenai tiga jenis gitar yang dapat Anda pilih. Jika penasaran dengan beberapa jenis gitar tersebut, simak penjelasan di bawah ini !

Kenali Tiga Jenis Gitar Berikut Ini
acousticguitar.com

Apa Saja Jenis – jenis Gitar ?

 

  1. Gitar Klasik

Gitar klasik merupakan jenis gitar yang bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang merupakan pemula. Jenis gitar yang satu ini memang dikembangkan dengan menggunakan senar nilon. Bentuk serta ukuran dari fingerboard dan juga tubuh berongga semuanya dirancang khusus dalam keperluan yang pas bagi para orang tua.

Gitar klasik mempunyai bagian leher yang memang lebih lebar dari jenis gitar lainnya dan juga senar yang digunakan merupakan senar nylon. Tentu saja disini senar nilon jauh lebih lembut jika dibandingkan dengan senar baja yang bisa ditemukan pada gitar akustik. Namun meski begitu, hal tersebut tidak membuatnya jadi lebih mudah untuk dapat dimainkan.

Secara umum disini orang tua ataupun pemula memang cenderung membeli jenis gitar tersebut karena mempunyai harga yang cukup terjangkau. Namun meski begitu, lebar leher dan jarak antar senar dari jenis gitar ini memang cepat sekali membuat jari dari para pemain terluka.

  1. Gitar Akustik

Untuk jenis gitar yang berikutnya yaitu gitar akustik. Gitar akustik ini memang berbeda jika dibandingkan dengan gitar klasik. Leher yang dimiliki oleh gitar akustik cenderung lebih tipis, serta senar yang digunakan merupakan senar jenis baja.

Dengan adanya bentuk serta fitur tersebut, menjadikan gitar akustik cukup serbaguna dan dapat diandalkan untuk memainkan berbagai macam gaya musik. Anda bisa menggunakan gitar ini untuk bermain rock, pop, jazz, blues dan gaya-gaya lain.

Jika Anda berniat untuk memainkan lagu-lagu populer yang mungkin seringkali Anda dengar, maka Anda bisa mengandalkan gitar akustik tersebut. Sekalipun gitar jenis ini mempunyai harga yang sedikit lebih mahal dibanding gitar klasik, namun gitar akustik adalah instrumen yang sangatlah serbaguna.

Hal itu tidak lepas dari jangkauan musiknya yang jauh lebih luas jika dibandingkan dengan gitar klasik. Dan tidak hanya itu saja, tapi cara memainkannya pun juga cenderung lebih mudah oleh karena bentuk leher yang cenderung lebih tipis. Gitar tersebut memang lebih cocok dan lebih nyaman dimainkan untuk musik yang tengah populer saat ini.

  1. Gitar Listrik

Jenis gitar yang terakhir yaitu gitar listrik. Gitar yang satu ini memang cenderung lebih mahal jika dibanding dengan gitar jenis lainnya. Bagi Anda yang masih pemula, maka gitar tersebut kurang cocok untuk digunakan.

Gitar yang satu ini memang tidak memiliki kotak suara. Hal tersebutlah yang merupakan perbedaan utama yang membedakannya dengan gitar lain. Untuk bagian senarnya sendiri gitar listrik menggunakan bahan senar yang mirip seperti gitar akustik.

Namun untuk senar dari gitar listrik lebih lembut. Ukuran leher yang dimiliki oleh gitar ini memang sangatlah tipis selain itu juga tegangan senar cukup rendah. Sehingga menjadikan gitar tersebut mudah untuk dimainkan. Hanya saja untuk bisa menggunakannya Anda perlu menghubungkan ke amp.

 

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com