Jenis Bonsai Untuk Pemula yang Mudah Perawatannya

Fitri Tamara 0

Jenis Bonsai Untuk Pemula yang Mudah Perawatannya

Ada banyak jenis tanaman yang dapat anda pilih untuk di tanam di rumah. Tujuannya yaitu agar rumah anda tampak lebih indah dan menarik. Setiap tanaman memiliki bentuk yang beda – beda. Dan anda dapat menyesuaikan tanaman yang ingin anda tanam dirumah.

Apabila rumah anda tidak terlalu luas, maka kami rekomendasikan untuk anda menanam tanaman bonsai. Tanaman bonsai itu sendiri merupakan salah satu jenis tanaman hias yang asalnya dari negara jepang yang saat ini telah melalui proses kultivasi yang cukup rumit supaya bisa tumbuh dalam tempat yang berukurun kecil serta mempunyai tinggi yang kecil pula.

Tanaman ini sengaja dibuat dengan tujuan agar apat memberikan kesan yang cukup menarik saat orang – orang memandangnya. Selain itu, bagi yang menanamnya juga agar mendapatkan kepuasan saat merawat tanaman bonsai yang satu ini. Berikut adalah beberapa jenis tanaman bonsai yang dapat Anda pilih, antara lain yaitu :

Apa Saja Jenis Bonsai yang Bisa Dijadikan Pilihan ?

 

  1. Bonsai Kelapa
pikiran-rakyat.com

Mungkin banyak orang yang mengira bahwasanya tanaman kelapa yang mempunyai ukuran besar tak mungkin untuk dikecilkan. Tapi ternyata banyak orang yang menjadikan kelapa ini sebagai tanaman bonsai dengan ukuran kecil.

Dalam merawat tanaman bonsai dari kelapa butuh ketelitian tinggi. Karena apabila kurang teliti maka tanaman tersebut bisa kekurangan gizi serta tidak dapat tumbuh dengan baik.  Tanaman bonsai memerlukan penyiraman sesering mungkin supaya tanaman tidak kering.

  1. Bonsai Serut

Apabila anda suka memiliki tanaman yang berukuran kecil serta yang lengkap dengan daunnya yang berukuran kecil pula. Maka anda dapat mencoba menanam tanaman bonsai jenis serut ini.

Ketika menanam bonsai serut, maka anda sebaiknya mencari bonggol bonsai serut yang memiliki batang yang sangat kuat. Tanam bonsai serut  di media tanam serta pot yang memiliki ukuran kecil. Potong pohon serut tersebut dengan rutin supaya pertumbuhannya dapat dibatasi.

  1. Bonsai Kemuning

Jika anda tertarik mencari jenis tanaman bonsai yang beda dengan jenis yang lainnya, dan yang tidak biasa. Maka anda dapat menanam tanaman kemuning dengan tujuan agar dijadikan bonsai.

Tanaman bonsai kemuning jenis ini memiliki batang dan permukaan kulit yang berkarakter dan berkerak. Bukan hanya itu saja, batang yang ada di tanaman kemuning juga tampak unik serta membuatnya terlihat lucu ketika dijadikan bonsai.

  1. Bonsai Asem
jejakpiknik.com

Pohon asam yang dalam bahasa latinnya yaitu Tamarindus Indica L merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki buah dan terdapat banyak manfaat didalamnya. Pohon asam ini kemudian dibudidayakan dengan dijadikan bonsai supaya dapat mempunyai ukuran yang kecil serta dapat ditanam secara mudah di tempat mana saja.

  1. Bonsai Beringin

Jenis bonsai yang terakhir yaitu bonsai beringin. Jika tanpa jenis bonsai yang satu ini, maka akan kurang lengkap rasanya. Bonsai beringin merupakan jenis bonsai yang mempunyai popularitas yang sangat tinggi serta menjadi favorit bagi para pecinta tanaman.

Bentuk batangnya yang agak besar serta akar gantung yang tampak terlihat begitu indah menjadi daya tarik tersendiri dari jenis tanaman bonsai beringin ini.

Itulah yang dapat kami jelaskan mengenai beberapa jenis bonsai yang bisa anda jadikan pilihan ketika ingin menanam sebuah bonsai. Dalam membuat tanaman bonsai tak dapat dilakukan dengan sembarangan. Karena memerlukan proses yang cukup panjang dan juga kesabaran, supaya tumbuh dengan baik.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com