INILAH PERBEDAAN ES KRIM ,GELATO ,DAN SORBET!!

Fitri Tamara 0

Sama-sama dessert yang berasal dari Italia, yang memberikansensasi dingin dan memanjakan lidah karena rasanya yang manis, tapi tahukah kamu bahwa es krim, gelato, dan sorbet berbeda? Mulai dari bahan dan cara pembuatannya, hinggakandungan udara yang terkandung di dalamnya. Penasaran?Berikut ini merupakan perbedaan ketiganya.

Es krim

Es krim terbuat dari krim atau kepala susu, yang merupakan rum atau lemak kental yang berada pada permukaan susu, dan bukansusu murni, bukan susu bubuk, bukan pula susu kondensasi. Selain krim tadi, bahan utama lainnya yaitu telur dan buah-buahan atau cita rasa lain. Kesemua bahan-bahan tersebutdikocok sampai mengembang, dimana pada proses ini bertujuanuntuk memasukkan udara ke dalamnya, sehingga tekstur es krimdapat terbentuk. Jadi, setiap liter bahan es krim yang siapdibekukan itu setengahnya merupakan gelembung udara.

Namun, es krim dengan kualitas premium pada umumnya akanmengandung lebih sedikit gelembung udara. Inilah yang membedakan es krim dan gelato, karena di dalam gelato gelembung udara yang terkandung di dalamnya lebih sedikit.

Pada umumnya es krim akan terasa lebih menusuk di lidah, dikarenakan proses pendinginan yang jauh lebih rendah jikadibandingkan dengan gelato, yaitu dikisaran 18-20 derajatcelcius.

Gelato

Gelato berasal dari bahasa Italia, congelati, yang berarti beku.Tetapi ada pula yang beranggapan bahwa gelato berasal darikata gelatin (lemak).

Gelato terbuat dari susu dan bukan krim, lalu air, gula, danbuah-buahan segar. Tidak seperti proses pembuatan es krimyang bahan-bahannya dikocok hingga mengembang, proses pembuatan gelato yang menggunakan alat penggocok denganpemutar yang bergerak secara lambat, maka udara yang terbentuk di dalamnya pun sedikit. Selain itu dengan bahandasar dari susu, ketika dikocok tidak menimbulkan adonan yang mengembang layaknya krim dengan proses yang sama. Inilahyang membedakan tektur akhir dari es krim dan gelato. Dimanagelato lebih bertekstur padat dan mulus dibandingkan dengan eskrim biasa, sehingga wajar saja apabila mengkonsumsi gelato kamu akan merasa lebih kenyang. Selain itu kadar lemak yang terkandung di dalamnya juga cenderung lebih sedikit, yaitusekitar 7-8 persen, dan untuk gelato dengan kualitas tinggi dapatberkisar 1-3 persen saja.

Gelato merupakan es krim buatan rumahan khas dari Italia. Dan karena sifatnya yang tidak tahan lama, dapat dibilang hanyadapat bertahan dalam kisaran hari, tidak seperti es krim yang bisa tahan hingga berbulan-bulan. Maka pada umumnya gelato disajikan secara segar, yang tidak dapat kamu temukan ketikasinggah di tempat perbelanjaan, layaknya kamu dapat denganmudah menemukan beragam pilihan es krim.

Sorbet

Nah untuk pilihan dessert yang satu ini, jika dibandingkandengan dua lainnya dapat dikatakan paling aman dikonsumsiuntuk kamu-kamu yang concern dengan kandungan kalori padaapapun yang kalian konsumsi, karena bahan dasar pembuatansorbet tidak menggunakan susu ataupun krim, melainkan hanyaada kandungan buah segar dan es/air atau mungkin madu yang secara optional dapat ditambahkan sebagai penambah rasa manis.

Sorbet terkenal karena rasa buah yang dihasilkan dan lebihterasa di lidah, daripada gelato dan es krim, dan carapembuatannya lebih mudah.

Sejenis dengan sorbet, ada pula sorbetto Italia, dimana sorbettoItalia memiliki kandungan buah yang lebih banyakdibandingkan dengan air/es di dalamnya, sehingga Kristal air yang beku tidak terasa tajam di lidah.​

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.