Ini Alasan Kenapa Bahan Rokok Elektrik Membahayakan

Ini Alasan Kenapa Bahan Rokok Elektrik Membahayakan

Tahukan Anda apa sih alasannnya kenapa rokok elektrik ini bisa membahayakan tubuh Anda? Memang tidak bisa dipungkiri lagi jika hingga kini telah terjadi pro dan kontra terhadap manfaat dari penggunaannya rokok elektronik atau pun rokok elektrik yang satu ini. Yang mana menurut kepala Badan Litbang Kesehatan Kemenkes RI, yakni Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama, tengah menyebutkan bahwasannya dibutuhkan riset jangka panjang dan juga valid untuk dapat mengetahui apakah rokok elektrik tersebut aman atau pun tidak.

Dan sampai saat ini juga masih belum ada sebuah penelitian terbaru yang menyatakan bahwasannya rokok elektrik tersebut dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk bisa berhentik merokok, itulah yang telah dituturkan oleh seorang pria yang juga dokter spesialis paru-paru ini.

Selain hal tersebut harus tahu juga bahwasannya beberapa penelitian yang sudah ada pun juga telah mengemukakan bahwasannya rokok elektrik ini sangat berpotensi membahayakan bagi kesehatan pemakainya, atau bahkan seseorang yang menghisap asap dari rokok elektrik tersebut. Prof Tjandra juga menyatakan bahwasannya dampak dari mengkonsumsi rokok elektrik tersebut bagi kesehatan masyarakat. Bahkan ia pun juga memaparkan ada beberapa hal yang dapat memungkinkan rokok elektrik ini membahayakan untuk digunakan. Berikut ini adalah informasi selengkapnya untuk Anda.

Alasan kenapa rokok elektrik membahayakan

Cairan flavor (aerosol) atau pun cairan perasa

Kira-kira sekarang ini setidanya sudah ada lebih dari 8.000 jenis rasa untuk jenis rokok elektrik, mulai dari rasa rokok yang konvensional hingga dengan yang buah-buahan. Yang mana menurut Prof Tjandra tersebut menyatakan bahwa cairan perasa pada rokok elektrik ini belum pasti aman bagi kesehatan pada saat berubah jadi uap. Ia juga mengatakan pasti sangat berbahaya, akan tetapi masih belum pasti aman bagi kesehatan, ujar Prof Tjandra.

Selain hal itu, organisasi kesehatan dunia atau yang lebih dikenal dengan WHO ini juga memberi peringatan bahwasanya areosol yang ada di dalam rokok elektrik tersebut umumnya mengandung beberapa komponen karsinogenik atau penyebab utama penyakit kanker dan juga zat racun yang pastinya akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Bahkan beberapa merek juga mempunyai tingkat zat racun yang sama tingginya dengan rokok konvensional.

Adanya kandungan nikotin

Cairan rokok elektrik ini terbagi jadi dua jenis, yakni dengan nikotin atau pun tidak. Cairan yang terdapat kandungan nikotin tersebut mempunyai dampak yang sama dengan jenis rokok konvensional.

Yang mana nikotin ini sendiri bisa mengakibatkan efek terburuk bagi tubuh, yakni adrenalin, tekanan darah yang meningkat, dan juga bisa mengakibatkan ketagihan.

Alat

Selain kedua hal tersebut yang jadi salah satu alasan kenapa rokok elektrik membahayakan adalah alatnya.

Yang mana menurut Prof Tjandra menyatakan bahwasannya alat untuk rokok elektrik yang menggunakan daya baterai tersebut bisa saja pada saat digunakan meledak atau pun terbakar.

Ditambahkan lagi dari situs Daily Mail menyatakan bahwasannya di tahun 2014 yang lalu ada seorang pria yang bernamakan Dave Aspinal usia 48 tahun ini mendapati rokok elektriknya meledak sampai kakinya terluka cukup parah.

Bahkan tak hanya itu saja, dikabarkan juga, rokok elektrik yang telah ia gunakan terllau panas, sehingga bisa meledak dan juga mengeluarkan api.

Demikianlah beberapa alasan kenapa rokok elektrik membahayakan yang bisa kami informasikan. Semoga saja bisa bermanfaat.

 

You May Also Like

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *