FAKTA FAKTA BURUNG HANTU YANG MENARIK!!

Fitri Tamara 0

​​Burung hantu memiliki mata besar dan leher yang pendek.Burung hantu sering muncul di film-film horor atau penyihir.Ternyata burung yang memiliki bulu tebal dan halus ini takhanya beraktivitas di malam hari. Banyak sekali keunikannya, salah satunya bisa berenang. Berikut fakta unik burung hantu:

 Bisa berenang 

Jenis burung hantu bertanduk mampu berenang menggunakansayapnya. Burung hantu bertanduk ternyata memiliki sayap yang sangat kuat. Ketika mereka mengincar sesuatu di dalam laut, akan lebih mudah bagi mereka untuk berenang dibandingkanterbang dan kemudian basah pada sayapnya. Setelah sampai di pantai, burung hantu bertanduk akan mengeringkan bulu terlebihdahulu sebelum terbang.

 Hidup di siang hari

Burung hantu terkenal aktif di malam hari, karena seluruhtubuhnya cocok untuk kehidupan malam. Burung hantu jugamemiliki cukup cahaya pada matanya, meski sudah malammereka bisa melihat target sasaran mangsanya. Namun ternyata, beberapa jenis burung hantu juga bisa aktif pada siang hari.Contohnya, Great Gray Owl, Northern Hawk Owl, dan Northern Pygmy Owl. Mereka memburu mangsa yang muncul pada sianghari, seperti burung pada umumnya. Ternyata burung hantumasih satu kerabat dengan burung elang.

 Mata palsu

Northern Pygym Owl memiliki mata besar berwarna kuning, juga bulu hitam di belakang kepalanya. Sehingga terlihat sepertimata. Mata palsu ini berfungsi untuk mengelabuhi predator yang akan memangsanya. Predator akan merasa burung hantu tersebutsedang melihatnya.

Telinga asimetris

Bentuk telinga dari burung hantu tidak sama dan masing-masingtelinga mampu mendeteksi frekuensi bunyi yang berbeda. Mereka menggunakan perbedaan waktu dan nada suara untukmemastikan mangsanya.

 Betina memiliki tubuh lebih besar

Burung hantu betina memiliki tubuh lebih besar dibandingkanjantan. Namun, bentuk tubuh burung hantu jantan yang lebihkecil membantunya terbang lebih cepat dan cekatan saatberburu.

 Jari yang berlawanan

Burung hantu memiliki empat jari dengan letak yang berlawanan. Dua di depan dan dua di belakang. Hal inimempermudah burung hantu dalam menangkap mangsa dengankuat.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.