Cara Memelihara Ikan Cupang Untuk Pemula Supaya Sehat

Fitri Tamara 0

Cara Memelihara Ikan Cupang Untuk Pemula Supaya Sehat

Saat ini banyak orang yang suka memelihara ikan cupang, baik untuk dibudidayakan atau sekedar untuk dijadikan hobi saja. Dari banyaknya jenis ikan hias yang ada saat ini, ikan cupang menjadi salah satu ikan hias yang sangat mudah untuk dipelihara.

Sama halnya dengan jenis ikan lainnya, yang mana ikan cupang juga perlu dilakukan perawatan dengan baik dan benar, tujuannya yaitu agar ikan tersebut bisa tumbuh dengan sehat.

Sementara bagi Anda yang kurang paham untuk merawat ikan tersebut, Anda bisa menyimak pembahasan yang akan dijelaskan di bawah ini tentang cara memelihara ikan cupang yang baik dan benar, antara lain yaitu :

kompas.com

Bagaimana Cara untuk Memelihara Ikan Cupang Supaya Sehat ?

 

  1. Pilih Rumah untuk Ikan Cupang

Dengan memilih rumah yang tepat maka akan membuat ikan cupang merasa lebih nyaman. Ikan cupang mempunyai sifat yang agresif terutama kepada sesama jenisnya. Maka dari itu sebaiknya Anda tidak menyatukan ikan ini dengan ikan cupang lain atau dengan jenis ikan yang lainnya ke dalam satu tempat yang sama.

Habitat asli dari ikan cupang yaitu di sawah, rawa – rawa, serta di perairan yang dangkal. Oleh sebab itu, tak heran jika ikan cupang lebih suka hidup di air dangkal tetapi yang mempunyai ruang yang luas.

Apabila Anda menggunakan akuarium untuk tempat tinggal ikan cupang, maka pilihlah akuarium dengan ukuran 19 liter atau lebih. Dengan ukuran akuarium tersebut bisa memperpanjang masa hidup ikan cupang  dan ikan cupang anda bisa berkembang dengan lebih pesatpesat lagi.

  1. Pertahankan Air

Setelah memperoleh tempat yang ideal untuk ikan cupang tersebut. Lalu Anda harus memperhatikan pula air yang terdapat di tempat ikan itu. Karena air menjadi salah satu bagian yang penting untuk keberlangsungan hidup dari ikan cupang yang anda pelihara.

Air yang dimaksud disini yaitu jenis serta volume airnya. Dalam hal ini jenis air yang bisa anda gunakan untuk mengisi aquarium terdapat dua jenis, yaitu air tawar dan air sumur. Sedangkan untuk volume air yang cukup ideal dalam merawat ikan cupang yaitu sekitar 40 – 60% dari akuarium.

Volume air yang disarankan tersebut harus digunakan karena dapat menghindari ikan saat akan melompat keluar. Karena biasanya ikan cupang bisa melompat hingga 7,5 cm.

  1. Bersihkan air akuarium secara berkala

Ada bisa membersihkan air akuarium dalam seminggu sekali. Hal ini merupakan waktu yang cukup ideal untuk membersihkannya. Namun apabila anda sibuk atau sedang malas untuk  membersihkan akuarium tersebut, maka sebaiknya anda memakai alat penguji air.

Alat ini adalah sebuah alat yang bisa memantau aquarium dan dengan alat ini Anda bisa mengetahui apakah aquarium tersebut sudah waktunya untuk dibersihkan atau belum.

  1. Berikan Makanan Ikan Secara Rutin

Anda bisa menentukan waktu makan ikan cupang tersebut dengan rutin serta dengan waktu makan yang ideal yaitu 2 kali sehari. Contohnya dengan memberikan makan di pagi hari dan sore hari.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam hal ini terdapat beberapa makanan yang bisa anda berikan kepada ikan cupang. Contohnya seperti jentik nyamuk, cacing darah, kuning telur, pelet, dan lain sebagainya.

Sebelum memberikan makan ada baiknya untuk memeriksa bahan makanannya terlebih dahulu supaya ikan anda tidak salah makan, yang dapat menyebabkan ikan menjadi sakit.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com