Cara Diet Water Fasting yang Aman Bagi Kesehatan Untuk Pemula

Fitri Tamara 0
Cara Diet Water Fasting yang Aman Bagi Kesehatan Untuk Pemula

Cara Diet Water Fasting yang Aman Bagi Kesehatan Untuk Pemula. Saat ini, sebagian besar manusia memilih melakukan diet untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Salah satu metode diet yang terkenal adalah diet water fasting. Diet ini dilakukan dengan mengonsumsi air putih secara terus menerus serta menghindari makanan dan minuman lain.

Diet water fasting banyak dilakukan karena dianggap dapat menurunkan berat badan, menghilangkan racun yang bersifat toksik dalam tubuh, dan sering dilakukan sebagai persiapan sebelum operasi.

Namun tahukah anda bahwa diet water fasting yang dilakukan dengan cara salah dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya dapat memicu hipotensi akibat terlalu banyak minum air.

Nah, sementara pada artikel kali ini akan dibahas tentang cara diet water fasting yang aman bagi kesehatan untuk pemula. Bagi anda yang ingin melakukan diet water fasting, maka jangan lupa disimak ya!

Cara Diet Water Fasting yang Aman Bagi Kesehatan Untuk Pemula
today.line.me

Bagaimana Cara Melakukan Diet Water Fasting ?

 

  1. Mempersiapkan Fisik dan Mental

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam diet water fasting adalah mempersiapkan fisik dan mental. Persiapan ini dapat anda lakukan dengan mengonsumsi makanan yang dapat memenuhi nutrisi dan gizi penting sebelum melakukan diet.

Makanlah dalam porsi sedikit atau berpuasalah setengah hari untuk beradaptasi dengan situasi saat water fasting. Persiapan ini dapat anda lakukan dalam waktu 3 – 4 hari dan pastikan fisik dan mental anda siap untuk melakukan diet.

  1. Lakukan Diet Dalam 1 – 3 Hari

Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu melakukan diet water fasting dalam waktu 1-3 hari. Saat water fasting, anda harus mengonsumsi 2-3 liter air putih perharinya. Anda juga dilarang mengonsumsi makanan atau minuman apapun selama diet ini berlangsung. Dikarenakan anda tidak mendapat kalori dan nutrisi selama diet, anda mungkin akan merasa mudah lelah, lemas, pusing, dan daya konsentrasi menurun. Oleh karena itu, anda dilarang melakukan aktivitas yang berat seperti mengemudikan kendaraan.

  1. Memperhatikan Pola Makan Pasca Water Fasting

Setelah melakukan diet water fasting, dalam diri anda pasti muncul keinginan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar. Hal ini dikarenakan selama diet berlangsung, anda tidak mengonsumsi makanan dan minuman apapun selain air putih.

Namun, anda harus mengontrol pola makan anda sehingga hal ini tidak terjadi. Anda harus tahu bahwa mengonsumsi makanan dalam jumlah yang besar setelah melakukan water fasting dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Nah maka dari itu, disarankan agar anda dapat mengonsumsi makanan – makanan kecil seperti smoothie atau jus. Jika tubuh anda sudah dapat beradaptasi, anda dapat mengonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih besar.

Hal ini penting agar tubuh anda dapat menyesuaikan diri pasca water fasting dan mencegah terjadinya refeeding syndrome, dimana tubuh mengalami perubahan cairan dan elektrolit secara cepat.

Itulah pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai cara yang dapat dilakukan untuk diet water fasting yang aman bagi kesehatan. Saat melakukan diet, anda harus memperhatikan pola diet anda untuk menghindari hal yang tidak inginkan.

Selain itu, juga wajib diperhatikan bahwa anda perlu melakukan diet water fasting secara berkala untuk menjaga sistem pencernaan. Anda bisa melakukannya dalam 1 bulan sekali dan mengimbanginya dengan berolahraga secara rutin. Jika anda melakukan water fasting lebih dari 3 hari, maka anda disarankan berkonsultasi dengan dokter, dan semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat .

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com