Budidaya Ikan dan Tanaman dengan Aquaponik

Fitri Tamara 0

Budidaya Ikan dan Tanaman dengan Aquaponik

Anda pastinya sudah mendengar tentang tanaman hidropink, budidaya tanaman dengan cara memanfaatkan air sebagai media tanamanya? Akan tetapi, apakah Anda juga sudah pernah mendengar tentang aquaponik ini tidak? Semak yuk ulasan selengkapnya berikut ini.

Perlu Anda tahu bahwa pada dasarnya aquaponik ini adalah paduan antara hidroponik dengan budidaya hewan dan air atau pun aquakultur. Hewan yang dimaksud ini adalah ikan. Dengan menerapkan teknik tersebut, Anda dimungkinkan untuk bisa memelihara atau pun mengembangkan jenis tanaman dan ikan secara bersamaan pada satu tempat dan satu waktu.

Seperti yang sudah Anda tahu, di dalam melakukan hidroponik memang sangatlah praktis dilakukan di rumah, akan tetapi harga dari vitamin atau pun nutrisi yang dibutuhkan sangat mahal. Begitu pun bila Anda ingin melakukan aquakultur. Selain harus memberikan pakan yang sehat, Andaun juga harus membersihkan kolam secara berkala supaya ikannya bisa tumbuh dengan baik. Nah, pada proses hidroponik ini terjadilah simbiosis mutualisme, yang mana tanaman akan mendapatkan sumber makanan dari limbah kotoran ikan, sementara itu ikannya sendiri mendapatkan air sebagai tempat hidup dari air setelah dimurnikan tanaman. So, Anda tidak harus kerepotan untuk membeli pakan dan nutrisi untuk keduanya.

Lantas seperti apa sih budidaya ikan dan tanaman dengan aquaponik ini?

Bila dijabarkan siklusnya, pada proses aquakultur, ada sisa pakan yang nantinya akan dihasilkan ikan pada bentuk feses yang telah terakumulasi dalam air. Feses dengan kandungan nitrat serta amonia ini sifatnya toksin atau pun beracun khususnya bagi ikan itu sendiri, tapi sebetulnya kaya akan nutrisi bila dijadikan sebagai sumber hara bagi tanaman. Ketika nitrat terserap tanaman sebagai salah satu bahan makanan, diwaktu yang sama juga tanaman menyuling air dari bahan yang berbahaya yang kemudian akan kembali pada kolam ikan tersebut.

Sama halnya dengan sistem hidroponik, aquaponik ini juga dapat dilakukan di rumah, untuk menjadikan budidaya dengan sistem aquaponik, yang akan Anda butuhkan adalah beberapa komponen sebagai berikut :

  • Kolam atau pun tangki untuk pemeliharaan ikannya
  • Unit penangkap dan juga pemisahan limbah padat (sisa pakan dan juga feses)
  • Bio filter sebagai salah satu media tumbu bakteri nitrifikasi dan juga mengoversi amonia jadi nitrat yang bisa digunakan oleh tanaman
  • Subsistem hidroponik, yaitu bagian dari sistem yang mana tanaman tumbuh dengan cara menyerap kelebihan hara dari air
  • Sump, yakni titik terendah pada sistem. Tempat air untuk mengalir ke dan dari yang dimpompa kembali pada tangki pemeliharaan.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang budidaya ikan dan tanaman dengan aquaponik yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.