BAGAIMANA KALAU KITA SAMPAI KURANG TIDUR?

Fitri Tamara 0

Tidur merupakan kebutuhan bagi setiap orang, bagaimana tidak?Tidur cukup dapat mengembalikan tenaga dan pikiran setelahseharian beraktivitas. Kalau sampai kurang tidur danberlangsung dalam jangka waktu lama, maka tubuhmu akanrentan digerogoti penyakit. Oleh karena itu, jangan sampai halini terjadi ya!

Tapi mana kita tahu tubuh ini sudah cukup tidur atau belum?Pasti jadi pertanyaan bagi sebagian besar orang. Nyatanya, adabeberapakodeloh yang diberikan tubuh sebagai tanda kalauselama ini jam tidurmu kurang. Lalu, seperti apa tanda-tandanya? Yuk simak sampai akhir.

1. Mudah lapar 

Ketika tubuh kurang tidur, maka produksi hormon grelin(pengontrol rasa lapar) dan leptin (pengontrol rasa kenyang) mengalami kekacauan. Hal ini terbukti dengan penelitian yang pernah dilakukan dalam jurnal Endocrine Development tahun2009, yang mengatakan bahwa kekurangan tidur dapat memiculonjakan produksi grelin dan mengurangi produksi leptin.

Di samping itu, menurut Chris Winter, MD, pendiri Charlottesville Neurology and Sleep Medicine di Virginia, Amerika Serikat (AS), kalau otak tidak mendapatkanenergi yang cukup dari tidur, maka otak akan mendapatkannyamelalui makananan. Dimana akibat dari meningkatnya hormongrelin, tubuh cenderung akan memilih untuk mengonsumsimakanan berlemak, seperti makanan cepat saji, atau tinggi gula. Sehingga memungkinkan untuk terjadinya kenaikan berat badanbahkan obesitas.

2. Kulit bermasalah

Sudah rutin pakai berbagai macam skincare tapi kulit masih jugabermasalah? Coba deh, cek kualitas tidurmu. Karena kurangnyawaktu tidur dapat menyebabkan resistansi insulin danmeningkatnya sekresi sebum yang memicu munculnya jerawat.

Selain itu, menurut keterangan dari American Academy of Sleep Medicine, ada studi yang menunjukkan bahwa kurang tidur jugadapat berdampak pada fitur wajah, seperti mata, mulut, dankulit. Munculnya lingkaran mata alias mata panda, mata merah, kulit pucat, hingga garis halus dan keriput, dapat muncul akibatkurangnya tidur.

Untuk itu, daripada kamu membuang-buang uangmu untukmembeli produk skincare tanpa memberikan hasil yang maksimal, maka sudah saatnya bagi kamu untuk memperbaikiwaktu tidurmu.

3. Suasana hati terganggu hingga depresi

Sadarkah kamu bahwa moody atau uring-uringan yang seringmuncul di dirimu itu akibat dari kurangnya waktumu untukberistirahat malam? Karena kurangnya tidur bukan hanyasebatas pada perasaan ngantuk, tetapi juga berdampak padakesehatan mental dan suasana hatimu loh. Hal ini dibuktikandengan sebuah studi yang pernah dilakukan, dimana akibat darikurang tidur dapat meningkatnya suasana hati yang bersifatnegatif dan menutunkan suasana hati yang positif.

Selain itu, menurut penelitian dalam jurnal Sleep Medicine tahun2008, kondisi sulit atau kurang tidur juga berhubungan eratdengan depresi, dan sebaliknya, depresi pun akan berdampakpada kualitas tidur seseorang.

4. Kemampuan konsentrasi dan daya ingat menurun

Tidak hanya mengacaukan produksi hormon grelin dan leptinsaja, seperti yang telah dijelaskan pada point pertama, tetapikurang tidur juga mengganggu kadar hormon kortisol, dimanahormon tersebut akan melonjak yang mengakibatkan disfungsikognitif, salah satunya mempengaruhi hipokamus otak. Hipokamus sendiri adalah struktur yang berada di lobustemporal otak yang bertanggung jawab atas memori jangkapanjang. Oleh karena itu, selain mengantuk, kamu juga akansulit berkonsentrasi dan mengingat.

5. Gampang sakit

Sistem kekebalan tubuh bukan hanya dapat dijaga denganmengkonsumsi makanan-makanan yang menunjang saja, tetapijuga pada terpenuhi atau tidaknya waktu tidur seseorang. Makatak heran jika kamu sering begadang kamu juga akan gampangsakit.

Melansir Mayo Clinic, saat tidur sistem kekebalan tubuh kitaakan mengeluarkan protein yang disebut sitokin. Tak hanyaberfungsi untuk mendorong tidur, sitokin juga dibutuhkan saattubuh mengalami infeksi, pembengkakan, atau stres.

Jadi, jika kualitas tidurmu buruk, maka produksi sitokin sebagaipelindung tubuh juga akan berkurang. Kondisi ini juga akanmengurangi produksi antibodi dan sel untuk melawan infeksi. Ini terbukti melalui penelitian dalam jurnal Clinical & Developmental Immunology  tahun 2015, yang membuktikanbahwa kurang tidur dapat melemahkan daya tahan tubuh danmeningkatkan kerentanan organisme terhadap infeksi.

6. Pandangan kabur

Pernah mengalami pandangan kabur padahal kondisi matamusaat itu baik-baik saja? Coba deh ingat-ingat kembali apakahwaktu tidurmu cukup saat itu? Karena kurang tidur dapatmengganggu keseimbangan otot mata, sehingga mata tidakdapat bergerak dan berfungsi dengan baik.

Steven Shanbom, MD, seorang dokter spesialis mata asal AS mengatakan bahwa ketika kelelahan, otot siliaris danekstraokuler mata akan melemah, sehingga mengganggu fokuspengelihatan dan pergerakan mata.

Banyak orang mengalami ketidakseimbangan otot, yang manakondisi mata tidak dapat bergerak bersama dengan baik,” katanya seperti dikutip di Health. Namun, pada orang yang cukup istirahat, mata akan mengimbangi dengan sendirinya, tambahnya.

Kurang tidur dapat membuat ketidakseimbangan tersebut sulitdikontrol, sehingga dapat mengakibatkan penglihatan ganda. Iniumumnya akan dirasakan esok paginya dan bisa bertahan kalautidak segera memperbaiki waktu tidur.

Melansir Sleep Education kurang tidur juga dapat memperbesarrisiko gangguan mata lainya, seperti mata kering, gatal, matamerah, infeksi akibat produksi air mata yang berkurang, berkedut, sensitive terhadap cahaya, dan galukoma.

Jika kamu mengalami satu atau beberapa hal di atas, mulai hariini cobalah untuk beristirahat yang cukup dan perbaiki kualitasdan durasi tidurmu. Jangan sampai karena kurang tidur, kamumembahayakan kesehatan tubuhmu ya!

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.