Apa sih bahayanya makan sebelum tidur?

Fitri Tamara 0

Seringkali kita merasa lapar di malam hari, terutama di jam menjelang tidur. Seringkali juga kita tak tahan dengan rasa lapar tersebut, sehingga diam-diam pergi ke dapur untuk mencari makanan. Apakah kamu salah satu yang melakukan hal itu? Eits, jangan terus menerus melakukan hal tersebut ya, karena sebenarnya terdapat beberapa efek yang kurang baik bagi kesehatanmu lho. Yakni sebagai berikut:

Resiko Diabetes

Apabila seringkali makan makanan manis di malam hari, resiko yang satu ini bisa saja terjadi. Gula dibutuhkan dalam mengolah energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Namun bagaimana bila kita makan makanan yang mengandung gula dan tidak melakukan apapun? Yang terjadi adalah gula menumpuk di dalam tubuh secara berlebih, lho.

Gangguan Metabolisme dan Potensi Obesitas

Perut akan terasa kembung dan sistem pencernaan tidak bekerja sesuai waktunya. Jam metabolisme kita akan berubah sehingga waktu pembakaran dan penyimpanan energi menjadi terganggu. Jika hal ini terus menerus terjadi, bukan tak mungkin Anda bisa mengalami obesitas alias kelebihan berat badan.

Serangan Jantung

Tumpukan lemak yang terjadi dari makanan yang kita konsumsi tidak akan tercerna dengan baik apabila kita langsung tidur. Hal ini dapat menyumbat saluran pembuluh darah dan memperlambat aliran darah ke jantung Anda. Oleh sebab itu, hindarilah makan makanan berlemak tinggi di malam hari.

Naiknya Asam Lambung

Karena makanan masih ada di lambung dan belum tercerna baik, namun posisi Anda sudah berbaring. Hal ini membuat makanan yang sedang diproses di dalam lambung dengan asam lambung, akan naik dan membuat perih serta panas kerongkongan Anda. Hal ini juga dapat menciptakan heart burn atau perih serta panas berlebih pada bagian dada dan ulu hati. Pada pagi harinya, Anda akan sering mengalami sendawa dan tentu saja ini cukup mengganggu aktivitas.

Sudah tahu kan efek samping yang buruk dari makan sebelum tidur di malam hari? Yuk, makan di jam yang teratur mulai sekarang untuk menghindari rasa lapar malam-malam. Mari jalani hidup yang lebih sehat! (fen).

 

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.