8 Jenis Marmer Berkualitas, Untuk Keperluan Komponen Bangunan

  • Whatsapp
jenis-jenis-batu-alam-marmer

Jenis Batu Marmer– Batu alam yang sering digunakan untuk keperluan arsitektur, komponen bangunan dan aksesoris interior ruangan. Marmer digunakan sebagai bahan komponen untuk mempercantik desain interior hunian dan kantor.

Indonesia sendiri menjadi salah satu di seluruh dunia dengan deposit terbesar batu alam.

Bacaan Lainnya

Apa Itu Marmer ?

Marmer Merupakan batuan metamorf, berasal dari batu kapur yang melewati proses kristalisasi yang menghasilkan produk dengan kepadatan sempurna. Mungkin biasa Kita sebut sebgai keramik, namun perbedaannya adalah batuan jenis ini bukan sekedar keramik seperti untuk lantai melainkan produk marmer memiliki fungsi yang lebih banyak (multi purpose).

Kegunaan Batu Marmer dapat Anda ketahui salah satunya adalah untuk perabotan rumah, komponen bangunan seperti keramik lantai, meja, kamar mandi, dan pilar rumah. Selain itu batuan ini juga dapat digunakan untuk bahan baku pembuatan Piala, Patung, dan papan nama.

Bantuan marmer diketahui memiliki prediksi harga yang tidak akan pernah turun karena diketahui proses pembuatan dan kualitas yang sangat bagus. Selain diketahui sebagai produk komponen rumahan yang berkualitas batu ini juga memiliki banyak fungsi untuk diterapkan.

Lalu dimana Anda bisa mendapatkan produk marmer berkualitas ?

Mari simak ulasannya…

Sebelumnya mari Kita lihat beberapa jenis batu alam (Natural Stone) untuk keperluan komponen bangunan, interior, dan dekorasi.

8 Jenis Marmer berkualitas, untuk keperluan hunian

1. Marmer Murni

Batu marmer (Batu Pualam), batu ini merupakan batuan kristalin identik dengan tekstur kasar yang berasal dari batuan gamping atau dolimit. Batuan ini memiliki warna yang murni yaitu warna putih karena batuan ini memiliki bahan dasar utama berupa mineral kalsit. batuan ini merupakan metamorf dari batu kapur.

2. Marmer Granit

Batuan granit pada dasarnya berjenis felsic, igneus, dan instrusif yang banyak ditemukan dan Kita dapatkan hampir diseluruh wilayah Indonesia. Batu granit memiliki ukuran yang besar dengan struktur yang keras dan kuat karena berasal dari metamorfosa material gunung berapi. Granit sendiri memiliki tampilan motif bitnik-bintik berwarna merah (Red Granite Stone). Batu granit dapat dijadikan ornament seperti lantai, dinding, dan lainnya.

3. Marmer Onyx

Batu Onyx merupakan batu permata, terutama identic dengan pita paralel dari kalsedon mineral silikat. Onyx terbuat dari proses mikrokristalin kuarsa disebut kalsedon. Batu onyx memiliki kepadatan yang lebih tinggi dari marmer oleh karena itu tidak heran onyx menjadi salah satu bahan komponen bangunan yang sangat baik. Deposit batu onyx dapat ditemukan diberbagai belahan dunia. Onyx memiliki tampilan yang lebih mulus dan transparan, permukaan batuan jenis onyx memlikiki pola marbling dan teksturnya terukir indah bagaikan tesktur dari sebuah kayu. Onyx memiliki bermacam-macam jenis dan warna mulai dari onyx hijau, Sardonyx agate dengan garis merah/oranye, Batu Akik Onyx abu-abu, cave onyx dengan beragam warna dan jenis lainnya.

4. Marmer Travertine

Marmer Travertine adalah jenis batuan yang popular,identik dengan motif abstrak dengan lubang hitam dipermukaannya. Travertine merupakan batuan kapur yang berasal dari mata air mineral, terutama air panas. Travertine dihasilkan dari proses pengendapan cepat kalsium karbonat dan dapat ditemukan dimulut sumber air panas atau di gua kapur. Travertine biasa digunakan sebagai komponen hiasan kamar mandi, lantai, dan juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan monument patung.

5. Marmer Limestone/Gamping

Marmer Limestone Batuan jenis ini memiliki karakteristik warna kecokelatan alami, jenis batuan ini adalah batuan yang terdapat pada area genangan air seperti sugai dan danau yang telah mengering. Jelas batuan seperti ini adalah jenis yang langka karena tidak selalu dapat ditemukan dengan mudah.

6. Marmer Quartzsite/Kuarsit

Kuarsit juga merupakan batuan jenis metamorf, tidak berfoliasi yang hampir seluruhnya tersusun dari mineral kuarsa. Kuarsit (Quartzsite) memiliki warna putih keruh yang alami. batuan kuarsit biasa digunakan untuk hiasan dinding, lantai, dan kamar mandi.

7. Marmer Silverstone

Silverstone merupakan batuan murni yang khas dengan warna silver. batu jenis ini memiliki karakteristik yang elegan, tidak heran bahan batu Silverstone banyak digunakan untuk hunian mewah. Harga dari batu Silverstone juga terbilang cukup tinggi namun kualitas dari batuan ini sudah menjamin semuanya.

8. Marmer Basalt/Basal

Merupakan batuan beku yang tercipta dari proses pembekuan magma, batuan basalt biasanya berwarna abu-abu atau hitam. Batuan basalt juga terbentuk di mars, venus, dan bahkan terdapat pada asteroid vesta. Basalt merupakan batuan yang paling umum dibumi karena berasal dari perut bumi pada lapisan kerak bumi tepatnya dengan dasar batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf.

Itulah beberapa jenis batuan yang perlu Kamu ketahui. batuan ini bukan produk yang dapat sembarangan dipilah pemasoknya terutama untuk Anda yang menginginkan produk marmer berkualitas.

Pos terkait