6 HOBI UNTUK MENINGKATKAN MENTALMU!!

Di tengah kesibukan dan tekanan sehari-hari, sangat penting untuk meluangkan waktu guna me-recharge kondisi fisik dan mental dengan bersantai. Terlepas dari jam kerja yang panjang dan kewajiban harian yang seakan tak habis-habis, kita tetap bertanggung jawab atas kesehatan mental.

Alih-alih menggunakan waktu luang dengan sembarangan, kita perlu mendedikasikannya untuk sesuatu yang bermanfaat dan memberi kegembiraan. Salah satunya adalah memiliki hobi yang memberi manfaat bagi kesehatan mental. Hobi yang seperti ini mampu membuat kita bahagia dan relaks, bahkan punya efek menyembuhkan atau mencegah masalah mental.

Lantas apa sajakah hobi tersebut? Mari, simak jawabannya di sini.

1. Memelihara hewan

Jika kamu punya waktu, kamu bisa memiliki hewan peliharaan sendiri. Hewan peliharaan bukan hanya bisa menjadi teman yang menyenangkan, tetapi mereka dapat membawa keajaiban bagi kesehatan mental dalam jangka panjang, karena memelihara hewan dapat meningkatkan empati.

Menurut penelitian dalam jurnal “Psycological Science”, ketika sesuatu terjadi pada hewan peliharaan kita, korteks visual kita diaktifkan dan secara internal mengaktifkan emosi dan sensasi kita sendiri seolah-olah kita merasakan hal yang sama. Jadi, memiliki hewan peliharaan adalah dorongan otak dan emosional pada saat yang bersamaan.

2. Fotografi

Menurut laman Hobby Help, fotografi memungkinkan kamu mendapatkan manfaat mindfulness tanpa sesi meditasi harian. Sebab, fotografi tidak hanya membuat kamu keluar dari rumah dan melupakan stres, tapi hobi ini memungkinkan kamu menemukan tempat baru yang menarik, memanfaatkan keindahan alam, dan mengabadikan momen atau kenangan yang dapat diwariskan kepada generasi mendatang.

3. Menggambar, melukis, atau memahat

Menurut sebuah studi dalam “American Journal of Public Health”, keterlibatan dalam aktivitas kreatif telah terbukti secara ilmiah dapat mengurangi stres, kecemasan, bahkan gangguan mood.

Ekspresi kreatif melalui seni telah dikaitkan dengan segudang manfaat kesehatan, mulai dari peningkatan kesejahteraan fisik dan psikologis, hingga kualitas hidup.

Meskipun kamu belum melihat bakatmu dalam bidang kreatif, tapi tetaplah mencoba melakukan aktivitas kreatif, seperti menggambar, melukis, atau memahat. Jika kamu bingung harus mulai dari mana, pertimbangkan untuk mendaftar ke kelas seni.​

4. Menari

Menari adalah cara yang efektif dan sangat menyenangkan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Dikutip dari laman House of Coco, kelas dansa Latin bermanfaat untuk meningkatkan detak jantung, keseimbangan, dan kekuatan. Sementara itu, kursus menari tango selama 2 minggu dapat mengatasi insomnia, kecemasan, stres, dan depresi.

Sebagai sinkronisasi musik dan gerakan, menari dapat mengaktifkan sirkuit sensorik dan motorik serta menstimulasi otak, dan akhirnya menciptakan perasaan senang.

5. Berkebun

Saat berkebun, tentu saja kamu dikelilingi oleh udara segar dan bunga, juga anggota tubuh yang terus bergerak saat harus menanam dan menyiram tanaman. Semua ini merupakan kombinasi yang tentu saja baik untuk kebahagiaan.

Selain itu, melihat tanaman yang kamu tanam tumbuh dan berkembang tentunya meningkatkan rasa puas terhadap diri sendiri dan membuatmu makin bersemangat untuk berkebun.​

6. Mendaki

Jika kamu memiliki masalah dengan overthinking, kecemasan, dan depresi, mendaki atau hiking bisa sangat membantu mengatasi masalahmu itu.

Dilansir WebMD, alam bebas mendorong individu untuk memutuskan koneksi dari teknologi dan menuai manfaat kesehatan fisik dan mental dari hubungan dengan alam bebas. Bahkan, hanya menghabiskan waktu 5 menit di alam terbuka dapat meningkatkan suasana hati, harga diri, dan motivasi.

Daripada rebahan dan overthinking sepanjang hari atau stres dengan tugas yang tidak habis-habis, yuk, coba jadikan aktivitas di atas sebagai hobi. Dijamin itu semua akan meningkatkan kesehatan, kamu pun akan merasa makin bahagia.​

 

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com