5 TIPS CARA MENGURANGI PENGGUNAAN MEDSOS!!

Sebuah kebiasaan yang sering kali dilakukan oleh kita saat iniadalah menggunakan media sosial dan internet, namun mungkintanpa sadar kamu melakukannya secara berlebihan. Berdasarkanlaman Snapcart, sebanyak 75% responden dari Indonesia sudahmemiliki kecenderungan selama 3 jam atau lebih dalamberselancar di internet dan 60% diantaranya mengalami stress.

Penggunaan internet dapat berawal dari rasa iseng untukmelakukan pengecekan, yang kemudian terus-menerus berlanjuthingga akhirnya dilakukan secara rutin dan terbentuk suatukebiasaan baru. Tanpa sadar aktivitas tersebut kerap kali menimbulkan rasa cemas, terutama saat mencari informasi-informasi yang bersifat negatif. Terlalu sering mengecek sosialmedia memang tidak selalu merugikan, namun ada baiknya jikamenggunakan sosial media dengan bijak, pada waktu dan tempatyang tepat dan tentunya yang bersifat positif.

Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi ketergantungan terhadapsocial mediamu.

1. Buat komitmen dan menentukan schedule

Komitmen berawal dari niat yang dijalankan dengan ketekunanuntuk dapat terus melakukannya secara konstan dalam jangkawaktu tertentu. Untuk itu, mulai hari ini cobalah untukmenuliskan rencana kegiatanmu, dari pagi hari hingga malamhari, termasuk kapan waktumu untuk bisa membuka sosialmedia.

Misalnya saja kamu hanya memperbolehkan dirimu untukbermain smartphone dan bersosial media di jam 8 pagi dan 8 malam dengan durasi max 1 jam tiap sesinya. Maka di haritersebut kamu memiliki total max 2 jam yang bisa kamumanfaatkan untuk mencari hal-hal penting yang kamu inginketahui di internet. Di luar jam tersebut tentunya kamu harusmenahan diri untuk sama sekali tidak menyentuhnya agar komitmen yang kamu buat dapat terlaksana dengan baik.

Selain itu, kamu juga dapat mencoba untuk mematikannotifikasi dari aplikasi media sosial yang sekiranya tidak terlalupenting, seperti notifikasi Instagram, Facebook, Twitter, bahkan chat dari orang yang menurutmu tidak termasukdalam list pekerjaan sehingga menunda dalam memberikanbalasan bukan menjadi suatu masalah.

2. Set pengingat waktu yang diperlukan dalammengoperasikan sosial media

Kamu bisa mengunduh aplikasi pengingat atauset alarm/timer sampai berapa lama kamu dapat menghabiskanwaktu berselancar di internet dan sosial media. Disiplin waktudalam menggunakan social media juga dapat berdampak padakebiasaan disiplinmu dalam hal-hal lain di kehidupan sehari-hari.

Salah satu caranya, kamu dapat membuat list terlebih dahulu apasaja yang ingin kamu ketahui di internet, dengan begitu kamudapat mempergunakan kesempatan berselancar di internet dengan lebih terarah dan bermanfaat.

3. Berani hapus sosial media dan gunakan paling banyak 2 aplikasi

Dalam berkomitmen mengurangi penggunaan social media, kamu dapat melakukan dengan pembatasan jumlah aplikasi yang kamu unduh di smartphone-mu. Dengan begitu kamu tidak akanterlalu mudah dalam mengakses seluruh sosial mediamu yang dapat menghabiskan banyak waktumu. Cobalah menyeleksisosial media mana yang benar-benar kamu gunakan untukkepentingan membangun diri atau keperluan pencarian inspirasiuntuk pekerjaan sehari-harimu. Dan usahakan hanya memiliki 2 aplikasi yang terunduh sesuai dengan kebutuhan ya! Sebagaigantinya, kamu dapat mulai mengunduh aplikasi-aplikasi lain yang dapat mewujudkan hobi ataupun aplikasi lain yang dapatkamu gunakan untuk meningkatkan soft skills, sepertimendesainplatform menulis ataupun tanya jawab, bahkanaplikasi game yang dapat mengasah otak.

Jikalau menggantikan aktivitas bersosial media masih sulitdilakukan karena intensitas penggunaan smartphone yang masihtinggi, kamu dapat mulai mengganti kebiasaan tersebut denganaktivitas nyata, seperti berolahraga di rumah, memasak, membaca buku, ataupun mendengarkan podcast, walaupun podcast masih berhubungan dengan smartphone, namun dapat menjadi alternatif karena kamu hanya perlumendengarkan tanpa menatap layar.

4. Minta bantuan orang lain untuk mengingatkan, danmulailah bersosialisasi!

Jika hanya membatasi dalam diri sendiri masih terlalu sulitbuatmu, maka berbicaralah dengan orang-orang sekitarmu untukmembantu mengingatkanmu, baik itu orang tua ketika kamuberada di rumah ataupun teman dan rekan kerja yang setiapharinya menghabiskan waktu terbanyak bersama mereka.Karena selain niat dalam diri, lingkungan sekitar yang mendukung juga tentunya diperlukan untuk keberhasilantargetmu dalam mengurangi penggunaan sosial media.

Dan ketika biasanya kamu mengusir rasa bosan denganberselancar di internet dan social media, maka mulai sekarangcobalah usir kebosanan dengan berkomunikasi dan bersosialisasidengan orang-orang di sekitarmu. Dengan mementingkankehidupan nyata, walaupun saat ini kamu masih harusmemanfaatkan teknologi untuk saling berjumpa, namunkehidupan nyata dapat mengurangi ketergantunganmu terhadapdunia maya.

5. Beri reward pada dirimu sendiri jika kamu berhasilmencapai target

Setelah menuliskan komitmen dan tujuan, maka kamu perlumelaksanakannya dan tentu saja kamu tidak boleh lupa untukmenuliskan progress yang terjadi, dengan begitu kamu akanmengetahui sejauh mana kamu melakukannya, apakah kamuberhasil mencapai target ataupun tidak. Dan jika kamu berhasilmencapainya, maka kamu perlu mengapresiasi diri denganmemberikan reward, dimana dengan reward ini bisa menjadikanmotivasi bagimu untuk membentuk kebiasaan dalam mencintaidiri sendiri dengan terus melakukan yang lebih baik.

Itulah beberapa cara sederhana agar kamu dapat mengurangipenggunaan sosial media dan internet dengan lancar. Walaupunkebiasaan-kebiasaan ini memang tidak mudah untuk dilakukan, namun cukup berpegaruh dalam hidup. Untuk itu, yuk mulaiterapkan sekarang juga! Dan ajak orang-orang sekitarmu, terutama mereka yang sering menggunakan sosial media secaraberlebih, untuk ikut memulai kebiasaan baru yang lebih baik!

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com