5 MAKANAN YANG JANGAN DIPANASI LAGI!

Fitri Tamara 0

Memanaskan kembali makanan yang tidak dapat langsung dihabiskan dalam sekali makan sudah menjadi kebiasaan sebagian besar orang. Namun tahukah kamu bahwa tak semua jenis makanan bisa dipanaskan dan disantap kembali? Justru dengan memanaskannya lagi dapat memicu penyakit bagi tubuh.

Lalu apa saja makanan-makanan yang sebaiknya langsung dikonsumsi hingga habis sehingga tidak perlu memanaskannya kembali saat hendak mengkonsumsinya di waktu yang berbeda?

 1. Nasi

Nasi merupakan jenis makanan yang paling sering tersisa karena kebanyakan orang akan menanak nasi dalam porsi lebih untuk kepraktisan. Namun tanpa disadari, dengan memanaskannya lagi dapat memicu munculnya spora bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan keracunan. Oleh karena penting memperhatikan jumlah porsi yang akan mengkonsumsi sebelum benar-benar menanaknya, sehingga dalam sekali memasak, nasi dapat dikonsumsi hingga tak bersisa.

2. Telur

Sudah tidak asing lagi bagi kita bahwa telur merupakan makanan yang memiliki banyak kandungan gizi, baik itu protein, vitamin, maupun mineral. Oleh karena itu, memanaskan kembali jenis olahan telur yang tersisa untuk kemudian dikonsumsi kembali menjadi hal yang tidak tepat, karena tingginya kadar nitrogen yang terkandung dalam protein akan teroksidasi dan bersifat karsinogen.

3. Ayam

Menu ayam menjadi andalan hampir setiap orang, karena memiliki cita rasa yang tinggi dan memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan daging sapi. Selain itu, ayam juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Namun hal ini akan berbeda dengan mengkonsumsi daging ayam sisa yang telah melalui proses pemanasan lagi, karena dengan adanya pemanasan, protein yang terkandung dalam ayam akan rusak atau mengalami denaturasi. Selain itu juga dapat menyebabkan permasalahan pada sistem pencernaan.

4. Santan

Makanan yang mengandung santan merupakan salah satu makanan khas Indonesia, yang juga menjadi makanan favorit banyak orang. Untuk jenis-jenis makanan yang mengandung santan ini, ada baiknya jika tidak melakukan pemanasan kembali, karena kandungan lemak yang ada akan semakin tinggi dan dapat memicu kolesterol.

5. Kentang

Meski kentang merupakan makanan yang lezat namun lebih baik tidak dipanaskan kembali jika bersisa. Hal ini karena pemanasan dalam kentang hanya akan memicu terbentuknya senyawa akrilamida yang merupakan senyawa pemicu kanker. Belum lagi kentang sisa tersebut mengandung banyak bakteri yang tak kasat mata. Oleh sebab itu kamu perlu langsung menghabiskannya saat berniat untuk mengkonsumsi kentang.

Itulah 5 bahan makanan yang lebih baik tidak dipanaskan kembali apalagi dikonsumsi lagi. Karena apapun yang namanya makanan sisa tentunya sudah terkontaminasi oleh bakteri dan sering kali mengalami perubahan komposisi senyawa bila dipanaskan!

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.