4 MANFAAT AIR LAUT

Fitri Tamara 0

Lautan adalah hamparan luas air asin yang menghubungkanseluruh penjuru dunia dan juga salah satu bentuk batasan antaradaratan, seperti benua dan pulau-pulau. Hal yang paling disukaiorang-orang dari lautan adalah pemandangan sunset dan sunrisenya.

Selain pemandangan yang ditampilkan dari lautan, kita juga bisamerasakan manfaat dari asinnya air laut, lho. Berikut inibeberapa di antaranya!

in

Berendam air laut memiliki segudang manfaat untukmendukung kesehatan manusia. Air laut mengandung banyakkandungan mineral alami yang sangat diperlukan tubuh dalammenjalankan hidup sehat, terutama masalah yang dirasakan padapembuluh darah, saluran pernapasan, dan paru-paru. Alasannya, karena komposisi air laut serupa dengan plasma darahyang meliputi vitamin, garam mineral, dan asam amino. Air lautjuga mengandung mikroorganisme yang menghasilkanantibiotik, antimikroba, dan zat anti bakteri aktif.

2. Mampu untuk mempercantik wajah

Garam laut yang dihasilkan dari proses penguapan air lautternyata bisa membuat wajahmu lebih cantik. Tekstur garam lautdapat digunakan sebagai scrub untuk mengeksfoliasi kulitmatiManfaat lainnya adalah bisa mengontrol minyak pada kulitwajah. Kandungan potassium dan belerang mampu mengontrolproduksi sebum berlebih, yang biasanya menyebabkan kulitberjerawat.

3. Dijadikan pupuk pada bidang pertanian

Petani di beberapa daerah di Indonesia memanfaatkan air lautsebagai pupuk anorganik cair untuk menyiram tanaman. Semuasampah, baik organik maupun anorganik, akan hanyut terbuangke lautSelanjutnya, dekomposit fitoplankton membuat air lautkaya akan mineral esensial dengan konsetrasi yang tinggi. Makatak heran, unsur hara yang dikandung air laut bisa diprosesuntuk dijadikan pupuk tanaman, guna membuat tanaman lebihsubur.

4. Digunakan sebagai bahan bakar

Kini air laut dijadikan sebagai energi alternatif yang ramahlingkungan. Prosesnya cukup dengan mengendapkan air lautdalam bak penampungan dan kemudian menyulingnya denganalat penyulingan. Hasilnya berupa minyak sel yang berasal daribiota-biota yang hidup di laut. Teknologi ini digunakan dalamskala industri di Amerika Serikat, sedangkan di Indonesia sendiri masih dalam skala kecil, terutama untuk bahan bakarkapal nelayan dan listrik di rumah masyarakat yang bermukimdi pulau-pulau.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.