Syarat Cara Panduan Liburan Ke Bali Era New Normal Di Masa Pandemi

Fitri Tamara 0

Cara Liburan Ke Bali Era New Normal Di Masa Pandemi

Sudah pusing dan ingin segera traveling ke tempat wisata kelas internasional tapi masih di Indonesia untuk bisa rayakan Natal, Tahun Baru, atau hanya sekadar jalan?

Bali pasti menjadi tempat favorit nomor satu di sini, dan itulah mengapa kami menulis ulasan bagaimana cara liburan ke Bali di era new normal di masa pandemi ini, supaya tetap nyaman, menyenangkan dan berkesan.

Kita akan membahas bagaimana cara ke sana, pas di sana bagaimana, dan ekspektasi apa saja yang perlu kamu punyai sebelum berangkat ke Bali.

Bali sepertinya telah menjadi yang nomor satu mengalami penurunan ekonomi terparah di Indonesia, dan ini karena turis asing masih belum boleh masuk Indonesia, dan banyak orang lokal yang masih belum punya mood untuk jalan- jalan.

Jadi berikut ini adalah yang perlu kamu persiapkan dan caranya untuk bisa jalan ke Bali. Ini akan berlaku bukan hanya saat 2020, tapi juga 2021 ke atas hingga pandemi ini dinyatakan selesai.

 

CARA KE BALI  

Cara ke Bali ada 2 cara yaitu nyebrang menggunakan Ferry atau terbang dengan pesawat. Keduanya ada plus minusnya, tapi banyak orang yang menggunakan jalan darat jadi pasti harus menggunakan ferry untuk menyebrang.

Cara beli tiket ferry secara online? Lebih mudah ketimbang online sih langsung ke ALFAMART, karena tiket ferry hanya dijual oleh alfamart yang kerja sama, tidak bisa beli tiket ferry di indomaret ya. Jadi cara beli tiket ferry secara online tidak dibahas di sini.

Cara ke Bali menggunakan Ferry sedikit berbeda dengan pesawat, perbedaannya adalah pada masa berlaku rapid test.

Di kapal ferry, diperlukan rapid test yang masa berlakunya 14 hari.

Untuk gunakan pesawat, hanya 7 hari.

Bila kamu belum ambil rapid test, silahkan ke lab terdekat, atau untuk praktisnya bisa ke lab kimia farma terdekat untuk ambil rapid test tanpa surat rekomendasi dokter aneh- aneh.

Penyebrangan di Ferry begitu sampai Bali, tentu diperlukan perlengkapan yang berbeda sesuai dengan kendaraan yang kamu bawa:

  • Mobil: sim A, stnk , ktp, surat rapid
  • Motor: sim c, stnk, ktp, surat rapid

Pastikan nama KTP & rapid test sama ya. Diperiksanya ada di 2 gerbang berbeda untuk rapid test dan perlengkapan sim & stnk. Masuk dulu untuk diperiksa sim & stnk, di gerbang berikutnya diperiksa ktp & rapid test.

Untuk dipesawat, kamu bisa pastikan saja kurang dari 7 hari sesuai untuk berlakunya masa surat rapid test untuk bisa masuk ke pesawat yang kamu telah beli.

Harga tiket pesawat sih bermacam- macam, ada yang tiket pesawat citilink menawarkan harganya 2x lipat dibandingkan Air Asia, namun menawarkan free rapid test.

 

TEMPAT MENGINAP DI BALI

Ada bermacam- macam hotel yang bisa kamu ambil penawarannya di Bali, relatif sepi sih banyak sekali hotel di Bali. Yang ramai di Bali adalah sekitar Bali Utara & beberapa hotel di Uluwatu itupun karena penawaran gila mereka promo- promo yang sekarang kebanyakan telah berakhir.

Selain hotel, ada juga Airbnb (villa, rumah orang disewakan) dengan harga yang masih bisa kamu nego bila dikontak secara manual di Airbnb.

Kamu bisa pintar- pintar booking hotel lewat aplikasi traveling favoritmu , banyak sekali hotel di Bali yang tidak menawarkan sarapan pagi karena banyak dari mereka yang mengurangi SDM untuk menghemat operasional.

Karena banyak dari hotel di Bali ini mengurangi tenaga untuk hemat operasional, jadi jangan berharap pelayanan maximal dari mereka ya.

Ada sale hotel hingga 50% bahkan lebih di beberapa tempat. Okupansi hotel pun menurun drastis, walaupun di beberapa hotel sudah mulai terlihat ada pengunjung, namun masih jauh secara keseluruhan bila dibandingkan dengan kondisi Bali dulu.

Mengingat mereka juga masih berusaha bangkit , minimal standard kebersihan & kenyamanan tidak akan terganggu itu saja sudah bagus untuk hotel di Bali di masa ini ya. Apalagi banyak sekali hotel di Bali yang sale, mengurangi harga, memberikan penawaran supaya lebih banyak orang tertarik untuk menginap di hotel mereka.

 

TEMPAT SPOT WISATA & AKTIFITAS DI BALI

Masih banyak tempat spot wisata & aktifitas seperti watersport di Bali yang masih belum buka. Jadi pastikan bila ada beberapa tempat yang mau kamu kunjungi, bisa kontak dulu di Instagram mereka, atau cek nomor hp mereka di halaman website mereka untuk memastikan apakah mereka sedang operasional atau tidak.

Misalnya pada saat artikel ini ditulis, monkey forest di Ubud masih tutup, dan tempat wisata seperti WAterbom Bali sudah buka.

Kapanpun kamu masuk ke tempat wisata di Bali, seperti di banyak tempat lainnya di seluruh Indonesia, kamu akan dicek suhu badan & diminta untuk memakai masker.

 

TEMPAT MAKAN DI BALI & TOKO

Banyak sekali tempat makan & toko di Bali yang masih belum buka, atau tidak akan pernah buka lagi, kita tidak tahu kondisinya.

Banyak promo di resto di Bali, ada yang happy hours, ada yang diskon, ada yang buy 1 get 1, semuanya dibuat untuk menarik orang- orang supaya makan lagi di restoran ketimbang menghemat saat liburan ke Bali.

Namun yang jelas banyak sekali tempat di Bali, di pinggir- pinggir jalan misalnya di sepanjang jalan Legian, masih banyak toko & restoran maupun café yang tutup.

Dulunya untuk membayangkan hal seperti ini akan terjadi di berbagai tempat di Legian ini sedikit tidak mungkin, dan tidak masuk akal untuk terjadi. Di sepanjang Legian dulunya sangat sulit untuk menemukan parkir, orang- orang lalu lalang dan selalu ramai.

Hal ini menjadi kontras untuk melihat perkembangan Bali seperti ini secara keseluruhan.

 

DAERAH RAMAI DI BALI

Bila kamu ingin datang ke daerah di Bali yang relative ramai sekarang, bisa datang ke sekitar Kuta Utara, di daerah khususnya Canggu. Namun begitu, masih juga banyak tempat yang belum buka di Canggu, jadi jangan berharap untuk melihat semuanya normal di Canggu ya.

Daerah kedua yang masih terlihat ramai, walaupun tidak begitu ramai sebenarnya, adalah Seminyak.

Dengan bekal informasi terkini tentang Bali sekarang, kami harap kamu akan bisa menikmati jalan- jalan ke Balimu kali ini ya. Pastikan semuanya lengkap supaya perjalananmu bisa menyenangkan dan mulus, berkesan ya!

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.