Perlengkapan Serta Alat Persiapan Mendaki Gunung Untuk Pemula

Fitri Tamara 0
alat persiapan mendaki gunung

Perlengkapan Serta Alat Persiapan Mendaki Gunung Untuk Pemula. Salah satu kegiatan yang banyak sekali dimInati oleh seseorang yaitu mendaki gunung. Kegiatan ini tak hanya dilakukan oleh kaum anak muda saja, tapi juga dewasa. Namun sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pendakian tentu terdapat beberapa perlengkapan atau peralatan yang perlu Anda persiapkan lebih dulu.

Sehingga pada artikel ini akan kami jelaskan apa saja alat – alat yang perlu Anda siapkan untuk melakukan pendakian gunung. Bagi Anda yang belum pernah tahu tentang hal yang perlu disiapkan, simak uraian alat persiapan mendaki gunung untuk pemula di bawah ini !

alat persiapan mendaki gunung
rappler.com

Apa Saja Alat Persiapan Mendaki Gunung ?

 

  1. Tas Gunung

Untuk perlengkapan pertama yang tidak boleh Anda lupakan yaitu membawa tas gunung. Dengan menggunakan tas gunung tentu hal tersebut akan makin menunjang kenyamanan Anda ketika melakukan pendakian.

Oleh karena itulah, di sini Anda dapat memilih tas gunung yang memang sesuai serta nyaman dengan postur tubuh Anda. Anda juga perlu untuk menyesuaikan tas yang dipakai dengan gunung yang nantinya ingin Anda tuju dan waktu serta pendakian Anda

  1. Jas Hujan dan Jaket

Jas hujan dan jaket juga jangan sampai lupa untuk di bawa. Karena perlu untuk Anda ketahui, di daerah pegunungan tersebut ketika malam menjelang, maka cuaca bisa jadi sangat dingin. Karena itulah, penting untuk Anda membawa jaket. Sedangkan jika Anda melakukan pendakian ketika musim hujan, maka perlu untuk membawa serta jas hujan.

  1. Tenda dan Matras

Hla berikutnya yang juga tak kalah penting untuk Anda bawa yaitu tenda dan juga matras. Dalam hal ini jangan lupa untuk membawa tenda  yang sesuai dengan jumlah anggota yang hendak mendaki gunung.

Utamakan juga untuk memilih tenda dengan ukuran tidak terlalu besar. Karena hal itu hanya akan membuat Anda merasa berat ketika harus membawanya. Selain itu juga setiap pendaki setidaknya harus membawa satu matras. Matras tersebutlah yang  nantinya akan difungsikan untuk tidur atau pun bersantai.

  1. Sandal dan Sepatu Gunung

Perlengkapan selanjutnya yaitu Anda perlu membawa sepatu dan sandal gunung. Dua alas kaki tersebut merupakan salah satu perlengkapan  penting yang juga perlu untuk Anda bawa. Saat sedang berjalan ataupun tracking, maka disini Anda bisa memakai sepatu gunung agar nantinya proses pendakian menjadi lebih aman dan juga nyaman.

Ketika Anda telah sampai di tempat yang nantinya ingin di bangun tenda ataupun di pos peristirahatan, maka Anda bisa mengganti menggunakan sandal gunung.

  1. Perlengkapan Serbaguna

Peralatan serbaguna seperti contohnya korek api, pisau dan lain sebagainya perlu juga untuk Anda bawa. Anda pasti akan memerlukan korek api agar nantinya dapat mudah untuk membuat api unggun ataupun ketika Anda hendak memasak. Selain itu Anda pun juga dapat membawa senter sebagai alat penerangan.

  1. Peralatan Medis

Sementara untuk perlengkapan terakhir yang penting dan jangan sampai lupa yaitu peralatan medis. Bawalah peralatan medis ataupun obat – obat pribadi Anda sebagai tindakan jaga – jaga. Selain itu juga dengan membawa perlengkapan medis tersebut, merupakan tindakan pertolongan pertama ketika Anda ataupun salah satu orang di kelompok Anda tengah berada dalam situasi yang darurat ketika melakukan pendakian.

Tak hanya itu saja, yang mana dengan mendaki Anda juga perlu membawa bidai, deker elastis serta perban sebagai langkah antisipasi jika nantinya sewaktu – waktu terjadi kecelakaan. Karena memang melakukan pendakian ke gunung ada kemungkinan untuk mengalami kecelakaan seperti contohnya terjatuh ataupun terkilir.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com