Ke Bali Syarat Test PCR atau Antigen di 18 Des 2020 hingga 4 Januari 2021

Fitri Tamara 0

Kabar terbaru untuk Anda yang berencana jalan traveling ke Bali lewat jalan darat (laut) maupun udara, ada update terbaru seputar test nya.

Pada periode perjalanan 18 Desember 2020 – 4 Januari 2021, Anda diwajibkan untuk test PCR (udara) maupun antigen (darat/ laut).

Disampaikan oleh gubernur Bali, dan ini dicantumkan di Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 2021 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Tatanan Kehidupan Era Baru di Provinsi Bali.

FAQ:

Saya sudah beli tiket, sudah rapid test untuk perjalanan 20 desember 2020 jauh- jauh hari bahkan sebelum pengumuman 18 desember 2020 ini, apa yang harus saya lakukan bila tetap mau berangkat ke Bali?

2 hal yang bisa Anda lakukan:

  1. lakukan perjalanan sebelum 18 desember dan tidak perlu ikut test PCR atau antigen lagi, atau
  2. tetap berangkat tgl 20 desember 2020 dan lakukan test sesuai dengan perjalanan Anda via laut atau udara ke Bali nya

Jadi surat edaran ini memang agak terlambat, dan bisa dipastikan banyak orang yang telah berencana cukup lama ke Bali jauh hari pun harus sedikit menyesuaikan dan beli ‘test’ lagi dengan harga berbeda ketimbang rapid test kemarin.

HARGA & CARA TEST PCR DAN ANTIGEN

Apa beda test PCR dan antigen untuk covid ini, dan berapa harganya?

  • harga test PCR Rp 900,000.- batas harga atas dari pemerintah
  • harga test antigen Rp350,000.- rata2 di seluruh kota di Indonesia kurang lebihnya

Beda cara test PCR & Antigen?

Caranya sama- sama ambil cairan dari pangkal hidung & tenggorokan (swab), yang membedakan hanyalah secara teknis si test antigen mendeteksi permukaan/ protein di permukaan virus, sedangkan PCR mendeteksi lebih detil ke keberadaan virusnya.

Ini dilakukan untuk menekan angka traveler masuk ke Bali, ada orang yang tidak suka melakukan test seperti ini, dan ada juga yang tidak suka membayar test yang lebih mahal seperti ini.

Jadi untuk ke Bali pada periode ini, Anda harus dideteksi negatif covid19 untuk bisa melakukan penyebrangan ke Bali ya di periode akhir 2020 & awal 2021 ini.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.