Tips Merebus Telur Agar Mudah Dikupas

Fitri Tamara 0

Tips Merebus Telur Agar Mudah Dikupas
Faktanya telur rebus tidak mudah dikupas, jika Anda membayangkan jika telur rebus bisa dikupas tanpa harus merusak bentuknya, Anda salah besar. Perlu diketahui bahwa ternyata banyak sekali orang yang kesulitan mengupas telur rebus dengan baik.

Karena itu pula banyak telur rebus yang rusak dan tidak memiliki bentuk bulat utuh. Anda perlu mengikuti tips yang tidak begitu sulit dilakukan agar telur rebus tetap bulat utuh. Agar mendapat hasil yang sempurna di satu butir telur rebus, maka Anda perlu melakukan trik sederhana saat merebusnya.

Apabila telur telah matang, Anda juga perlu mengikuti berbagai macam langkah agar telur dapat dikupas dengan mudah dan mendapat hasil yang sempurna dan utuh.

Anda dapat mengupas telur rebus dan menjamin bentuknya tetap utuh dan tidak rusah dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini. Berikut adalah cara-cara merebus telur agar mudah dikupas, di antaranya :

onceuponachef.com

Apa saja tips yang bisa dilakukan untuk merebus telur agar mudah dikupas?

1. Tips pertama yang perlu dilakukan yaitu letakkan telur yang akan Anda rebus di dalam lapisan panci yang berisi air dingin, tutup panci tersebut lalu berilah sedikit lubang agar uap dari panci tetap keluar.

2. Langkah selanjutnya yaitu nyalakan api sedang, biarkan air dalam panci tersebut mendidih perlahan. Merebus telur yang baik adalah dengan merendamnya di air yang dingin, bukan mencemplungkan ke dalam air panas mendidih.

Jika suhu air dimulai dari air dingin yang suhunya meningkat sedikit demi sedikit maka hal ini akan membuat telur matang. Cara ini akan membantu menjaga telur agar tidak retak.

3. Langkah selanjutnya adalah menambahkan satu sendok makan cuka ke dalam air tersebut. Hal ini dilakukan agar putih telur tetap utuh dan tidak sampai habis, jika ternyata cangkang telur retak saat memasak. Anda juga dapat mengurangi cuka jika takut cuka tersebut akan mempengaruhi rasa telur.

4. Jika anda tidak memiliki cuka di rumah, maka Anda dapat mengganti cuka tersebut dengan setengah sendok teh garam. Garam dapur dapat menjaga cangkang telur tidak retak dan akan membuat cangkang telur lebih mudah dikupas.

5. Jika telur yang Anda rebus telah matang, selanjutnya Anda dapat mengurangi panas sedikit demi sedikit, sehingga temperatur telur tetap terjaga. Biarkan airnya dingin dalam kurun waktu kurang lebih dari 10- 15 menit.

Dari langkah satu hingga lima merupakan salah satu faktor yang amat penting untuk mengupas telur agar tidak rusak nantinya. Anda dapat melanjutkan tahap selanjutnya yaitu ketika mengupas telur.

6. Setelah proses merebus telur telah selesai dilaukan, lalu Anda dapat mengupas telur. Telur yang Anda kupas tentunya tidak akan sulit lagi.

7. Masukkan telur tersebut ke dalam air dingin, dan biarkan hingga cangkang telur benar – benar dingin. Kemudian tambahkan beberapa butir es batu agar telur lebih mudah dikupas dalam keadaan dingin.

8. Anda dapat menyimpan telur yang sudah dikupas tersebut di dalam wadah tertutup baik. Usia telur rebus yang telah matang dapat bertahan setidaknya lima hari dalam lemari es, pastikan wadah yang menjadi tempat telur itu bersih. Pastikan juga telur yang disimpan dalam wadah tersebut tertutup sehingga tidak terkontaminasi bakteri apapun.

Nah itu tadi beberapa sedikit ulasan mengenai tips merebus telur. Semoga bermanfaat.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com