Tips Membeli Laptop Bekas Agar Mendapatkan yang Berkualitas

Fitri Tamara 0

Tips Membeli Laptop Bekas. Bisa dibilang laptop telah menggantikan peran komputer sebagai keperluan pekerjaan, baik itu pekerjaan kantor maupun sekolah. Karena laptop ini mudah dibawa kemana – mana dengan kemampuan yang dapat menandingi komputer.

Belakangan ini banyak perusahaan – perusahaan telekomunikasi yang mengeluarkan produk laptop terbaru mereka dengan spesifikasi yang sangat mengagumkan. Tentu dengan spesifikasi yang super, untuk mendapatkan laptop tersebut Anda perlu merogoh kantong yang dalam – dalam.

Sebagai jalan keluarnya, jika menginginkan laptop dengan harga miring tetapi spesifikasi masih cukup mumpuni, Anda dapat mendapatkannya dengan membeli laptop bekas. Namun sebelum Anda memutuskan membeli laptop bekas. Tips – tips berikut ini dapat Anda lakukan sebelum melakukan transaksi untuk membeli laptop, antara lain yaitu :

Apa Saja Tips  yang Dapat Dilakukan dalam Membeli Laptop Bekas ?

bukalapak.com

 

  1. Pilih Penjual yang Terpercaya dan Responsif

Ketika Anda membeli laptop secara online, maka pastikan bahwa toko yang Anda tuju memiliki riwayat transaksi yang bagus caranya yaitu dengan melihat jumlah bintang yang didapatkan dan testimoni atau komentar yang diterima toko online.

  1. Cek Spesifikasi Laptop dan Harganya

Tentu spesifikasi yang cukup untuk mendukung kegiatan sehari – hari adalah hal yang paling mendasar yang harus dipenuhi. Untuk itu, pilih penjual yang menuliskan spesifikasi laptop dengan jelas dan detil.

Lalu jika Anda telah mengetahui spesifikasinya, selanjutnya Anda dapat membandingkan laptop tersebut di toko lain dengan spesifikasi yang sama. Anda perlu melakukan banding agar mendatkan harga terbaik ketika membelinya nanti.

  1. Pastikan Kelengkapan Aksesoris Laptop

Kelengkapan aksesoris yang dimaksud disini ialah apakah pembelian termasuk charger laptop, tas, dan sebagainya. Terkadang tersedia juga bonus seperti mouse, mouse pad, cooling pad, atau aplikasi dan hal – hal lain yang sering digunakan oleh pengguna laptop yang pada umumnya.

  1. Periksa Kondisi Baterai

Pastikan kondisi baterai laptop incaran Anda masih dalam keadaan baik. Ciri – ciri baterai yang masih bagus kondisinya adalah masa pemakaian yang dapat bertahan selama 2-4 jam dari prosentase baterai 100% hingga low battery.

Harga yang dibutuhkan untuk mengganti baterai laptop cukup mahal. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda memilih laptop dengan baterai yang kondisinya masih bagus dan awet.

  1. Cek Kondisi Keyboard dan Touchpad

Selain baterai, tipa lain yang perlu Anda lakukan yaitu cek kondisi keyboard dan touchpad laptop. Sementara untuk memastikan keyboard masih bagus, Anda perlu cek keyboard dengan memencetnya satu per satu.

Lalu untuk touchpad, Anda dapat melakukan pengecekan dengan menggosokkan jari Anda pada touchpad, apakah masih responsiv dan masih memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi atau tidak. Pastikan tidak ada delay saat Anda menyentuhnya dengan pergerakan mouse di layar.

  1. Speaker Masih Bersuara dengan Baik

Cek juga kondisi speaker calon laptop Anda dengan memutar musik atau video. Putar musik yang nge-bass, dengarkan dan rasakan apakah speaker masih enak didengarkan atau tidak.

  1. Cek Fitur-Fitur Lainnya

Fitur – fitur lain seperti wifi, bluetooth, dan fitur lainnya perlu Anda cek juga. Dengan adanya fitur – fitur tersebut pasti akan memudahkan Anda dalam melakukan pekerjaan Anda sehari-hari, baik itu pekerjaan kantor maupun pekerjaan sekolah dan kuliah.

Selain itu, port-port usb, HDMI, projektor, dan colokan lainnya juga menjadi hal yang harus Anda perhatikan. Karena ketika Anda akan melakukan presentasi tentu membutuhkan port-port tersebut.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com