Tips dan Trik Memperpanjang Usia Laptop

Fitri Tamara 0

Ingin ganti laptop tapi belup ada dana? Laptop terasa sangat lemot? Berikut beberapa tips untuk memperpanjang dan meningkatkan performa laptop anda. Tips ini sudah sering saya coba sendiri dan terbukti dapat memperpanjang usia laptop selama 2 hingga 4 tahun.

Mungkin sebagian dari anda berpikir bahwa laptop lemot dikarenakan oleh faktor usia yang sudah tua. Tetapi penyebab ‘lemot’-nya laptop disebabkan oleh aplikasi yang terlalu banyak dan tidak terpakai. Beberapa komponen dari laptop juga masih bisa di upgrade guna meningkatkan performa.

Terlalu banyak aplikasi apalagi tidak terpakai berdampak pada memori yang terbuang sia-sia. Tips pertama yaitu menghemat ruang penyimpanan adalah dengan mengurangi aplikasi yang tidak terpakai. Untuk pengguna Windows anda hanya perlu klik logo Windows lalu ketik ‘Add or Remove Programs’.

Akan ditemukan list aplikasi yang terinstal pada laptop kita dan anda bisa melakukan proses uninstall pada aplikasi yang sekiranya tidak terpakai. Untuk pengguna Mac, anda hanya perlu download aplikasi Clean My Mac untuk lebih mudahnya.

Selain menghapus aplikasi, tips kedua untuk dapat meningkatkan performa laptop yaitu mengganti penyimpanan pada laptop.

Apabila laptop anda masih menggunakan Hard Disk Drive (HDD), anda perlu menggantinya dengan menggunakan SSD. Harga SSD dipasaran saat ini tergolong sangat murah dan berasal dari perusahaan ternama seperti Samsung, Seagate, Adata dan lainnya.

Harganya pun juga variatif tergantung brand dan juga memori yang ditawarkan, sehingga dapat menyesuaikan budget anda.

Jika anda takut untuk membongkar laptop sendiri, anda hanya perlu membawa laptop saat membeli SSD dan meminta untuk dipasangkan. Hard Disk yang digantikan juga masih bisa anda gunakan sebagai ruang penyimpanan tambahan dengan cara membeli connector ‘SATA to USB’ yang banyak dijual ditoko komputer.

Tips ketiga yaitu dengan menambah jumlah RAM pada laptop.

Tips ketiga ini mungkin bisa dilakukan pada sebagian laptop saja, karena beberapa laptop terbaru dan laptop jenis ultrabook biasanya memiliki RAM yang telah terintegrasi pada Motherboard sehingga tidak dapat ditambah.

Untuk menambah jumlah RAM anda harus memperhatikan spesifikasi yang tepat, dan saran saya lihat pada website dari manufaktur laptop anda untuk mengetahui jenis RAM dan kapasitas maksimalnya.

Selain itu coba cek reset epson L220 untuk companion laptop pasti ada printer untuk cetak segala keperluan artikel, gambar, dan hasil kerja Anda, supaya mulus pengerjaannya. Epson masih merupakan printer terbaik paling banyak dipakai.

Ketiga Tips diatas dapat membantu meningkatkan performa laptop dan juga memperpanjang usia laptop yang anda gunakan.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.