Tips Belajar dari Rumah Agar Efektif, Menyenangkan dan Tidak Bosan

Fitri Tamara 0

Tips Belajar dari Rumah Agar Efektif. Situasi yang belum juga pulih ditengah pandemi virus corona ini banyak aktivitas yang terkendala. Pada akhirnya semua dilakukan dirumah, salah satunya yaitu sekolah atau perguruan tinggi yang melakukan pembelajaran secara online / daring.

Tapi aktivitas semacam ini tidaklah mudah untuk dilakukan. Karena dalam hal ini harus ada tekad yang kuat serta pola pikir yang positif agar bisa membentuk kebiasaan belajar secara efektif.

Agar anda tidak kebingungan dalam melakukan pembelajaran secara daring, maka anda bisa menyimak berikut ini mengenai beberapa tips belajar dari rumah secara efektif, antara lain yaitu :

Apa Saja Tips Belajar dari Rumah Agar Efektif ?

 

  1. Mempunyai Pola Pikir Positif

Dengan menerapkan pembelajaran secara positif maka dapat membuka pikiran anda untuk lebih rajin lagi dalam belajar, dibandingkan anda belajar sambil terganggu dengan adanya masalah pribadi serta rasa khawatir yang lainnya.

Hal ini juga dapat membantu anda apabila anda tidak membanding – bandingkan diri anda dengan orang lain, yang bisa berdampak negatif dengan pembelajaran yang sedang anda jalani.

Maka dari itu, dengan pikiran yang positif sangat penting sekali ketika anda sedang belajar terutama belajar secara daring, supaya apa yang dibaca dan diserap ke otak bisa masuk dengan baik.

  1. Membuat Catatan Penting

Ketika guru atau dosen sedang menjelaskan materi, maka anda dapat menulis poin-poin penting supaya nanti dapat dipelajari kembali. Catatan tersebut nantinya juga bisa berfungsi dan berguna ketika ujian tiba. Harus  diingat,  bahwa anda juga perlu mempersiapkan dengan tepat yaitu memeriksa jadwal sekolah / kuliah dan membaca materi – materi yang terjamin relevan.

  1. Mencari Tempat Belajar yang Kondusif

Sementara untuk mencari tempat belajar yang kondusif di rumah memang tidaklah mudah, banyak sekali godaannya. Anda akan kesulitan untuk menghindari saudara atau orang tua yang mungkin bisa saja sedang menonton televisi atau sekedar mendengarkan musik dengan volume kencang.

Hal tersebut memang sangat menggangu sekali saat belajar. Atau hal lain yang mengganggu saat belajar secara daring yaitu saat anda tidak bisa menahan diri untuk membuka media sosial seperti Facebook, Instagram, dan lain sebagainya. Sehingga anda lebih banyak teralihkan oleh hal-hal yang menyenangkan daripada untuk belajar.

Agar dapat mengatasi masalah tersebut, anda harus menetapkan tempat di  rumah yang bisa membuat anda lebih konsentrasi dan tidak teralihkan. Contohnya yaitu di dalam kamar atau di teras rumah.

  1. Tentukan Durasi Waktu untuk Belajar

Mungkin anda akan kesulitan untuk meninggalkan tugas yang belum selesai. Dengan belajar secara daring, sangat mudah mendorong anda untuk menyelesaikan semuanya dalam satu waktu, hal tersebut dapat membuat anda kehabisan tenaga.

Mulai saat ini anda perlu memberi durasi waktu belajar anda, yaitu dengan membuat rencana atau dengan mengatur jadwal belajar. Dan sebisa mungkin anda harus mematuhi aturan belajar 8 jam dalam sehari. Jangan sampai anda belajar secara berlebihan misalnya lebih dari 10 jam. Karena otak anda juga butuh istirahat.

  1. Membuat Grup Obrolan di Media Sosial

Anda perlu membuat grup dengan teman-teman anda. Hal tersebut akan mendorong anda dalam mendiskusikan pelajaran, meninjau catatan yang belum lengkap, dan memberikan tanggapan pada materi yang dipelajari. Jadi membuat grup obrolan bersama teman-teman sekelas anda akan banyak manfaatnya dalam aktivitas belajar dari rumah.

 

 

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com