Tips Agar Anak Cepat Berjalan dan Berani Jalan Sendiri

Fitri Tamara 0

Tips Agar Anak Cepat Berjalan dan Berani Jalan Sendiri. Ketika anak sudah mulai belajar melangkah atau berjalan, maka ibu harus membantunya agar tetap bersemangat. Ibu tidak boleh membatasi pergerakan si kecil.  Apabila dibatasi maka semangat anak untuk berjalan bisa kendur.

Oleh sebab itu, sebaiknya Ibu harus mulai menyimpan kereta dorong maupun baby walker. Ibu harus membiarkan akan untuk tetap berjalan dengan kakai dan tangannya sendiri. Lalu, apa yang harus ibu lakukan ketika anak sudah mulai belajar melangkah atau berjalan?  Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar anak cepat berjalan diantaranya meliputi :

Apa Saja Tips yang Bisa Dilakukan Agar Anak Cepat Berjalan ?

 

  1. Menitah Anak dengan Menggenggam Tangannnya

Ibu bisa membantu anak berjalan dengan memegang kedua tangannya. Cara seperti ini disebut menitah. Hal ini bisa dilakukan dengan tujuan agar anak tidak tersungkur dan terus tetap mencoba untuk melangkah atau berjalan.

Ibu bisa memegang lengan anak dengan posisi yang agak tinggi agar tubuh anak bisa tetap tegak. Usahakan untuk tidak mengangkat tangan atau pun badannya. Kaki anak harus tetap menapak penuh di atas lantai atau tanah.

  1. Anak Harus Dibiarkan Bertelanjang Akaki Selama Latihan Berjalan

Ketika anak sedang dalam tahap berjalan, maka ibu tidak perlu memakaikan anak sepatu atau alas kaki. Ibu harus membiarkan anak bertelanjang kaki. Namun, ibu juga harus memperhatikan medan yang akan dilalui anak ketika sedang belajar berjalan. Maka dari itu,  ibu sebaiknya memastikan lantai atau pun tanah dalam keadaan yang aman.

Bertelanjang kaki sangat baik untuk anak yang sedang belajar berjalan karena bisa mengutkan otot kaki dan juga pergelangan kaki. Dengan melakukan hal tersebut, anak akan lebih cepat untuk belajar keseimabngan serta koordinasi.

  1. Mengajak Teman Sebaya Anak untuk Latihan Berjalan Bersama
whattoexpect.com

Anak yang sedang latihan berjalan sebaiknya dicarikan teman untuk latihan berjalan bersama. Hal tersebut untuk menambah semangat anak. Dengan adanya teman maka nanti akan timbul suatu kompetisi antar anak, sehingga mereka bisa belajar satu sama lain. Intinya, dengan adanya teman maka semangat anak untuk belajar berjalan akan membara.

  1. Memberi Mainan Dorong

Ibu juga bisa membelikan mainan dorong untuk anak. Mainan dorong ini sangat bagus untuk latihan berjalan anak. Ibu bisa mencarikan mainan dorong yang kokoh dan memiliki pegangan yang bisa dijadikan tumpuan anak.

Selain itu, si Ibu juga harus memastikan mainan dorong tersebut memiliki bobot yang cukup dan juga alas yang kesat. Dengan begitu, anak bisa latihan berjalan sambil mendorong tanpa khawatir tergeincir. Mainan dorong sangat bagus untuk melatih keseimbangan dan juga untuk melatih percaya diri.

  1. Mengajak Anak Pergi Berenang

Selain beberapa tips yang bisa dilakukan oleh ibu, ternyata juga bisa mengajak anak pergi berenang agar anak lebih aktif menggunakan kakinya. Kegiatan berenang bisa memperkuat dan melatih otot-otot kaki anak.

Ibu juga bisa mengajari anak menendang di dalam air. Dalam kegiatan berenangan, ibu harus selalu mengawasi anak. Jangan sampai hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Apabila kolam dangkal, maka kita bisa mengajak anak untuk berjalan di dalam air. Hal itu bisa membuat otot kaki anak semakin kuat.

Itulah beberapa tips agar anak cepat berjalan. Ibu harus rajin menerapkan tips-tips tersebut supaya anak bisa cepat berjalan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com