Rumus Excel Paling Lengkap beserta Fungsinya Untuk Pemula Sampai Mahir

Fitri Tamara 0

Rumus excel lengkap beserta fungsinya untuk pemula sampai mahir, menampilkan kumpulan rumus excel yang paling sering digunakan dimana saja, di dunia perkuliahan, sekola sampai di dunia kerja. Khususnya di dunia kerja, juga sudah merupakan kewajiban agar pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik, cepat dan tepat.

Aplikasi Microsoft Excel Spreadsheet

Excel merupakan produk software dari Microsoft Office dan sudah familiar digunakan untuk berbagai operasi kegiatan serta aktifitas sehari-hari. Dalam penggunaannya ada beberapa rumus yang penting untuk diketahui , agar pekerjaan bisa semakin cepat dikerjakan, sehingga sudah bisa menjadi kewajiban untuk diketahui serta diaplikasikan.

Microsoft Excel sendiri tersaji sebagai software spreadsheet paling ramah untuk digunakan, paling user friendly, sehingga tak heran merupakan aplikasi kerja yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Ini juga karena apikasinya mampu dioperasikan untuk berbagai keperluan pada berbagai jenis pekerjaan, seperti pekerjaan administrasi kantor, keuangan dan akuntansi, statistika, di kampus, keperluan riset maupun penelitian sampai pada bidang industri.

Aplikasi excel berbentuk spreadsheet atau lembar kerja bergaris, dengan fitur kalkulasi, sort data, pengolahan berbagai operasi sampai ke pembuatan grafik. Progyang ram aplikasi ini bisa digunakan pada banyak platform komputer atau PC basis Windows atau Mac OS yang menggunakan Macintosh.

Berbagai Fungsi Microsoft Excel

Banyak kegunaan serta Fungsi Microsoft untuk keperluan sehari-hari. Fungsi utamanya sendiri adalah sebagai software pengolah angka dan data. Berikut ini akan kami jelaskan kegunaannya yang sangat bermanfaat untuk keperluan sehari-hari yaitu:

  1. Buat, edit, urut analisis serta ringkasan data
  2. Aplikasi penghitungan aritmatika serta statistik
  3. Penyelesaian soal-soal logika serta matematika
  4. Pembuatant berbagai macam grafik serta diagram.
  5. Pembuatan catatan keuangan, anggaran dan penyusunan laporan keuangan.
  6. Penghitungan pengelolaan investasi, pinjaman, pembelian, penjualan, inventaris
  7. Analisa maupun riset harga.
  8. Pembuatan daftar hadir maupun daftar nilai dari sekolah sampai universitas.
  9. Keperluan konversi mata uang.
  10. Penghitungan serta pengolahan hasil sebuah penelitian.
  11. masih banyak lagi yang lainnya

Itulah beberapa fungsi serta kegunaan dari Microsoft Excel baik untuk dunia kerja, pendidikan, industri serta berbagai kegunaan di bidang-bidang lainnya. Khusus untuk aplikasi pengerjaannya, seperti yang sudah diinformasikan diatas, akan lebih praktis bila kita mengetahui rumus-rumus excel, sehingga pengolahan data bisa dilakukan secara cepat dan praktis.

Mengenal lebih jauh tentang Rumus Excel

Rumus Excel bisa dijelaskan sebagai persamaan matematika dalam bentuk rumus dengan menggunakan fungsi-fungsi yang ada dalam software excel berupa referensi di sel maupun range. Hal tersebut berfungsi untuk mengolah data serta menghitung nilai sampai akhirnya mendapatkan hasil akhir sesuai fungsi dari Microsoft Excel.

Pada bahasan kali akan membahas rumus excel lengkap beserta fungsinya, kami akan menyajikan seringkas mungkin serta paling mudah dipahami agar mudah mencoba serta menggunakannya. Dengan menerapkannya dalam aktifitas pengolahan data maka perkerjaan menjadi lebih mudah dan sangat bisa meangkas waktu bila dibandingkan dengan tidak menggunakan rumus atau manual.

noobie.com

Rumus excel lengkap beserta fungsinya sebagai berikut

1. SUM

Fungsi rumus excel ini termasuk yang paling sering digunakan. Rumus excel SUM berfungsi utama untuk menjumlahkan dari banyak data-data atau angka yang ada.

Cara umumnya, bisa menggunakan operasi plus (+) atau simbol tambah (bila secara manual), namun bisa menggunakan fungsi SUM dengan menjumlahkan angka pada cell tertentu atau range yang telah dttentukan.

Contohnya, bila ingin menjumlah angka-angka pada cell C2 sampai cell C7, maka penggunaan rumus excel SUM nya sebagai berikut:

  • =C2+C3+C4+C5+C6+C7
  • SUM(D2:D7)

Sedangkan untuk operasi pengurangan, perkalian, dan pembagian bisa menggunakan operasi sebagai berikut:

Pengurangan (menggunakan operator (-)): =C2-D2
Perkalian (menggunakan operator (*): =C2*D2
Pembagian (menggunakan operator (/)): =C2/D2

 

2. AVERAGE

Fungsi Rumus Excel Average ini juga paling sering digunakan, mempunyai kegunaan untuk mencari nilai rata-rata dari variabel-variabel yang ditentukan.

Berikut ini penggunaan rumus average:

  • Rumus Average: =AVERAGE(number1:number2)
  • Contoh: =AVERAGE(L3:L6)

 

3. MIN

Fungsi rumus excel MIN digunakan untuk mencari nilai angka yang paling rendah dari deretan data atau kumpulan data.

Berikut ini penggunaan rumus MIN :

  • Rumus Min: =MIN(number1:number2)
  • Contoh: =MIN(L3:L6)

 

4. MAX

Fungsi rumus excel MAX merupakan kebalikan dari MIN, berguna untuk mencari nilai tertinggi, dari barisan atau deretan angka, atau kumpulan dari data-data.

Berikut ini penggunaan rumus MAX :

  • Rumus MAX: =MAX(number1:number2)
  • Contoh: =MAX(L3:L6)

 

5. IF

Fungsi rumus excel IF ini, juga sangat sering digunakan, berfungsi membantu guna mengembalikan sebuah nilai, apabila kondisi yang dicek BENAR / SALAH, serta mengembalikan nilai lainnya, apabila kondisi yang dicek SALAH/FALSE.

Intinya adalah untuk meletakkan beberapa IF sesuai kebutuhan. Agar lebih jelas bisa langsung menyimak contoh berikut ini agar lebih mudah dimengerti.

  • Rumus IF: =IF(logical_test,[value_if_true],[_if_false]
  • Contoh: =IF(2<3,”Benar”,”Salah”)> “Benar” =IF(2>3,”Benar”,”Salah”)> “Salah”

 

6. COUNT

Fungsi Rumus Excel COUNT ini pada penerapannya mirip dengan operasi penggunaan rumus SUM, dimana bisa menghitung jumlah cell atau kumpulan data yang berisi angka.

Berikut ini contoh penggunaannya:

  • Rumus COUNT: =COUNT(value1,[value2],..]
  • Contoh: =COUNT(a1:a10)

 

7. COUNTIF

Fungsi Rumus Excel COUNTIF ini hampir sama dengan rumus COUNT, berguna untuk menghitung jumlah cell, pada suatu range tertentu dengan satu kriteria tertentu.

  • Rumus COUNTIF: =COUNTIF(range,criteria)
  • Contoh : =COUNTIF(a1:a10,”A”)

 

8. SUMIF

Fungsi Rumus Excel SUMIF hampir dengan rumus SUM, namun rumus SUMIF ini berfungsi untuk menjumlahkan suatu item di tabel, yang cocok dengan kondisi tertentu.

  • Rumus SUMIF: =SUMIF(range, criteria, [sum_range])
  • Contoh : =SUMIF(C2:C16,”>100000″)

 

9. CONCATENATE

Fungsi Rumus Excel CONCATENATE berfungsi untuk menggabungkan beberapa nilai, pada cell atau kumpulan data dengan beberapa modifikasi kata.

  • Rumus Concatenate: =CONCATENATE(text1;text2;…)
  • Contoh: = CONCATENATE( Pembaca ;K6; Jumlahnya ;L6)

 

10. LEFT

Fungsi Rumus Excel LEFT digunakan untuk mengambil beberapa karakter, dalam sebuah kata ataupun angka, dari urutan sebelah kiri.

  • Rumus Left: =LEFT(cell yang mau diambil;jumlah karakter yang ingin ditampilkan)
  • Contoh: =LEFT(B25;5)

 

11. RIGHT

Seperti juga fungsi rumus Excel LEFT, untuk mengambil karakter yang diinginkan, namun untuk fungsi RIGHT mengambil karakter baik huruf maupun angka dari sebelah kanan.

  • Rumus Right: =RIGHT(cell yang mau diambil;jumlah karakter yang ingin ditampilkan)
  • Contoh: =RIGHT(B25;5)

 

12. MID

Fungsi Rumus Excel MID , mempunyai fungsi hampir sama dengan LEFT dan RIGHT, namun untuk MID ini berguna mengambil karakter yang diinginkan dari tengah-tengah.

  • Rumus MID: =MID(cell yang mau diambil;jumlah karakter yang ingin ditampilkan)
  • Contoh: =MID(B25;5)

 

13. REPT

Fungsi Rumus Excel REPT berfungsi untuk menghitung, mengulang beberapa huruf, angka atau karakter tertentu. Ini berlaku untuk satu deret atau beberapa deret dengan angka pengulangan yang kita bisa tentukan sendiri

  • Rumus Rept: =REPT( | ;berapa banyak pengulangan)
  • Contoh: =REPT( | ;(B25/$B$30)*100)

 

14. DATE

Fungsi Rumus Excel DATE digunakan bila ingin menambahkan tanggal pada file data. Berikut ini contoh penggunaannya

  • Rumus Date: =DATE(year;month;day)
  • Contoh: =DATE(2019;2;1)

 

15. YEAR

Fungsi Rumus Excel YEAR digunakan bila ingin menambahkan tahun pada file data. Berikut ini contoh penggunaannya

  • Rumus Year: =YEAR(cell yang ingin diambil datanya)
  • Contoh: =YEAR(B3)

 

16. MONTH

Fungsi Rumus Excel MONTH digunakan bila ingin menambahkan bulan pada file data. Berikut ini contoh penggunaannya

  • Rumus Month: =MONTH(cell yang ingin diambil datanya)
  • Contoh: =MONTH(B3)

 

17. DAY

Fungsi Rumus Excel DAY digunakan bila ingin menambahkan hari pada file data. Berikut ini contoh penggunaannya

  • Rumus DAY: =DAY(cell yang ingin diambil datanya)
  • Contoh: =DAY(B3)

 

Demikianlah kami rangkumkan Rumus excel lengkap beserta fungsinya untuk pemula sampai mahir yang biasa digunakan pada dunia kerja serta untuk kepentingan lainnya. Pastikan kamu menguasai dengan lancar agar kamu bisa menampilkan keahlian kamu secara mumpuni, untuk pekerjaan sehari-hari, atau bila kamu sedang ingin melamar pekerjaan.

Untuk lebih mudah memahami, selain belajar dengan membaca, langsung praktekkan di depan komputur atau laptop, sehingga kita bisa langsung merasakan serta mengerti penggunaannya dalam aplikasi Microsoft Excel.

Jika sering belajar dan dipraktekkan secara langsung, maka diharapkan bisa terlatih, dan akhirnya mahir menggunakannya, sehingga performa kamu bisa bagus sehingga mendapatkan apresiasi positif dari atasan ataupun teman, rekan kerja sekantor. Dengan begitu kamu sudah bisa menguasai dan mahir menggunakan rumus excel lengkap.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com