Melatih Disiplin Usia Dini Mudah dengan Beberapa Cara Berikut Ini

Romine Sofri 0
Melatih Disiplin Usia Dini Mudah dengan Beberapa Cara Berikut Ini

Melatih disiplin usia dini nyatanya memang menjadi suatu hal yang perlu untuk diajarkan sejak usia dini. Disiplin merupakan suatu sikap baik yang harus ada pada setiap individu. Banyak sekali keluh kesah orangtua yang mengatakan “anak saya tidak mengikuti instruksi dari saya, gimana ya solusinya”?.

Perlu anda catat, apabila hal tersebut bisa terwujud pada anak, anda perlu menerapkan dan membutuhkan sebuah kedisiplinan atau bisa juga pengendalian diri. Pasalnya, anak-anak muda itu sangatlah impulsif.

Melatih Disiplin Usia Dini Mudah dengan Beberapa Cara Berikut Ini
blibli.com

Beberapa Cara untuk Melatih Disiplin Usia Dini yang Harus Anda Ketahui

Karena sikap disiplin itu merupakan sebuah aset penting dan luar biasa untuk menjalani kehidupan, maka pengajaran sejak usianya masih belia itu menjadi hal yang sangat baik. Karena sejak kecil sudah kita biasakan, maka saat usianya beranjak dewasa dia sudah akan mulai terbiasa. Lalu bagaimana cara melatih disiplin usia dini?

Ajarkan Anak untuk Datang Ketika Ada yang Memanggil

Mengenai hal ini merupakan hal yang sangat biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sayangnya banyak anak yang masih belum peka saat ia dipanggil orang-orang sekitar. Nah, perlu sekali untuk para orang tua mengajarkan kepada anaknya supaya memberikan pengarahan ketika saat dipanggil langsung segera menuju ke sumber suara.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi juga mengajarkan mereka untuk datang dan mendekat saat berdialog dengan orangtua. Hal tersebut juga akan membantu anda dalam melatih disiplin usia dini.

Mengajarkan Kepada Anak untuk Merespon Secara Positif

Kebanyakan anak itu tidak suka ketika diingatkan. Apalagi jika anda sebagai orang tua menanggapinya dengan agresif (kemarahan) atau sikap yang buruk. Hal tersebut bukan menjadikan anak semakin baik namun semakin lama justru malah memberontak.

Nah, mengenai hal ini, maka untuk anda bisa melatih disiplin usia dini dengan cara mengajarkan mereka untuk memberikan respon dengan menggunakan sikap baik juga perilaku yang tepat.

Memberikan Support untuk Mengambil Kegiatan yang Membangun Disiplin

Bagi anda yang anaknya tertarik untuk privat bidang olahraga, bahasa asing dan hal-hal positif lainnya yang dapat membangun sikap disiplin, biarkan dan berilah ia support terbaik versi diri anda sendiri. Hal tersebut juga menjadi hal yang baik bagi anda untuk bisa melatih disiplin dini dalam lingkup keluarga.

Memberi Imbalan yang Edukatif

Perlu anda ketahui, apabila anda hendak memberikan imbalan kepada si buah hati, alangkah lebih baiknya jika imbalan tersebut mempunyai nilai edukatif. Hal ini juga akan membantu anda untuk melatih disiplin usia dini pada anak anda.

Misalnya begini ‘hallo sayang, sudah hebat ya bisa bangun pagi’. Hal tersebut meskipun terlihat sepele, namun dapat mewujudkan sikap disiplin yang baik pada buah hati.

Mengajarkan untuk Tidur Tepat Waktu

Hal ini berkaca pada sebuah kehidupan anak yang pola tidurnya tidak begitu diperhatikan. Padahal dengan kita mengajarkan anak-anak untuk tidur tepat pada waktunya, itu sama saja anda melatih disiplin.

Dengan mengajarkan tidur tepat waktu, maka saat bangun pagi pun juga akan tepat pada waktunya. Sehingga persiapan untuk pergi ke sekolah pun maksimal. Jika hal tersebut sudah terjadi secara rutin, anda pun bisa memberikan reward kepada mereka. Misalnya memilih pakaian atau hal-hal yang mereka butuhkan.

Nah, beberapa penjelasan tersebut bisa anda praktikkan untuk melatih disiplin usia dini pada anak-anak anda. Selamat mencoba ayah dan bunda. Semoga sukses ya.

Tags: