Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Saat Berpuasa Ramadhan 2021

Fitri Tamara 0

Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Saat Berpuasa Ramadhan 2021 – Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang, dimana aktivitas ini biasanya dilakukan pada pagi hari, siang, maupun sore hari. Mengapa harus berolahraga? Sebab, dengan berolahraga sistem kekebalan tubuh kita akan meningkat.

Apalagi disaat menjalankan bulan puasa dibulan Ramadhan, tentu tubuh kita menjadi lemas dan tak berdaya akibat menahan haus dan lapar. Namun perlu diketahui bahwa melakukan olahraga saat berpuasa juga memberikan dampak baik.

Karena, ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh jika berolahraga pada saat menjalankan ibadah puasa. Adapun manfaat tersebut sebagai berikut :

1. Menjaga Tubuh Tetap Segar
Manfaat pertama yang bisa diperoleh dengan melakukan olahraga saat berpuasa yaitu menjaga tubuh tetap segar. Karena, dengan berpuasa bukanlah suatu alasan bagi Anda untuk tampil lesu di siang hari.

Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut, lakukanlah aktivitas olahraga yang ringan hingga mengeluarkan keringat. Dengan berkeringat Anda dapat merasakan pelepasan endorfin yang dapat memicu perasaan bahagia. Sehingga tubuh Anda akan tetap sehat dan segar.

canterbury.ac.nz

Jadi bagi Anda yang ingin tampil lebih segar dan bahagia, malakukan olahraga ringat adalah solusi tepat. Olahraga ringan yang bisa dilakukan seperti Push Up, Sit Up, naik turun tangga, dan lain sebagainya.

2. Meningkatkan kemampuan atletik
Manfaat yang kedua yaitu meningkatkan kemampuan atletik. Mengapa begitu? Karena, saat Anda menjalankan ibadah puasa dan rutin berolahraga, maka olahraga tersebut dapat mengajari tubuh Anda untuk menggunakan energi melalui lemak.

Dengan begitu, tubuh Anda akan menjadi lebih fleksibel. Sehingga dengan berolahraga dapat meningkatkan kemampuan atletik secara otomatis.

Mengapa Olahraga Saat Berpuasa Dapat Mengurangi Depresi?

 

3. Mengurangi Depresi
Depresi merupakan salah satu masalah yang sering kali di alami oleh seseorang. Hal ini bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor, seperti terlalu banyak pikiran, mengonsumsi obat – obat tertentu, dan memiliki penyakit yang serius. Apalagi saat berpuasa, kemungkinan akan memikirkan rasa haus dan lapar.

Sedangkan depresi itu sendiri adalah gangguan suasa hati yang ditandai dengan perasaan sedih yang terlalu mendalam. Biasanya seseorang yang depresi akan mengalami suatu gejala seperti merasakan kecemasan yang berlebihan, frustasi dll. Oleh sebab itu, penting untuk mengatasi hal tersebut.

Salah satu cara yang bisa dilakukannya pada saat berpuasa yaitu berolahraga.
Karena dengan olahraga Anda dapat mengeluarkan keringat, dimana berkeringat bisa membantu Anda untuk melupakan apa yang dipikirkan. Sehingga kecemasan, dan frustasi yang dirasakan akan mudah teratasi. Bisa dikatakan bahwa olahraga saat berpuasa dapat mengurasi depresi yang di alami.

4. Menjaga Berat Badan
Selain beberapa manfaat yang sudah kami jelaskan di atas, manfaat lain yang bisa Anda peroleh jika berolahraga pada saat berpuasa yaitu menjaga berat badan. Memiliki berat badan yang ideal merupakan salah satu dambaan atau impian bagi setiap orang, terutama bagi para wanita. Karena berat badan yang ideal dapat menambahkan rasa percaya diri seseorang.

Lantas, mengapa olahraga saat berpuasa bisa menjaga berat badan?

Sebab, pada saat berpuasa tentu Anda harus menahan rasa haus dan lapar. Sehingga pada saat sahur maupun buka, tentunya Anda memiliki kebiasaan makan yang banyak. Sedangkan aktivitas yang dilakukan pada siang hari berkurang akibat tubuh yang lemas dan malas.

Oleh sebab itu, agar tubuh tetap sehat dan berat badan terjaga. Kami sarankan untuk melakukan olahraga ringan saat berpuasa. Karena dengan mengeluarkan keringat akibat olahraga bertujuan untuk menyeimbangkan konsumsi makanan dengan aktivitas tubuh yang memadai.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com