Launching SIM Online, Tahapan serta Langkah dalam Melakukan Registrasi

Fitri Tamara 0

Launching SIM Online, Tahapan serta Langkah dalam Melakukan Registrasi – Dalam rangka menekan angka terhadap penyebaran virus Corona, maka saat ini telah diberlakukan pengurusan surat izin mengemudi yang dapat dilakukan secara daring. Launching SIM online ini sangat memudahkan bagi para pengemudi yang ingin melakukan pendaftaran ataupun perpanjangan SIM.

Meskipun begitu, namun tidak semua golongan bisa diproses dengan menggunakan cara online. Di sini proses hanya terbatas untuk SIM C dan SIM A saja. SIM itu sendiri merupakan salah satu dokumen yang perlu dan wajib dimiliki oleh seorang pengemudi kendaraan di jalan raya.

Seperti yang telah dijelaskan dalam undang – undang nomor 22 tahun 2009 yang membahas mengenai lalu lintas dan angkutan jalan. Sedangkan untuk melakukan proses registrasi SIM secara online, maka berikut adalah langkah – langkah yang perlu dilakukan, diantaranya meliputi :

facebook.com

Apa Saja Tahapan yang Perlu Dilakukan untuk Registrasi SIM Secara Online?

 

  1. Langkah pertama yaitu anda perlu menuju situs resmi polri dengan alamat http://sim.korlantas.polri.go.id, selanjutnya anda pilih menu Pendaftaran SIM Online.
  2. Setelah itu Anda pilih tombol start kemudian akan muncul menu data permohonan. Selanjutnya Anda tinggal mengisikan data tersebut dengan benar.
  3. Anda tekan tombol next, lalu di sana anda isikan data pribadi termasuk kewarganegaraan, nama Anda, nomor KTP, nomor telepon hingga jenis kelamin.
  4. Isikan data mengenai nomor yang dapat dihubungi dalam keadaan darurat. Selain itu tersedia juga kolom data untuk validasi, yang mana harus mencantumkan nama dari ibu kandung, juga data sertifikasi tempat sekolah mengemudi yang dapat diisi dengan dua pilihan ya atau tidak.
  5. Anda isikan seluruh data yang diperlukan. Pastikan semua data tersebut Anda masukan dengan benar. Kemudian tahap selanjutnya Anda tekan tombol next. Nantinya akan muncul menu untuk konfirmasi data input sesuai dengan data yang telah dimasukkan pada proses cara pembuatan SIM online sebelumnya.
  6. Di menu ini nantinya Anda akan melihat kolom tanggal kedatangan yang bisa anda pilih sesuai waktu yang diinginkan untuk datang ke lokasi yang sudah dipilih sebelumnya.
  7. Untuk selanjutnya Anda isikan kode verifikasi lalu kemudian Anda klik tombol kirim.
  8. Setelah anda mengikuti semua tahapan untuk membuat SIM online, maka nantinya akan muncul tampilan sukses registrasi. Anda tekan ok dan proses di aplikasi sim online telah selesai dilakukan.
  9. Ketika Anda telah mendapatkan bukti atau registrasi online, maka nantinya anda akan mendapatkan email. Setelah itu Anda tinggal melakukan pembayaran di EDC, ATM maupun teller BRI yang ada di seluruh Indonesia sesuai dengan biaya masing-masing yang tertera di email.
  10. Setelah anda melakukan pembayaran untuk biaya pembuatan SIM, maka selanjutnya Anda mendatangi satpas SIM ataupun polres dengan membawa surat keterangan kesehatan dan KTP sesuai dengan lokasi dan tanggal yang dipilih saat melakukan registrasi online.
  11. Selanjutnya Anda tinggal melakukan serangkaian tes untuk bisa memperoleh SIM baru yang terdiri atas ujian praktek, ujian teori serta ujian keterampilan melalui simulator.
  12. Namun jika pemohon melakukan perpanjangan SIM, tes tidak akan diperlukan lagi kecuali jika ingin naik golongan.

Dengan adanya launching SIM online banyak kemudahan yang kini bisa didapat oleh para pengemudi yang ingin membuat SIM atau pun ingin memperpanjang SIM mereka. Karena memang di sini proses pengurusannya lebih cepat jika dibanding dengan cara sebelumnya.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com