Keuntungan dari Budidaya Tanaman Hidroponik

Fitri Tamara 0

Keuntungan dari Budidaya Tanaman Hidroponik – Banyak masyarakat Indonesia mulai menekuni budidaya tanaman dengan sistem hidroponik. Mereka tertarik dengan sistem ini karena cara budidayanya yang terbilang mudah. Selain itu, kualitas tanaman dengan menggunakan sistem hidropik sangatlah bagus.

Budidaya tanaman dengan sistem hidroponik bisa meningkatkan penghasilan para petani. Budidaya tamanan dengan sistem hidroponik tidak menggunakan media tanah, namun hanya memanfaatkan air.

Sistem ini sangat cocok diterapkan bagi para petani yang tidak memiliki lahan yang luas. Selain menggunakan media air, sistem hidroponik juga bisa menggunakan media lain seperti arang sekam, rockwool, zeolite dan media ringan lainnya.

Tanaman yang cocok untuk sistem hidroponik, yakni sayur-sayuran, buah-buahan, dan beberapa tanaman rempah. Banyak sekali keuntungan bisa didapat dari budidaya tanaman hidroponik. Lantas, apa keuntungan dari budidaya tanaman hidroponik tersebut? Simak ulasan berikut ini!

Apa Saja Keuntungan yang Akan Diperoleh dari Budidaya Tanaman Hidroponik?

1. Kualitas Tanaman Lebih Baik
Budidaya tanaman hidroponik biasanya menggunakan screen house atau green house. Hal tersebut bisa melindungi tanaman dari paparan sinar matahari yang berlebihan dan cuaca ekstrim lainnya. Selain itu, screen house atau green house bisa melindungi tanaman dari organisme perusak tamanan.

Dengan berbagai fasilitas tadi, tanaman akan terhindar dari serangan hama sehingga menjadi lebih sehat, tumbuh lebih subur, dan memiliki kualitas yang baik. Selain itu, tanaman baik sayur-sayuran maupun buah-buahan akan terlihat jauh lebih bersih karena tidak menggunakan media tanah.

2. Panen Lebih Cepat
Tanaman hidroponik bisa tumbuh lebih cepat jika dibandingkan dengan tanaman konvensional atau tanaman yang ditanam di tanah. Bahkan perbandingannya bisa mencapi 20 % hingga 50 % lebih cepat. Hal itu terjadi karena tanaman hidroponik mendapatkan nutrisi yang optimal, media tanam yang lebih steril, terhindar dari hama serta ruang tumbuh yang mencukupi.

Dengan budidaya tanaman hidroponik, para petani bisa lebih cepat panen dan menghasilkan panen yang jauh lebih banyak. Tanaman hidroponik yang mudah ditanam dan cepat dipanen misalnya bayam, selada, mint dan berbagai tanaman rempah.

rumah.com

3. Harga Jual Lebih Mahal
Kualitas tanaman dengan sistem hidroponik jauh lebih sehat dan lebih baik daripada tanaman konvensional. Selain itu, tanaman hidroponik juga bisa bertahan lebih laman atau tidak mudah rusak. Dengan kualitas seperti itu, tanaman dari sistem ini tentunya sangat diminati para pembeli.

Para petani bisa menjual tanaman hidroponik dengan harga yang lebih mahal. Dengan begitu, keuntungan yang diperoleh para petani bisa semakin besar. Keuntungan yang didapat para petani dari tanaman hidroponik bisa mencapai 2-3 kali lipat dari tanaman konvensional.

4. Tidak Memerlukan Tanah
Yang menarik dari budidaya tanaman hidroponik ialah tidak memerlukan tanah. Kita bisa mencoba budidaya seperti ini di mana saja. Budidaya dengan sistem seperti ini sangat cocok bagi orang yang tidak memiliki lahan luas seperti orang yang tinggal di perkotaan yang padat pemukiman.

Bonusnya, budidaya tanaman hidroponik bisa membuat lingkungan di sekitar rumah menjadi lebih segar dan sejuk. Polusi udara di lingkungan perkotaan bisa semakin berkurang. Hidup akan terasa lebih sehat, nyaman dan menyenangkan.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari budidaya tanaman hidroponik. Dari pembahasan yang sudah kami jelaskan di atas, semoga bisa mencoba untuk membudidaya tanaman hidroponik di rumah. Terimakasi sudah berkunjung ke situs kami, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com