Ketahui 3 Alasan Diet Makanan Mentah Tidak Disarankan

Fitri Tamara 0

Ketahui 3 Alasan Diet Makanan Mentah Tidak Disarankan

Benarkah makanan mentah tidak disarankan untuk program diet Anda?

Memang sih, ada banyak orang yang menjalankan program dietnya dengan cara memperbanyak konsumsi makan-makanan yang mentah, hal ini wajar saja jika mereka kurang tahu bagaimana menjalankan program diet yang benar.

Alhasil.. bukan malah mendapat hasil tubuh yang langsing dan ideal, tetapi tubuhnya tetap gemuk atau malah semakin kelebihan lemak.

Diet raw food (Makanan mentah) hingga saat ini memang masih menjadi trend gaya hidup sehat.

Tapi, sebelum Anda ikut-ikutan dengan trend tersebut, ada baiknya membaca saran dari Carolina, La, L. Ac, seorang ahli herbal, akupuntur, dan juga fertilitas dari Orange Country, California, yang telah mengemukakan fakta bahwasannya diet raw food bisa menjadi penyebab gangguan tiroid, kesuburan, dan pencernaan.

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk menjalankan diet ini, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter atau pun ahli gizi Anda.

Berikut ini akan kami paparkan lebih jelasnya, beberapa alasan mengapa diet raw food tidak disarankan.

Ingin tahu? Simak ulasan berikut ini!

3 alasan diet makanan mentah tidak dianjurkan

Alasan pertama adalah gangguan tiroid

Tentu akan menjadi momok yang sangat mengerikan, bukan jika hal ini terjadi pada diri Anda?

Sayuran seperti kubis, kol brussel, kembang kol, kangkung, dan juga sawi, yang mengandung goitrogens, yakni zat yang menjadi penyebab gangguan fungsi kelenjar tiroid, sehingga dapat menimbulkan gangguan hipotiroid dan juga golter (pembesaran kelenjar tiroid).

Jika Anda sudah memiliki gangguan fungsi tiroid ini, maka goitrogren bisa memperburuk kemampuan kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon terpenting bagi tubuh.

Dimana pemanasan pada sayuran tersebut, bisa menjadi penyebab tidak aktifnya gaitrogen.

Alasan kedua adalah gangguan pencernaan

Sayuran maupun dedaunan yang memiliki selulosa dan juga struktur serat lainnya, yang memang membutuhkan waktu lama untuk dicerna secara optimal oleh lambung kita.

Binatang pemakan tumbuhan yang memiliki lambung ekstra untuk dapat memecah dan juga mencerna daun maupun rumput yang mereka makan.

Dan manusia yang hanya memiliki satu lambung untuk bisa memecah semua jenis serat selulosa yang terjadi pada sayuran.

Jika kita secara terus-menerus mengkonsumsi makanan yang memang tidak bisa dicerna, maka pencernaan kita akan melemah, dan tidak mampu lagi mencerna jenis makanan lainnya.

Alasan ketiga adalah masalah penyerapan nutrisi

Jika makanan kita tidak bisa diserap, ini artinya akan ada banyak nutrisi dalam bahan makanan itu yang tidak dapat diserap oleh tubuh.

Banyaknya kandungan gizi sayuran yang disimpan didalam serat yang keras, memasak dengan pemanasan rendah, atau pun sedang, biasanya cukup dalam memecah serat sehingga kita bisa memperoleh mineral serta nutrisi lainnya.

Di sini, Anda perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi raw food sebagai menu dasar setiap hari, tanpa dikombinasikan dengan makanan yang dimasak, sebab hal ini akan menimbulkan masalah kesehatan.

Nah, itulah 3 alasan diet makanan mentah tidak disarankan yang bisa penulis informasikan. Semoga dengan ulasan di atas, Anda tidak salah lagi dalam menjalankan program diet untuk bisa mendapatkan berat badan yang ideal.

Makan Sedikit Tapi Tidak Terasa Lapar Lagi? Ini Dia Rahasianya

Siapa sangka jika dijaman yang semakin modern seperti sekarang ini, yang semuanya serba instan ini, ternyata ada sebuah cara menarik yang cukup praktis untuk mendapatkan berat badan ideal dengan sangat cepat. Benarkah?

Ya, Anda bisa menurunkan jumlah berat badan dengan mengurangi sejumlah porsi makan, dan aktifitas fisik semakin diperbanyak.

Tapi, kebanyakan orang di luas sana, tidak bisa tahan jika harus menahan rasa lapar jika jumlah porsi makannya juga harus sedikit dikurangi, bukan?

Anda tidak perlu merasa khawatir, mengapa? Sebab, ada beberapa langkah untuk dapat membuat Anda makan dengan porsi lebih sedikit, dengan tidak memunculkan rasa lapar, loh!

Ingin tahu bagaimanakah caranya? Langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Rahasia makan sedikit tidak memunculkan rasa lapar

Makan yang mengandung serat lebih diperbanyak

Benar sekali, bahwasannya memperbanyak mengkonsumsi makan-makanan yang mengandung serat tinggi, dapat menekan nafsu makan Anda, walaupun Anda mengkonsumsinya lebih sedikit dari biasanya.

Nah, jika Anda ingin mencoba untuk menurunkan berat badan secara tepat dan cepat, maka salah satu langkah yang wajib dilakukan adalah dengan mengurangi lemak, dan karbohidrat dengan tidak harus merasakan lapar yang menyiksa…

Solusinya adalah..

Seperti yang kami katakan di atas, Anda harus memperbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung serat, maka dengan begitu perut Anda akan terasa jauh lebih kenyang.

Melakukan aktifitas tidur di siang hari

Umumnya rasa lapar akan muncul akibat Anda merasa kurang istirahat dan kelelahan. Oleh karena itu, Anda kami sarankan untuk bisa mengaturnya, dengan cara melakukan tidur siang yang cukup pendek, sekitar 5 atau 10 menit disela-sela istirahat waktu kerja.

Selain itu, dengan tidur siang ini dapat memberikan energi tambahan didalam tubuh Anda. Bahkan dengan melakukan aktifitas tidur siang, maka Anda bisa mengumpulkan sejumlah energi penting, yang akan dipergunakan untuk melanjutkan kembali aktifitas kerja Anda.

Bagaimana sangat mudah bukan, cara untuk bisa menahan rasa lapar ketika Anda menjalankan program diet?

Tentu tidak ada alasan lagi, bahwa diet itu adalah hal menyusahkan dan menyiksa!

Mengkonsumsi air putih setiap harinya

Dengan meminum 2 gelas air putih, sekitar 10 menit sebelum makan seperti ini, adalah cara terbaik menghilangkan rasa lapar Anda.

Alasannya.. air putih dapat menipu rasa lapas dan mengisi perut yang lapar.

Manfaat lainya adalah bisa menambah kuat jantung Anda.

Lebih jelasnya..

Air putih ini turut serta dalam membantu jantung melakukan pemompaan darah, yang kemudian disebarkan keseluruh tubuh Anda.

Itu sebabnya, ketika mengalami dehidrasi (kekurangan cairan didalam tubuh), jantung akan bekerja jauh lebih keras dari biasanya, sehingga tekanan darah akan menurun.

Memperbanyak konsumsi sayuran segar

Cobalah untuk mengkonsumsi sayuran segar. Mengapa? Karena sayuran yang segar tersebut ternyata memiliki kandungan air yang cukup banyak, dengan begitu maka Anda bisa jauh merasa kenyang, tetapi dengan jumlah kalori yang rendah, tentunya.

Sekian ulasan yang dapat kami informasikan tentang rahasia makan sedikit tidak memunculkan rasa lapar lagi, semoga bisa bermanfaat.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.