Kenapa Hp Tiba-tiba Mati Total Error dan Apa Solusinya

Fitri Tamara 0

Kenapa Hp Tiba-tiba Mati Total Error dan Apa Solusinya? – Pada saat Anda menggunakan hp, lalu hp yang digunakan tiba – tiba mati tanpa adanya suatu masalah. Tentu Anda akan merasa khawatir, takut, dan kesal. Sehingga muncullah sebuah pertanyaan, kenapa hp tiba-tiba mati?

Hp yang tiba – tiba mati dapat disebabkan oleh beberapa faktor, dimana saat Anda menggunakannya tanpa disadari bahwa Anda kurang berhati – hati dalam mengoperasikannya. Oleh sebab itu, bagi Anda yang kesehariannya tidak lepas dari Hp. Gunakanlah hp sebaik mungkin, tujuannya untuk menghindari kerusakan pada Hp. Berikut adalah faktor penyebab hp yang tiba – tiba mati, meliputi :

1. Tombol Daya Rusak
Pertama yang dapat menyebabkan hp Anda mati secara tiba – tiba adalah tombol dayanya rusak. Tombol daya ini disebut dengan tombol power yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan hp.

Jika tombol ini rusak, tentu hp Anda ikut rusak dan tidak heran jika hp mati secara tiba – tiba. Lalu apa solusi yang bisa dilakukan jika tombol daya rusak? Anda perlu melepas terlebih dahulu casing HP atau casing ponsel yang Anda miliki.
Setelah itu, periksa apakah casing hp Anda menahan tombol daya atau Anda menemukan hal lain yang dapat mengakibatkan tombol menjadi rusak.

Jika Anda kurang paham hal tersebut, sebaiknya bawa ke tempat perbaikan telepon, agar tombol daya yang rusak dapat diperbaiki dan Hp berfungsi kembali.

Apa Solusi yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Baterai yang Error?

2. Baterai Error
Penyebab kedua adalah terjadinya kesalahan pada baterai. Pada saat Anda menggunakan Hp dan tiba – tiba mati. Sebaiknya, perhatikan terlebih dahulu baterai hp yang digunakan. Misalnya kondisi baterai smartphone yang Anda gunakan masih 90%, namun kapasitas yang tersisa hanya 10%.

Kemungkinan besar hp mati karena disebabkan oleh kehabisan baterai. Ini bisa terjadi pada Hp yang memiliki baterai error. Sehingga dengan tampilan status baterai yang salah tentunya akan membuat hp kehabisan daya tanpa disadari sadari.

Solusi tepat yang bisa dilakukan untuk mengatasinya yaitu harus melakukan sesuatu yang disebut dengan kalibrasi baterai. Kalibrasi adalah proses pengecekan dan pengaturan akurasi, dimana kalibrasi diperlukan untuk memastikan bahwa hasil pengukuran yang dilakukan akurat dan konsisten.
Untuk melakukannya Anda bisa menggunakan aplikasinya di Google Playstore. Dengan melakukan kalibrasi, maka status baterai pada sistem akan disesuaikan kembali, sehingga hp yang Anda gunakan dapat menampilkan data yang lebih akurat.

3. Baterai HP rusak
Dari beberapa faktor penyebab yang sudah kami jelaskan di atas, penyebab lainnya yaitu baterai HP rusak. Hp yang mati disebabkan oleh baterai rusak sering di alami oleh banyak orang. Jadi, penyebab hp mati yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kita.

Sedangkan solusi yang bisa dilakukan yaitu perbaiki baterai yang rusak atau menggantinya dengan yang baru. Namun perlu diketahui bahwa untuk memperbaiki baterai yang rusak tidaklah mudah. Anda hanya mengeluarkan biaya banyak untuk memperbaikinya.

Sehingga disarankan bagi Anda yang memiliki baterai hp rusak, sebagiknya gantilah baterai dengan yang baru. Dengan mengganti yang baru, maka hp yang Anda gunakan akan kembali dan bisa digunakan secara normal.

Bahkan, dengan baterai yang baruu hp Anda akan awet tanpa perlu takut kehabisan baterai jika digunakan dalam waktu yang lama. Demikian yang bisa kami jelaskan, semoga artikel ini bermanfaat.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com