Info Cara Cek Resi Pengiriman Lengkap dan Gampang

Fitri Tamara 0
cek-resi

Info Cara Cek Resi Pengiriman Lengkap dan Gampang– Pengiriman merupakan kegiatan distribusi logistik yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan kita. Ada kalanya kita ingin mengetahui lokasi barang dagangan yang kita kirim atau terima. Di tengah kesibukan kita, seberapa mudah mengetahui semua cek resi ini? Berikut ini cara Anda dapat dengan mudah memverifikasi tanda terima dan melacak kiriman Anda secara online.

Ketahui Apa Itu Resi Pengiriman

Sebelum kita mencari tahu cara memverifikasi tanda terima Anda secara online, mari kita cari tahu lebih lanjut tentang apa itu tanda terima dan istilah apa yang perlu Anda ketahui. Kwitansi atau Airwaybill adalah tanda terima tertulis resmi.

Kwitansi itu sendiri dapat diartikan sebagai kode hasil transaksi antara pembeli dan penjual yang tidak diketahui oleh siapa pun kecuali kedua belah pihak. Nomor resi sering ditemukan saat Anda bertransaksi dengan pemilik jasa pengiriman barang atau jasa sewa kendaraan.

Biasanya kita akan mendapatkan nomor resi setelah transaksi dilakukan yang menandakan bahwa kita telah melakukan pembayaran kepada penjual dan / atau pengirim. Berikut beberapa contoh tanda terima tersebut.

cek-resi
aliexpress.com

Kwitansi Tanpa Barcode

Contoh kwitansi yang akan diberikan kepada pengirim kepada pemilik barang dagangan adalah kwitansi yang mencantumkan nomor barcode. Nomor barcode biasanya terdiri dari 15-16 digit unik yang membedakan setiap pengiriman.

Barcode number ini dapat dimasukan pada website pengirim secara online karena contoh dibawah ini adalah kiriman dari Pos Indonesia.

Akses Situs Web Pengirim Anda

Anda dapat dengan mudah menemukan situs pengiriman mereka seperti JNE dan TIKI. Di situs web tersebut, Anda dapat menemukan halaman online yang memberi Anda akses untuk melacak kiriman Anda.

Masukkan Nomor Resi / Nomor Pengiriman

Di kotak Lacak pengiriman atau tanda terima, Anda dapat memasukkan nomor tanda terima atau pengiriman yang ingin Anda lacak. Anda dapat dengan mudah menggandakan nomor pada tanda terima Anda.

Masukkan Kode Verifikasi

Secara umum, di situs web mana pun yang memeriksa tanda terima atau melacak kiriman secara online, akan terdapat sejumlah cara untuk memverifikasi yang berguna dalam mencegah orang lain atau robot komputer melacak akses Anda ke kiriman.

Dalam contoh ini, JNE mengharuskan Anda memasukkan captcha (suatu bentuk pengujian tantangan-respons yang digunakan dalam komputasi untuk memastikan bahwa respons tidak dibuat oleh komputer).

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com