Cek BPKB dan Pajak Kendaraan Bermotor Jawa Barat Online Lewat HP Android

Cek BPKB dan Pajak Kendaraan Bermotor Jawa Barat Online Lewat HP Android

BPKB adalah dokumen yang harus anda miliki untuk memastikan bahwa kendaraan yang anda naiki bukanlah kendaraan yan dijual dari pasa gelap atau barang curian. Sedangkan Pajak Kendaraan Bermotor adalah salah satu jenis pajak yang harus anda bayar sebagai bentuk tanggung jawab anda selaku warga negara Indonesia. Baik BPKB maupun Pajak Kendaraan Bermotor adalah hal yang penting untuk anda miliki dan penuhi agar anda tidak dikenai sanksi.

Artikel ini akan membahas mengenai cara memeriksa BPKB dan Pajak Kendaraan Bermotor secara online melalui e-samsat dan aplikasi SAMBARA khusus untuk anda yang tinggal di seluruh Provinsi Jawa Barat.

Apa itu BPKB?

Secara definitif, BPKB adalah kepanjangan dari Buku Pemilik Kendaraan Bermotor. Buku ini memuat data data penting seperti identifikasi kendaraan bermotor, keterangan kepabeanan, pendaftaran ke kepolisian, catatan perubahan kepemilikan dan sebagainya.

BPKB dapat anda gadaikan di pegadaian anda jadikan jaminan pinjaman Bank, namun sebaliknya apabila ketahuan BPKB yang anda miliki adalah dokumen palsu maka anda dapat dipenjara selama empat hingga enam tahun. Oleh karena itu penting bagi anda untuk memastikan keaslian BPKB yang anda pegang ketika anda baru saja membeli motor atau mobil.

Cara memeriksa keaslian BPKB secara online

Seiring dengan kemajuan jaman, Kepolisian Republik Indonesia pun berbenah dengan menghadirkan layanan daring. Salah satunya adalah layanan e-samsat yang diterbitkan dan dikelola oleh Kepolisian Daerah Jawa Barat. Layanan e-samsat ini didukung dengan adanya aplikasi SAMBARA yang dapat membantu anda memeriksa keaslian kendaraan dan progress pembayaran pajak kendaraan.

Karena di aplikasi ini terdapat beberapa fitur untuk konfirmasi kepemilikan kendaraan, anda juga dapat melihat apakah kendaraan yang baru saja atau akan anda beli merupakan kendaraan dari pasar gelap atau bukan.

Namu sebelum anda membeli kendaraan, anda bisa memeriksa keaslian BPKB kendaraan tersebut secara offline. Sebagaimana yang dilansir dalam laman Tirto.id berikut cara memeriksa keaslian BPKB secara offline:

  1. Pastikan cover BPKB tersebut agak mengkilap dan tidka buram.
  2. Cek hologram di halaman pertama BPKB. Jika warnanya masih abu abu ketika diterawang, amak BPKB tersebut asli. Namun jika berubah jadi agak kekuningan, maka kemungkinan BPKB tersebut palsu.
  3. Periksalah nomor seri yang terdapat dibawah hologram di halaman pertama BPKB. Apabila anda bisa mengakses e-samsat atau SAMBARA anda bisa langsung mengeceknya secara online.
  4. Periksa identitas pemilik kendaraan. Umumnya oknum pembuat BPKB palsu hanya merubah spesifikasi kendaraan dan tidak merubah identitas pemilik kendaraan.
  5. Buka halaman ke-14 BPKB tersebut. Di halaman tersebut akan terdapat lambing KORLANTAS yang jika diterangi dengan sinar ultraviolet akan terlihat. Tekstur kertas pada lambing tersebut akan sedikit kasar. Sementara jika BPKB tersebut palsu tekstur kertas tersebut akan tetap halus.

Cara mengurus pajak kendaraan bermotor di Jawa Barat secara online

Seperti yang telah disebutkan diatas, apabila anda tinggal di wilayah Jawa Barat, anda dapat memeriksakan keaslian BPKB anda dan mengurus pajak kendaraan bermotor milik anda secara online menggunakan e samsat dan SAMBARA. Layanan  e-samsat adalah layanan online pengecekan informasi dan pembayaran pajak kendaraan bermotor sedangkan SAMBARA adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Kepolisian Daerah Jawa Barat dan Badan Pendapatan Daerah Jawa Barat untuk membantu pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online. Kedua layanan ini digunakan secara berdampingan apabila anda tinggal di Jawa Barat.

Meskipun kini kedua fasilitas tersebut masih harus diperbaiki, layanan ini terbukti mampu membantu masyarakat untuk mengurus dokumen dokumen yang mereka perlukan terkait kendaraan bermotor. Oleh karena itu tidak mengherankan apabila aplikasi SAMBARA mendapatkan skor review sebesar 4.3 di Google Play Store dan sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna walaupun akhir akhir ini banyak kritik yang ditujukan untuk mengembangkan aplikasi ini.

Jika anda tertarik untuk menggunakan layanan ini, di layanan tersebut anda harus memenuhi prasyarat prasyarat berikut ini:

  1. Kendaraan anda tidak sedang di blokir.
  2. Memiliki nomor telepon yang aktif.
  3. Memiliki tabungan di Bank Bank tertentu antara lain, Bank JB, Bank Mandiri, bank CIMB Niaga, Bank BNI, Bank BRI, Bank BCA dan Bank Permata.
  4. Tabungan tersebut dapat anda akses menggunakan ATM.
  5. Membayar pajak tahunan.
  6. Pembayaran pajak dilakukan minimal 6 bulan sebelum jatuh tempo.
  7. Kendaraan yang diurus merupakan kendaraan atas nama pribadi dan bukan atas nama lembaga atau badan usaha.

Setelah prasyarat tersebut terpenuhi anda bisa melakukan langkah langkah berikut ini:

  1. Unduh aplikasi SAMBARA di Play Store.
  2. Membuat kode bayar. Info lebih lanjut mengenai cara pembuatan kode bayar ini dapat anda akses melalui link yang penulis cantumkan di footnotes.
  3. Membayar pajak via merchant terdekat atau termudah. Anda bisa membayarnya melalui tokopedia, bank BJB, bank Mandiri baik melalui transfer maupun sms dan internet banking.
  4. Cetak bukti pembayaran melalui aplikasi SAMBARA. Setelah anda membayar melalui merchant, bukti bayar pajak anda akan dikirim oleh merchant tersebut ke akun SAMBARA anda.
  5. Mengesahkan STNK sebelum 30 hari. Hal ini penting sebab apabila anda belum mengesahkan STNK anda, pembayaran pajak anda akan dianggap tidak sah. Untuk pengesahan STNK ini anda dapat mengunjungi Samsat atau Polsek terdekat.

 

Meskipun kelihatannya agak ribet dan susah, menggunakan aplikasi SABARA dan  e-samsat setidaknya menghindarkan anda dari antrian panjang. Terlebih dalam masa pandemi Covid19 seperti ini yang mana anda dianjurkan untuk menghindari kerumunan. Selain itu aplikasi SABARA juga menyediakan info jadwal samsat keliling untuk anda di seluruh Jawa Barat sehingga anda tidak perlu pergi ke samsat terdekat.

Itulah tadi cara memeriksa keaslian BPKB dan mengurus pajak kendaraan bermotor secara online melalui e-samsat dan aplikasi SABARA. Kedua layanan ini masih perlu dikembangkan lebih lanjut supaya layanan yang dihadirkan terasa lebih baik. Akan tetapi kiranya kita perlu juga untuk mengapresiasi inovasi digital Kepolisian Jawa Barat ini. Semoga Membantu!.

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com