Cara Print dari HP ke Printer Wifi Tanpa Kabel Menggunakan Aplikasi 

Fitri Tamara 0

Cara Print dari HP. Jika anda kerja di perkantoran pasti anda butuh cetak atau print dokumen. Bahkan, ketika anda masih seorang pelajar maupun mahasiswa, anda juga perlu cetak atau print dokumen untuk mengerjakan tugas – tugas anda. Cetak atau print dokumen telah menjadi kebutuhan yang penting saat ini.

Semakin berkembangnya zaman saat ini, tak dapat dipungkiri bahwa teknologi pun juga semakin canggih. Anda bisa berbagi dokumen dengan sangat mudah, dan Anda pun juga bisa mengirimnya melalui HP anda secara online.

Bahkan, anda bisa melakukan cetak atau print dokumen langsung dari HP yang anda miliki.  Jadi, anda tidak perlu lagi memindahkan dokumen tersebut ke PC atau laptop. Penasaran bagaimana cara print dari HP? Check this out!

printershare.com

Bagaimana Cara  yang Bisa Dilakukan untuk Print dari HP Menggunakan Aplikasi PrinterShare  ?

 

Cara Print dari HP Menggunakan Aplikasi PrinterShare

Anda bisa mendapatkan aplikasi PrinterShare secara gratis di Google Play Store. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, anda bisa mencetak file berupa Ms Office, PDF, PS,rtf, halaman web, dan lainnya langsung dari HP Anda.

Anda bisa menghubungkan HP ke printer dengan menggunakan kabel USB, Bluetooth, maupun koneksi Wifi. Kalau anda ingin mencetak dokumen langsung dari HP dengan memanfaatkan koneksi Wifi, ikuti langkah – langkah berikut ini, antara lain :

  1. Langkah awal, anda harus mengunduh aplikasi tersebut terlebih dahulu. Aplikasi ini sangat bagus sekali karena mendukung banyak tipe printer yang ada di Indonesia.
  2. Kemudian, instal aplikasi tersebut di HP anda.
  3. Setelah itu, hidupkan fitur Wifi pada HP anda, lalu sambungkan Wifi yang sudah terkoneksi dengan printer.
  4. Langkah selanjutnya, buka aplikasi PrinterShare.
  5. Selanjutnya, pilih “Printer Select” pada pojok kanan bawah aplikasi ini. Setelah itu akan muncul “Select Printer”, kemudia pilih “Nearby Wifi”, selanjutnya pilih printer yang akan anda gunakan.
  6. Setelah itu akan muncul pemberitahuan “User Action Required”, lalu pilih “Use Generic”, selanjutnya pilih “Yes” untuk mendownload driver. Anda tunggu terlebih dahulu hingga muncul pemberitahuan “Congratulations! Your printer is configured ready”. Setelah itu, pilih “Skip”.
  7. Langkah selanjutnya, kembali ke menu utama pada aplikasi PrinterShare. Kemudian, pilih “Documents”, selanjutnya pilih “Memori Perangkat atau Kartu SD” untuk mencari file yang ingin dicetak.
  8. Setelah anda memilih file dokumen, anda akan diarahkan pada pemberitahuan dimana anda harus mendownload preview dari file yang akan anda cetak tadi, selanjutnya anda pilih “Yes”, lalu tunggu hingga proses download preview dari file tersebut selesai.
  9. Setelah itu, anda akan menuju ke halaman “Print Preview”. Pada halaman tersebut akan muncul tampilan dokumen sebelum dicetak. Dari sini, anda bisa mengklik “Option” untuk mengatur ukuran kertas dan lainnya.
  10. Ketika sudah sesuai dengan keinginan anda, kemudian anda bisa memilih menu “Print’. Anda bisa memilih berapa lembar dokumen akan dicetak.
  11. Kemudian mulai proses cetak dan tunggu hingga selesai.

 

Nah itulah cara yang dapat dilakukan untuk print dari HP dengan memanfaatkan koneksi Wifi. Sekarang ini banyak merk printer yang sudah dilengkapi dengan fitur sharing via koneksi Wifi maupun kabel LAN.

Diantaranya yaitu merk printer Epson, Canon, Brother, Samsung dan masih banyak lagi. Semoga anda bisa menerapkan langkah – langkah di atas dengan baik dan benar . Semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih.

Baca Juga:

Tags: