Cara Mudah Menggabungkan File PDF Menjadi Satu

Fitri Tamara 0

Cara Mudah Menggabungkan File PDF Menjadi Satu. Menggabungkan file pdf menjadi satu bukanlah hal aneh yang harus dilakukan. Meski hanya sebagian orang saja yang melakukannya, namun tujuan dari menggabungkan file pdf ini sangat penting, yang mana tujuannya adalah untuk memudahkan pengiriman dan pengecekan berkas.  Hal ini biasanya dilakukan bagi seseorang yang ingin mendaftar ke perguruan tinggi.

Namun perlu diketahui, bahwa sampai saat ini tidak sedikit orang yang belum paham cara untuk menggabungkan file pdf tersebut. Sehingga pada kesempatan kali ini akan kami jelaskan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menggabungkan file pdf menjadi satu. Adapun cara – cara tersebut, sebagai berikut :

foto: merdeka.com

Bagaimana Cara untuk Menggabungkan File PDF Menggunakan Adobe Acrobat ?

Menggabungkan File Pdf Menggunakan pdfmerge.com

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menggabungkan file pdf yaitu gabungkan file pdf secara online. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki koneksi internet yang stabil. Sehingga dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan berbagai macam situs agar dapat menggabungkan file pdf, salah satunya adalah situs pdfmerge.com.

Dalam hal ini Anda hanya perlu melakukan 2 langkah untuk menggabungkan file – file yang berbentuk pdf, ini dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu upload file pdfnya dengan menekan tombol choose file.
  2. Setelah selesai upload file pdf, lalu tekan merge files.

Menggabungkan File Pdf Menggunakan Adobe Acrobat

Selain menggunakan situs pdfmerge.com, ternyata Acrobat adalah software besutan Adobe system yang bisa Anda gunakan untuk menggabungkan file pdf menjadi satu. Namun tak hanya itu, dengan menggunakan Adobe Acrobat ini Anda juga dapat membuat dan mengedit file pdf. Sementara cara yang bisa dilakukan untuk menggabungkan file tersebut dengan cara ini yaitu :

  1. Langkah pertama, Anda harus mengunduh dan install Adobe Acrobat pada laptop atau komputer yang Anda miliki. Jangan lupa untuk memilih versi standart pada saat mengunduhnya.
  2. Selanjutnya Anda harus membuat software Adobe Acrobat, dan klik tombol create yang ada di toolbar utama. Namun, apabila Anda tidak menemukan create pdf, maka Anda dapat memilih tombol task dengan membuka view yang ada di toolbar terlebih dahulu. Setelah itu, klik tombol lanjutkan dengan memilih show all taks buttons.

Menggabungkan File Pdf Menggunakan Smallpdf

Smallpdf merupakan salah satu perangkat lunak yang dihadirkan khusus digunakan untuk mengolah file pdf, bahkan file – file lainnya yang diubah menjadi pdf.  Aplikasi yang satu ini cukup populer dan sering digunakan oleh banyak orang. Karena fitur yang terdapat didalamnya juga lengkap.

Baca Juga: Cara Mengubah File PDF ke Microsoft Word

Selain menggabungkan file pdf, aplikasi Smallpdf ni juga berfungsi untuk mengubah ukuran, memisah, bahkan masih banyak lagi fungsi yang lainnya. Sedangkan untuk dapat menggabungkan file menggunakan aplikasi ini dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Langkah pertama yang wajib Anda lakukan yaitu mengunjungi situs www.smallpdf.com.
  2. Setelah itu, Anda dapat memilih menu Merge pdf .
  3. Kemudian upload file pdf yang ingin digabungkan. Ini dilakukan dengan cara mengklik tombol select pdf file.
  4. Tunggu hingga proses upload file selesai. Jangan lupa untuk mengatur urutan file dengan benar.
  5. Selanjutnya yaitu klik kembali tombol Merge pdf.
  6. Setelah beberapa langkah di atas selesai dilakukan, maka proses penggabungan file pdf tersebut selesai. Kemudian Anda dapat mengunduh kembali file yang sudah digabungkan dengan cara klik tombol download.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com