Cara Mudah Membayar Listrik Melalui M-Banking BCA

Fitri Tamara 0
cara-bayar-pln

Cara Mudah Membayar Listrik Melalui M-Banking BCA – Metode pembayaran listrik untuk saat ini semakin dimudahkan oleh pihak PLN. Karena memang diketahui PLN telah melakukan kerjasama dengan beberapa bank di Indonesia. Salah satunya yaitu BCA. Sehingga Anda bisa melakukan pembayaran untuk tagihan listrik melalui aplikasi M-Banking BCA atau yang biasa Anda kenal dengan sebutan BCA Mobile.

Dengan adanya metode pembayaran tersebut, maka sangat memudahkan pengguna PLN serta nasabah BCA. Jadi Anda, yang merupakan nasabah BCA dan memiliki M-Banking BCA tidak perlu datang langsung ke kantor pembayaran listrik. Anda, cukup menggunakan smartphone, tentunya dengan koneksi internet serta saldo M-Banking, maka pembayaran tagihan listrik Anda akan beres seketika.

Untuk membayar listrik melaui M-Banking BCA berlaku untuk jenis listrik prabayar maupun pasca bayar.

Untuk Anda yang tidak tahu apa perbedaan antara keduanya tersebut, kami akan jelaskan.

  • Listrik pascabayar yaitu jenis penggunaan listrik dimana tagihan diberikan di setiap akhir bulan. Jumlah tagihannya disesuaikan dengan banyak penggunaan energi listrik selama sebulan tersebut.
  • Sedangkan untuk jenis listrik prabayar yaitu pemakaian listrik dengan menggunakan token atau pulsa listrik. Dalam menggunakan listrik prabayar ini, pengguna perlu untuk membeli token terlebih dulu agar bisa menggunakan layanan listrik.

Bagaimana Cara Membayar Listrik Lewat M-Banking BCA?

Cara melakukan pembayaran tagihan listrik lewat aplikasi BCA Mobile hanya memerlukan waktu tidak lebih lima menit saja. Agar Anda tahu bagaimana cara bayar tagihan listrik lewat M-Banking BCA, simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Bukalah terlebih dulu aplikasi BCA Mobile yang ada di smartphone. Jika Anda masih belum memiliki aplikasi ini, pergi playstore lalu instal segera.

2. Setelah aplikasi terbuka, pilihlah menu “M-Payment”

3. Berikutnya Anda pilih  “Publik / Utilitas”

4. Setelah itu akan muncul sebuah kolom Nama Perusahaan, Anda pilih “PLN”

5. Selanjutnya masukkan  ID pelanggan , jika sudah tekan “OK“

6. Langkah berikutnya yaitu konfirmasi ID. Pelanggan.

7. Setelah Anda melakukan konfirmasi, selanjutnya akan muncul info tentang jumlah tagihan. Pastikan jumlahnya sesuai. Lalu pilih “OK” untuk pembayaran.

8. Yang terakhir yang perlu Ands lakukan yaitu masukkan PIN M-BCA. Tekan OK, dan pembayaran tagihan listrik Anda melalui M-Banking BCA telah selesai dilakukan.

Pembayaran tagihan listrik menggunakan aplikasi M-Banking BCA memang sangatlah mudah dan praktis. Dengan metode prmbayaran ini Anda bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja, sehingga bisa menghemat banyak waktu dan tenaga Anda.

cara-bayar-pln
(apps.apple.com)

Terutama di saat seperti sekarang ini, aktifitas di luar rumah sangat dibatasi, karena memang hal itu untuk mewaspadai virus yang tengah menjadi pandemi. Namun bagi Anda yang belum memiliki BCA Mobile, daftarkan terlebih dahulu nomor handphone Anda ke ATM BCA.

Cara daftar BCA Mobile di ATM BCA terbilang cukup mudah. Anda hanya cukup pilih menu “Daftar E-Banking”, selanjutnya tekan “Mobile Banking”. Kemudian setelah itu Anda tinggal lakukan aktivasi m-BCA di aplikasi BCA Mobile.

Sesudah Anda melakukan langkah-langkah tersebut, kini aplikasi BCA Mobile sudah dapat Anda gunakan, namun yang perlu diketahui aplikasi ini masih tidak dapat dipakai untuk melakukan transaksi finansial.

Supaya aplikasi bisa diaktifkan transaksi finansialnya, maka Anda perlu melakukan transaksi finansial lewat Halo BCA dengan menghubungi nomor 1500888. Petugas Halo BCA nantinya akan melakukan proses verifikasi agar BCA Mobile Anda dapat dipakai untuk transfer maupun membayar tagihan listrik PLN.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com