Cara Menggunakan Termometer yang Perlu Anda Ketahui

Fitri Tamara 0

Cara Menggunakan Termometer yang Perlu Anda Ketahui. Sebagai orang tua, kita harus selalu siap untuk menjaga kesehatan anak kita. Kita harus memperhatikan suhu tubuh anak kita karena sangat penting untuk mengetahui kondisi kesehatan anak kita. Kita bisa menggunakan termometer  atau alat pengukur suhu tubuh.

Termometer yang paling banyak digunakan adalah termometer air raksa dan termometer digital. Kita bisa menggunakan salah satunya. Yang penting, kita punya termometer di rumah. Selain itu, kita juga harus belajar cara menggunakan termometer dengan benar.

Apabila kita memiliki termometer di rumah maka kita bisa lebih mudah memantau kesehatan anak kita setiap saat. Kita bisa mengetahui suhu tubuh anak kita dengan cepat. Kita bisa segera menangani dengan lebih cepat bila anak kita mengalami demam. Lantas bagaimana cara menggunakan termometer dengan benar. Check this out!

Cara Mengggunakan Termometer Air Raksa

  1. Pertama, kita harus membersihkan termometer air raksa terutama pada bagian ujung yang berisi air raksa. Kita bisa membersihkannya dengan cairan alkohol.
  2. Setelah itu, kita kibas-kibas ujung termometer air raksa yang tidak berisi air raksa dengan kuat agar seluruh air raksa kembali ke tabungnya atau berada di bawah angka 35 derajat Celcius.
  3. Selanjutnya, kita angkat lengan anak kita. Lalu, kita selipkan termometer air raksa di sela-sela ketiak anak kita. Termometer air raksa harus dalam keadaan terjepit. Kita juga harus memastikan bagian ujung termometer air raksa menempel pada kulit ketiak anak kita.
  4. Kita harus membiarkan termometer air raksa selama 3 sampai 5 menit untuk memberi waktu air raksa bergerak. Kita bisa memegang lengan anak kita agar termometer air raksa terjepit ketiak dengan sempurna.
  5. Setelah itu, kita angkat termometer air raksa serta kita baca ujung air raksa untuk mengetahui suhu tubuh anak.
  6. Setelah selesai, kita kembalikan suhu termometer air raksa dengan menggunakan air dingin. Selanjutnya, kita bersihkan dan simpan dengan baik.
depositphotos.com

Bagaimana Cara untuk Menggunakan Termometer Digital ?

 

Cara Menggunakan Termometer Digital

 

  1. Pertama, kita nyalakan termometer digital dengan cara menekan atau menggeser tombol
  2. Setelah itu, kita letakkan termometer digital di bawah lidah anak kita dengan hati-hati. Setelah itu, kita minta anak kita untuk mengatupkan mulutnya. Lalu, kita biarkan selama 3 sampai 5 menit. Kita juga bisa menunggunya sampai ada bunyi tanda pengukuran suhu telah selesai.
  3. Selanjutnya, kita tinggal mengambil termometer digital. Kemudian, kita baca hasil suhu tubuh anak yang ditunjukkan oleh termometer digital tersebut.
  4. Kita juga bisa menggunakan termometer digital pada ketiak atau telinga anak.

 

Saat ini teknologi semakin canggih. Termometer digital ada yang berbentuk thermogun atau termometer tembak. Thermogun atau termometer tembak memiliki harga yang sangat mahal. Termometer ini menggunakan teknologi sinar inframerah.

Penggunakan thermogun atau termometer tembak juga sangat praktis. Kita tidak perlu menyelipkan termometer ini di bagian tubuh kita. Kita cukup mengarahkan thermogun atau termometer tembak ke bagian tubuh kita. Nanti, suhu tubuh akan otomatis terbaca.

 

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan termometer yang benar. Kita bisa menggunakan termometer air raksa maupun termometer digital. Apabila kita punya uang yang banyak, kita bisa membeli termometer digital berupa thermogun atau termometer tembak. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat. Terima Kasih.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com