Cara Menggunakan Headset Bluetooth di HP Android

Fitri Tamara 0

Cara Menggunakan Headset Bluetooth di HP Android. Saat ini headset bluetooth mulai digemari oleh masyarakat. Headset bluetooth sudah mulai dijual di berbagai toko baik toko offline maupun toko online. Headset bluetooth ini sudah mulai menggeser headset kabel yang terlebih dahulu beredar di pasaran, yang mana Headset bluetooth memang terlihat lebih praktis dan nyaman untuk digunakan.

Hal ini sangat berbeda dengan headset kabel yang cukup merepotkan dan menyita tempat dan juga ribet. Dengan menggunakan headset bluetooth, kita bisa menikmati musik atau menelepon dengan lebih nyaman. Banyak anak muda yang suka menggunakan headset bluetooth untuk menikmati musik maupun untuk menelpon kekasihnya. Lalu, bagaimana cara menggunakan headset Bluetooth di HP Android? Check this out!

foto: piqsels.com

Bagaimana Cara untuk Menggunakan Headset Bluetooth ?

 

  1. Pertama yang perlu dilaukan yaitu kita harus memastikan terlebih dahulu bahwa perangkat atau gadget kita memiliki fasilitas bluetooth. Biasanya semua HP Android sudah dilengkapi dengan fasilitas bluetooth. Setelah itu, kita aktifkan fasilitas bluetooth yang ada di hp milik kita.
  2. Setelah itu, kita hidupkan headset bluetooth dengan cara menekan tombol on/off. Lalu jangan lupa kita tahan selama beberapa detik sampai terdengar suara “ Power On”. Tanda headset sudah hidup bila lampu indikator sudah menyala dan berkedip dengan warna biru dan merah.
  3. Setelah terdengar suara “Power On”, kemudian akan terdengar suara “Pairing”. Hal ini dapat di artikan bahwa headset sedang mencari perangkat atau gadget yang fasilitas bluetooth-nya sedang aktif.
  4. Selanjutnya yang harus kita lakukan yaitu menuju menu Bluetooth Setting pada perangkat atau gadget kita. Kita buka menu Bluetooth setting, kemudian kita pilih “Search Device” atau pencarian perangkat. Setelah itu, kita akan diperlihatkan nama headset dengan ikon headset. Nama-nama yang muncul merupakan “Detected Device” atau perangkat yang terdeteksi.
  5. Kemudian kita pilih nama headset kita, maka detelah itu akan muncul tulisan “Pairing” sebagai tanda sedang proses menghubungkan antara headset dan bluetooth. Kemudian akan muncul tulisan “Connected” sebagai tanda bahwa headset dan bluetooth sudah terhubung.
  6. Selanjutnya, kita bisa mencoba memutar sebuah lagu untuk uji coba suara. Selain itu, kita bisa mengeraskan suara pada tombol volume yang ada pada headset. Memang, ada juga headset yang tidak dilengkapi dengan fasilitas volume suara. Itu semua tak lepas dari harga headset itu sendiri. Apabila headset tidak menyedikaan fasilitas volume suara maka kita bisa mengatur suara pada perangkat atau gadget kita.
  7. Kadang kita menemui headset yang menggunakan Bahasa Mandarin. Kita bisa mengubahnya menjadi Bahasa Inggris dengan menekan tombol on/pff sebanyak dua kali dengan cepat, nanti akan terdengar suara “English Voice On“. Itu berarti headset kita telah mengaktifkan Bahasa Inggrisnya. Untuk mengembalikan ke Bahasa Mandarin, kita bisa menggunakan cara yang serupa.
  8. Ketika kita ingin mematikan headset, kita cukup menekan tombol on/off dan menahannya selama beberapa detik sampai terdengar suara “Power Off”. Setelah itu, lampu indikator akan mati sebagai tanda headset sudah berhasil dimatikan.

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan headset bluetooth di HP Android. Kita bisa membeli headset Bluetooth ini di took – toko terdekat atau marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, maupun Shopee dan lain sebaginya, dan terima kasih untuk Anda yang sudah mengunjungi situs kami,  semoga artikel ini bermanfaat.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com