Cara Mengembalikan Foto Terhapus di HP

Fitri Tamara 0

Ulasku.com – Setiap orang pasti memiliki momen berharga yang tak ingin dilupakan begitu saja. Salah satu cara untuk mengabadikan momen berharga tersebut ialah dengan membuat dokumentasi foto. Biasanya Anda masih mengandalkan memori HP untuk menyimpan foto tersebut. Terkadang, Anda juga terpaksa menghapus foto tersebut karena memori di Hp sedang penuh atau Anda tak sengaja menghapusnya karena suatu hal yang tidak terduga.

Parahnya lagi, ternyata Anda masih membutuhkan foto tersebut. Apabila Anda mengalami kondisi tersebut, maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus. Berikut adalah cara – cara yang bisa dilakukan, antara lain :

 

Aplikasi Apa Saja yang Dapat Digunakan untuk Mengembalikan Foto yang Sudah Terhapus di Foto ?

 

  1. Menggunakan Aplikasi Google Photos

Anda bisa menggunakan aplikasi Google Photos untuk mengembalikan foto yang terhapus di HP. Cara ini pada dasarnya merupakan tindakan preventif atau pencegahan bila sewaktu – waktu Anda terpaksa menghapus foto.

Dengan aplikasi Google Photos, Anda bisa mencadangkan foto secara online sehingga Anda sewaktu-waktu bisa mengunduh foto tersebut. Sementara untuk pengaturannya, silahkan buka aplikasi Google Photos.

Kemudian pilih opsi pengaturan, lalu tekan Backup & Sync, kemudian  pilih periode waktu dan metode yang diinginkan untuk mencadangkan file foto di HP Anda.

  1. Menggunakan Aplikasi Deleted Photo Recovery Free

Deleted Photo Recovery Free merupakan salah satu aplikasi yang bisa mengembalikan foto yang terhapus. Aplikasi ini tidak mencadangkan foto, tapi mampu mengembalikan foto yang telah terhapus.

Dengan menggunakan Deleted Photo Recovery Free, Anda bisa mencari dan memindai foto yang terhapus untuk dikembalikan ke tempat semula. Anda bisa mengunduh aplikasi Deleted Photo Recovery Free di Goole Play Store.

  1. Menggunakan Aplikasi Dumpster

Aplikasi Dumpster ini pada dasarnya sama dengan aplikasi Google Photos, yakni bisa mencadangkan dan menyimpan foto yang telah terhapus. Aplikasi Dumpster digunakan sebagai tindakan preventif atau pencegahan bila sewaktu-waktu foto  Anda terhapus.

Anda bisa mengunduh aplikasi Dumpster di Google Play Store. Kemudian, Anda buka aplikasi tersebut dan Anda penuhi semua persyaratannya. Kemudian, Anda pilih jenis file. Kemudian coba hapus file dari penyimpanan maupun eksternal Anda, nanti secara otomatis Aplikasi Dumpster akan menyimpan file yang dihapus.

Menggunakan Aplikasi DiskDigger Photo Recovery

Cara berikutnya yaitu, Anda bisa menggunakan aplikasi DiskDigger Photo Recovery untuk mengembalikan foto yang terhapus. Aplikasi ini sangat ringan karena memiliki ukuran 2 mb. Selain itu, aplikasi ini tidak dipenuhi dengan iklan yang mengganggu. Sementara untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store.

Selanjutnya, Anda buka aplikasi tersebut dan pilih Start Basic Photo Scan. Selanjutnya, Anda pilih folder yang menjadi tempat file-file yang terhapus. Nanti, aplikasi ini akan memindai jadi Anda harus menunggunya.

Setelah selesai, aplikasi DiskDigger Photo Recovery akan menunjukkan daftar file yang telah terhapus dari HP Anda. Setelah itu, Anda tandai foto yang ingin Anda pulihkan. Kemudian, pilih Revocer button. Setelah itu foto yang terhapus akan kembali ke penyimpanan HP Anda.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus di HP Anda. Dengan cara seperti itu, foto – foto yang penting bagi Anda bisa terselamatkan. Anda tidak akan panik lagi bila sewaktu-waktu kehilangan foto secara tidak terduga. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat. Terima Kasih.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com