Cara Mengatasi Youtube Loading Terus Buffering Lama

Fitri Tamara 0

Cara Mengatasi Youtube Loading Terus Buffering Lama – Youtube merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak diminati oleh orang – orang saat ini. Di youtube anda dapat melihat video apa saja yang ingin anda tonton. Bisa tentang pelajaran, ilmu agama, tutorial, tips, cara – cara, video klip, video keseharian artis, dan banyak lagi video lainnya.

Terlepas dari itu, ketika mengakses youtube tak jarang orang mengalami kendala. Salah satu kendala yang dialaminya yaitu ketika video yang diputar tidak berjalan dengan baik atau loading.

Hal itu terjadi bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Bisa jadi karena data internet / wifi anda yang kurang memadai, cache yang sangat menumpuk, RAM hp yang hampir penuh dan lain sebagainya.

Tetapi kendala youtube yang loading terus bukanlah masalah yang sulit untuk diatasi. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi youtube loading terus yang dapat anda simak, diantaranya meliputi :

Bagaimana Cara Mengatasi Youtube Loading Terus ?

1. Bersihkan History Youtube

Perlu anda ketahui bahwa Youtube menyimpan riwayat tontonan atau watch history video serta riwayat pencarian video di file cache.

Cache atau ruang yang berada di memori ini walau tidak memiliki batas ukurannya, dapat menumpuk dan dapat menurunkan performa youtube.


Ada baiknya jika anda membersihkan cache di youtube secara berkala. Karena jika cache youtube menumpuk terlalu banyak juga bisa menyebabkan loading saat anda menonton video di youtube.

Cara untuk membersihkannya yaitu setelah anda membuka aplikasi youtube, di halaman awal anda bisa klik avatar anda yang ada di pojok kanan atas.

Setelah itu anda pilih menu settings kemudian pilih history & privacy lalu pilih menu clear watch history, dan konfirmasi dengan menekan tombol clear watch history tersebut.

Selanjutnya anda juga harus menghapus riwayat pencarian video yang juga tersimpan di cache dengan cara klik menu clear search history. Jika sudah melakukan keduanya kemungkinan besar kendala loading pada youtube tidak akan terjadi lagi.

2. Atur Kualitas Video

Setelah membersihkan cache di youtube tapi video yang anda putar tetap loading, itu bisa juga disebabkan oleh kecepatan internet anda yang tak sesuai dengan kualitas video yang anda tonton.

Untuk langkah menurunkan kualitas video sangatlah mudah, anda bisa klik icon titik tiga yang berada di pojok kanan atas video yang anda tonton. Lalu, pilih menu quality. Di menu ini ada beberapa pilihan kualitas video yang bisa anda pilih salah satu.

Pilihannya yaitu ada auto yang berarti kualitas video menyesuaikan dengan kecepatan internet yang anda punya, selanjutnya ada 144p yang merupakan kualitas paling rendah di youtube, berikutnya 240p, 360p, 480p, 720p, dan terakhir kualitas paling tinggi ada 1080p.

Anda bisa memilih dengan menyesuaikan kualitas internet di hp anda.

3. Atur Koneksi Internet

Jika dua cara diatas belum berhasil juga Anda lakukan, maka anda bisa mencoba untuk mengatur koneksi internet di hp anda. mungkin yang menjadi penyebabnya adalah koneksi internetnya yang jurang memadai.

Cara yang bisa dilakukannya yaitu, masuk ke pengaturan hp, Anda pilih pengaturan jaringan, pada saat itu akan ada pilihan jaringan operator secara manual dan otomatis.Pilih jaringan operator yang sekiranya stabil untuk mengatasi youtube yang loadnig tersebut.

Nah, demikian yang dapat kami jelaskan, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com